Membangkitkan dan Menghimpun Cinta Kasih di Bulan Ramadhan

Jurnalis : Sunaryo (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun )


Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket Idul Fitri 1444 Hijriyah, di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Kegiatan ini diikuti oleh 22 penerima bantuan dan 47 relawan Tzu Chi.

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, tentu saja berbagai kebutuhan sandang dan pangan harus dipersiapkan untuk menyambut hari besar tersebut. Untuk meringankan beban sekaligus memberikan kebahagiaan kepada para penerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu , Sabtu 15 April 2023, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Para penerima bantuan Tzu Chi yang telah hadir di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun disambut hangat oleh relawan. Relawan pun memberikan pengenalan mengenai apa itu Yayasan Buddha Tzu Chi yang disampaikan oleh Sukmawati selaku pembawa acara. Selain itu mereka juga diajak menjadi relawan, dan sekaligus ikut bersumbangsih melalui celengan cinta kasih. Untuk membangkitkan cinta kasih diperlukan rasa cinta kasih yang universal. Jalinan cinta kasih Tzu Chi sudah banyak dirasakan oleh warga Tanjung Balai Karimun.

Salah satunya Wati Wahyuti (59) penerima bantuan Tzu Chi yang pernah menjalankan pengobatan kanker serviks di Jakarta. Karena keterbatasan biaya, ia pun mengajukan bantuan ke Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Jalinan jodohnya dengan Tzu Chi terjalin melalui celengan bambu anaknya. Mengetahui bahwa Tzu Chi adalah yayasan sosial yang sering membantu orang yang membutuhkan, mereka pun mengajukan permohonan bantuan ke Tzu Chi, akhirnya permohonan mereka diterima.



Sukmawati selaku pembawa acara memberikan pengenalan Tzu Chi kepada para penerima bantuan Tzu Chi.



Wati Wahyuti bersyukur mendapatkan bantuan pengobatan dari Tzu Chi sehingga penyakit kanker serviksnya bisa terobati.

Ibu Wati merasa bersyukur karena selama menjalankan pengobatan di Jakarta, semua biaya ditanggung oleh Tzu Chi mulai dari transportasi, uang makan dan pengobatan. Tidak hanya dukungan materil saja, dukungan moril juga diberikan relawan untuknya sehingga ia merasakan cinta kasih yang luar biasa. Cinta kasih inilah yang membuatnya tersentuh untuk ikut bersumbangsih melalui celengan bambu Tzu Chi.

Alhamdulilah, saya merasa bersyukur sekali bisa mengenal Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah membantu untuk kesembuhan penyakit saya, dan sekarang penyakit saya sudah membaik,” ucap Wati.



Ekspresi kebahagiaan terpancar saat relawan dan penerima bantuan membaur bersama pada acara pembagian paket Idul Fitri.
Ungkapan rasa syukur juga diungkapkan para penerima bantuan Tzu Chi yang lainnya saat beberbagi kesan. Sebanyak 50 paket lebaran pun dibagikan kepada para penerima bantuan Tzu Chi yang merayakan Idul Fitri 1444 Hijriyah. Paket lebaran yang dibagikan terdiri dari 25 paket untuk penerima bantuan yang berdomisili di Tanjung Balai Karimun, 18 paket di Tanjung Batu Kundur dan 7 paket di Pulau Tanjung Batu Kecil yang sudah disiapkan relawan jauh-jauh hari sebelumnya.



Ungkapan rasa syukur dari penerima bantuan yang telah dibantu oleh Tzu Chi saat berbagi kisahnya.

Kisah dari penerima bantuan Tzu Chi ini mengingatkan kita dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Semangat Berbagi di Bulan Suci

Semangat Berbagi di Bulan Suci

27 April 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Lampung memberikan 250 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Seminggu sebelumnya, relawan telah melakukan survei dan membagikan kupon ke rumah-rumah warga.

Berkah Ramadan untuk Warga Titi Kuning Medan

Berkah Ramadan untuk Warga Titi Kuning Medan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi Medan (Hu Ai Titi Kuning) memberikan bantuan 900 paket sembako kepada warga di Kelurahan Titi Kuning dan sekitarnya (24/03/2024). Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga menjelang hari raya. 

Paket Lebaran 2022: 2.450 Paket Beras untuk Warga dan Petugas Kebersihan di Kapuk

Paket Lebaran 2022: 2.450 Paket Beras untuk Warga dan Petugas Kebersihan di Kapuk

12 April 2022

Minggu, 10 April 2022 relawan Tzu Chi membagikan 2.450 paket sembako (@beras 10 kg dan mi instan DAAI 10 bungkus) di Kantor Kelurahan Kapuk untuk warga Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, yang disebarkan ke 16 RW dengan 221 RT.

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -