Donor Darah, Penyelamat Hidup

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Para peserta donor melakukan registrasi pendaftaran sebelum mendonorkan darahnya.

Relawan Komunitas Xie Li Radial mengadakan kegiatan donor darah rutin bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 13 Agustus 2023, di Kantor Tzu Chi Palembang – Jl. Radial Kompleks Ilir Barat Permai Blok D1 No.19-20, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Kegiatan donor darah ini terus berlanjut dikarenakan masih dibutuhkannya pasokan darah untuk membantu sesama.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para donor terlebih dulu melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Mereka kemudian mengecek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan bahwa mereka siap dan layak mendonorkan darah. Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar maka pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Para peserta donor melakukan pengecekan HB (Hemoglobin). Bila sesuai standar maka para pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Merida & Abdul Roni merupakan salah satu donor aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

Salah satu donor yang rutin hadir adalah pasangan Merida dan Abdul Roni. Mereka berdua sangat aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

“Sejak rutin donor darah rasa sakit kepala sudah hilang terus pegal-pegal di leher juga ikutan menghilang. Pokoknya banyak perubahan sejak rutin donor darah. Betul bahwa donor darah adalah penyelamat hidup orang lain tapi juga membawa kebaikan juga untuk diri sendiri,” tutur Merida.

Selain Merida dan Abdul Roni, total donor hari itu adalah 67 orang.
Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menciptakan Berkah Baru Melalui Donor Darah

Menciptakan Berkah Baru Melalui Donor Darah

26 Maret 2024

Relawan Tzu Chi Tangerang kembali mengadakan kegiatan donor darah bersama Relawan Summarecon Mall Serpong. Kegiatan ini untuk mendukung kebutuhan stok darah di PMI di bulan Ramadan.

Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

12 Juni 2023

Donor darah yang digelar Tzu Chi Lampung pada Sabtu 3 Juni 2023 berhasil menghimpun 76 kantong darah.  Alesius Bunawan, koordinator kegiatan mengatakan ada peningkatan.

Butuh Tekad untuk Membantu Orang Lain

Butuh Tekad untuk Membantu Orang Lain

13 Desember 2019

Relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi  Utara 1 bekerja sama dengan PMI dan Sekolah Permai di Pluit, Jakarta Utara mengadakan kegiatan donor darah. Sebanyak 60 datang untuk mendonorkan darah mereka.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -