Donor Darah, Penyelamat Hidup

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Para peserta donor melakukan registrasi pendaftaran sebelum mendonorkan darahnya.

Relawan Komunitas Xie Li Radial mengadakan kegiatan donor darah rutin bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 13 Agustus 2023, di Kantor Tzu Chi Palembang – Jl. Radial Kompleks Ilir Barat Permai Blok D1 No.19-20, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Kegiatan donor darah ini terus berlanjut dikarenakan masih dibutuhkannya pasokan darah untuk membantu sesama.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para donor terlebih dulu melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Mereka kemudian mengecek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan bahwa mereka siap dan layak mendonorkan darah. Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar maka pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Para peserta donor melakukan pengecekan HB (Hemoglobin). Bila sesuai standar maka para pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Merida & Abdul Roni merupakan salah satu donor aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

Salah satu donor yang rutin hadir adalah pasangan Merida dan Abdul Roni. Mereka berdua sangat aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

“Sejak rutin donor darah rasa sakit kepala sudah hilang terus pegal-pegal di leher juga ikutan menghilang. Pokoknya banyak perubahan sejak rutin donor darah. Betul bahwa donor darah adalah penyelamat hidup orang lain tapi juga membawa kebaikan juga untuk diri sendiri,” tutur Merida.

Selain Merida dan Abdul Roni, total donor hari itu adalah 67 orang.
Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Ayo Tetap Donor Darah Semasa Pandemi

Ayo Tetap Donor Darah Semasa Pandemi

11 Mei 2021

Sabtu, 8 Mei 2021 sebanyak 39 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 bekerjasama dengan pengelola Mal Pluit Village dan PMI Propinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan donor darah di lantai 1 Mal Pluit Village.

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

25 Juni 2021

Pada Minggu 20 Juni 2021, Komunitas Xie Li Kemuning bersama dengan PMI Kota Palembang mengadakan donor darah di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi yang bertempat di Jl. Sungai Sedapat RT.41 Kelurahan Sukajaya, Palembang.

Sehari Berbuat Kebajikan dengan Donor Darah

Sehari Berbuat Kebajikan dengan Donor Darah

09 Mei 2022
Untuk turut menjaga cadangan stok pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) terus terpenuhi, relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Pusat mengadakan kembali kegiatan donor darah.
Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -