Membangkitkan Kembali Semangat Donor Darah

Jurnalis : Ruth, Linny, Toni (He Qi Pusat) , Fotografer : Toni, Michelle, Merlinda (He Qi Pusat)
Para calon peserta mendaftar terlebih dulu di meja registrasi yang disambut dengan hangat oleh relawan Tzu Chi.

Setelah sekian lama Xie Li Selatan tidak dapat melaksanakan donor darah, pada tahun 2023 ini para relawan Xie Li Selatan bersemangat menghidupkannya kembali. Dengan menggandeng PMI Jakarta Selatan dan Management Poins Mall, donor darah ini berlangsung di Poins Mall Minggu 26 Februari 2023.  Dimulai pada pukul 10.00- 13.00 WIB, donor darah ini melibatkan sebanyak 7 petugas PMI dan 35 relawan Tzu Chi Xie Li Selatan.

Kegiatan ini disambut dengan sangat baik, terlihat banyaknya antusiasme calon donor yang berpartisipasi. Mereka tidak hanya dari pengunjung mall dan pekerja mall saja, namun juga masyarakat yang mengetahui dari spanduk yang terpasang di sekitar Poins Mall.

Calon donor dicek tekanan darahnya dan Hemoglobin (HB) untuk uji kelayakan donor darah.

Salah satu  yang mengetahui informasi dari spanduk adalah Ibu Nini Martini yang berusia 56 tahun. Sejauh ini ia telah mendonorkan darahnya sebanyak 12 kali. Begitu juga dengan Ibu Siti Suripah yang sudah rutin mendonorkan darahnya sebanyak 33 kali. ”Merasakan banyak manfaat bagi kesehatan dengan mendonorkan darah,” ungkap Ibu Siti Suripah yang datang bersama suaminya.

Adapun salah satu relawan kembang (relawan baru) yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Leni yang sudah mendapatkan pin 10 kali pendonor PMI. Senang sekali mendapat pin tersebut, selain menambah semangat untuk terus rutin mendonor juga semangat terus saling berbagi untuk membantu yang membutuhkan,” sedikit membagikan ceritanya.

Proses pengambilan darah untuk para donor yang sudah dinyatakan layak.

Pada kegiatan ini juga ada beberapa yang baru pertama kali mendonorkan darahnya. ”Termotivasi karena ingin ikut membantu mendonorkan darah supaya bermanfaat dan tertarik akan ikut berdonor lagi selanjutnya,” ungkap Farid yang baru pertama kalinya melakukan donor darah di sela-sela waktu bekerjanya sebagai seorang karyawan pijit di Poins Mall.

Meskipun Farid takut dengan jarum namun setelah dijalani dengan semangat donor darahnya, perasaan takut sakit itu hanya sementara seperti sebuah gigitan kecil dari seekor semut. ”Kegiatan donor darah ini bagus, InsyaAllah tiga bulan berikutnya akan ikut donor darah lagi,” ungkap Farid yang juga berharap bisa menjadi contoh untuk teman-teman kerjanya agar tidak takut dengan jarum sehingga bisa donor darah.

Selain Farid, Nuriana yang bekerja sebagai petugas security Poins Mall juga baru pertama kali donor darah. ”Setelah donor darah, tubuh terasa lebih ringan, enteng,” ungkap Nuriana yang memovitasi dirinya untuk ikut donor darah.

Suasana donor darah di Poins Mall yang dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi dan PMI Jakarta Selatan.

Antusiasme tidak hanya dari partisipan pendonor saja, namun dari pihak Management Poins Mall pun sangat senang dengan kegiatan ini. Ini adalah kegiatan donor darah pertama di Poins Mall setelah masa pandemi. Dan rencana Xie Li Selatan yang akan mengadakan donor darah setiap 3 bulan sekali di Poins Mall juga disambut dengan sangat baik oleh Widya selaku Management Poins Mall.

Yuli selaku Ketua Xie Li Selatan mengungkapkan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan kembali mengingat pandemi Covid-19 yang sudah reda dan stok darah PMI yang masih mengalami kekurangan darah. Poins Mall dipilih sebagai tempat donor darah mengingat lokasinya yang cukup strategis dari penghuni apartment Poins, transportasi yang mudah dari segala penjuru, dan banyaknya relawan Tzu Chi di Xie Li Selatan yang dekat tempat tinggalnya.

Foto bersama relawan Tzu Chi dari Xie Li Selatan dengan PMI Jakarta Selatan di sela-sela donor darah berlangsung.

Sebanyak 75 kantong darah yang disediakan semuanya dapat terpenuhi bahkan jumlah pendonor yang mendaftar melebihi dari kuota. Hal ini juga melebihi dari harapan para relawan sehingga semakin menambah semangat untuk kegiatan donor darah selanjutnya. Relawan Tzu Chi Xie Li Selatan sudah merencanakan akan rutin mengadakan kegiatan donor darah setiap 3 bulan sekali. Di sepanjang tahun ini akan diadakan pada tanggal 28 Mei 2023, 27 Agustus 2023 dan 26 November 2023.

”Merasa sangat bersyukur meskipun ada sedikit kendala namun masih dapat teratasi dan terutamanya bersyukur karena target jumlah pendonor dapat terpenuhi bahkan melebihi dari apa yang diharapkan,” ungkap Rien salah satu relawan Tzu Chi yang juga sebagai koordinator dalam kegiatan donor darah ini.

“Bila berbicara tentang “manfaat”, harus membicarakan hal yang bermanfaat bagi dunia. Bila berbicara tentang “cinta kasih”, harus membicarakan cinta kasih terhadap semua makhluk.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Editor: Khusnul Khotimah


Artikel Terkait

Donor Darah Tzu Chi Padang Memeriahkan HUT Mahkamah Agung

Donor Darah Tzu Chi Padang Memeriahkan HUT Mahkamah Agung

21 Agustus 2017

Tzu Chi Padang bersama Palang Merah Indonesia Kota Padang turut memeriahkan hari ulang tahun Mahkamah Agung RI ke-72 yang jatuh pada Sabtu 19 Agustus 2017 dengan mengadakan donor darah. 

Donor Darah Untuk Membantu Sesama

Donor Darah Untuk Membantu Sesama

26 Januari 2017
Minggu, 15 Januari 2017 Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Padang yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan kegiatan donor darah di kantor Tzu Chi Padang. Kegiatan donor darah ini diikuti 129 peserta dari masyarakat umum dan relawan Tzu Chi Padang.
Langkah Pertama Menuju New Normal

Langkah Pertama Menuju New Normal

23 Juli 2020

Setelah vakum selama 5 bulan, Tzu Chi Batam kembali bekerja sama dengan PMI Cabang Batam untuk mengadakaan Bakti Sosial Donor Darah. Kegiatan skala besar pertama Tzu Chi Batam di masa pandemi ini diselenggarakan pada 19 Juli 2020 di Aula Jing Si Batam.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -