Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Kata Perenungan Master Cheng Yen

Jurnalis : Indra Qumara (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Indra Qumara (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Para relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Xie Li Kampar berkesempatan untuk foto bersama dengan para pemenang lomba. Bella Simarmata pemenang pertama, Nia Ramadanti pemengan kedua, dan Aldy Syahputra pemenang ketiga.

“Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Bila hanya menunggu kesempatan itu akan berlalu dan semua akan terlambat.”
~ Master Cheng Yen~

Kemajuan pengetahuan dan teknologi, mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Di sisi lain, perlu usaha bersama untuk membekali para generasi muda dengan cinta kasih agar mereka memiliki panduan hidup yang lebih baik. Salah satunya melalui perlombaan Kata Perenungan Master Cheng Yen yang dibuat oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Kampar.

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan yang dilakukan dalam 2 sesi yaitu, sesi penyuluhan awal dan sesi perlombaan. Pada sesi penyuluhan awal diikuti oleh guru-guru dan murid-murid kelas VII &VII SMP ETF Naga Sakti.

Pada sesi ini menyosialisasikan isi dari Kata Perenungan Master Cheng Yen secara mendalam. Pada sesi kedua dilakukan perlombaan menghafal Kata Perenungan Master Cheng Yen kepada siswa Kelas VII & VIII SMP ETF Naga Sakti.

Peserta lomba dari Siswa-siswi kelas VIII-B ini mampu menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar dengan menggunakan papan yang berwarna warni. Tim juri setelah menyeleksi 12 orang murid menyeleksi kembali menjadi enam orang murid maju ke babak grand final.

Kegiatan lomba Kata Perenungan Master Cheng Yen ini diharapkan dapat memotivasi para murid-murid untuk mempelajari, memahami, dan memotivasi diri mereka masing-masing. Pada lomba ini secara keseluruhan ada 83 murid-murid yang ingin mengikuti lomba. Hal ini menunjukkan antusias mereka yang ingin mengikuti lomba.

Para relawan Tzu Chi Xie Li Kampar di bantu guru-guru harus menyeleksi siswa-siswi terbaik dari empat kelas yang mewakili kelas masing-masing untuk mengikuti perlombaan.

Para siswa-siswa terbaik hasil seleksi akan diperlombakan dan dinilai oleh tim juri. Tim juri menyeleksi 12 murid dan kembali di diseleksi hingga menjadi enam orang murid untuk maju ke babak Grand Final.

Dibabak Grand Final lomba cukup seru. Semua peserta dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh tim juri sehingga nilai berimbang. Tim juri akhirnya membuat soal untuk di jawab siapa yang sangat cepat menjawab. Bella Simarmata siswi kelas VIII-B ini mampu menjawab dengan cepat dan benar.

dr. Noverma beserta relawan Tzu Chi Dharma Wanita cabang Sinar Mas Xie Li Kampar secara bergiliran menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dalam Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Lomba Kata Perenungan Master Cheng Yen ini dimenangkan Bella dengan nilai 230 poin, diikuti Nia Ramadanti dengan nilai 180 poin dan diposisi ketiga Aldy Syahputra dengan nilai 145 poin. “Saya sangat berterima kasih atas kesempatannya. Saya tidak menyangka juga bisa menjadi juara dalam lomba ini,” ujar Bella gembira. Siswi kelas VIII-B ini mampu menjawab dengan cepat dan benar.

Lomba ini bukan mencari menang dan kalah semata, tetapi melalui lomba ini relawan Tzu Chi dan guru-guru berharap dapat membangkitkan rasa syukur dan cinta kasih pada diri siswa-siswi. “Sebagai tenaga pendidik, saya berterimakasih telah dibantu untuk membuka wawasan para siswa tentang arti kehidupan, cinta kasih, bersyukur dan keikhlasan. Saya berharap kegiatan ini dapat rutin dilakukan agar semakin banyak siswa siswi kami yang terbuka wawasannya,” ucap Budi Kepala Sekolah SMP ETF Naga Sakti.

Mageawaran PC Region Kampar memberikan sambutan cinta kasih dan memberikan motivasi kepada murid-murid sekolah SMP ETF Naga Sakti yang mengikuti perlombaan.

Para relawan Tzu Chi cabang Sinarmas Dharma Wanita Xie Li Kampar yang terlibat merasa bersykur dan gembira menjalani rangkaian perlombaan. “Asyik dan seru ya, apalagi antusias dari para siswa tentu menjadi kebahagian kami dapat memberikan pengetahuan baru kepada para siswa,” ucap Devi Caroline Bangun, salah satu Dharma Wanita Tzu Chi Xie Li Kampar.

Relawan Tzu Chi Xie Li Kampar berharap kegiatan ini bisa berjalan rutin agar bisa memberi pengetahuan lebih banyak lagi kepada para murid-murid. Perlombaan ini berlangsung di Aula SMP ETF Naga Sakti yang dihadiri oleh Mageawaran selaku PC Region Kampar.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Buku Kata Perenungan Master Cheng Yen di Ozone Hotel

Buku Kata Perenungan Master Cheng Yen di Ozone Hotel

03 Mei 2018
Ada pemandangan baru yang dapat dijumpai di Ozone Hotel Pantai Indah Kapuk Jakarta. Di lobi dan setiap kamarnya, terdapat buku Kata Perenungan Master Cheng Yen.
Ada pemandangan baru yang dapat dijumpai di Ozone Hotel Pantai Indah Kapuk Jakarta. Di lobi dan setiap kamarnya, terdapat Buku Kata Perenungan Master Cheng Yen. 
Berbagi Inspirasi Melalui Kata Perenungan Master Cheng Yen

Berbagi Inspirasi Melalui Kata Perenungan Master Cheng Yen

29 Agustus 2014

Di sini  banyak warga yang membuka berbagai macam usaha. Dan di toko-toko tersebutlah kata perenungan Master Cheng Yen akan ditempel. Setelah mendapatkan izin dari pemilik toko, barulah kata perenungan yang berbentuk poster ini mulai ditempel. 

Kelas Kata Perenungan Master Cheng Yen

Kelas Kata Perenungan Master Cheng Yen

25 November 2013 Di dunia Tzu Chi, Kata Perenungan Master Cheng Yen merupakan “Kata-kata bijak” dari Master Cheng Yen, dimana kata-kata tersebut berasal  dari perenungan terhadap realitas dan pemahaman pribadi dari praktik nyata.
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -