Donor Darah, Penyelamat Hidup

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Para peserta donor melakukan registrasi pendaftaran sebelum mendonorkan darahnya.

Relawan Komunitas Xie Li Radial mengadakan kegiatan donor darah rutin bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 13 Agustus 2023, di Kantor Tzu Chi Palembang – Jl. Radial Kompleks Ilir Barat Permai Blok D1 No.19-20, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Kegiatan donor darah ini terus berlanjut dikarenakan masih dibutuhkannya pasokan darah untuk membantu sesama.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para donor terlebih dulu melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Mereka kemudian mengecek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan bahwa mereka siap dan layak mendonorkan darah. Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar maka pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Para peserta donor melakukan pengecekan HB (Hemoglobin). Bila sesuai standar maka para pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Merida & Abdul Roni merupakan salah satu donor aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

Salah satu donor yang rutin hadir adalah pasangan Merida dan Abdul Roni. Mereka berdua sangat aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

“Sejak rutin donor darah rasa sakit kepala sudah hilang terus pegal-pegal di leher juga ikutan menghilang. Pokoknya banyak perubahan sejak rutin donor darah. Betul bahwa donor darah adalah penyelamat hidup orang lain tapi juga membawa kebaikan juga untuk diri sendiri,” tutur Merida.

Selain Merida dan Abdul Roni, total donor hari itu adalah 67 orang.
Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menggenggam Kesempatan Bersumbangsih

Menggenggam Kesempatan Bersumbangsih

17 Maret 2015

Bersumbangsih dapat dilakukan siapa saja yang mempunyai kemauan dan niat untuk membantu sesama yang membutuhkan. Niat untuk bersumbangsih saja belum cukup, tetapi harus dibarengi dengan sikap nyata untuk mewujudkan niat tersebut. 

Semangat Bersumbangsih Saat Donor Darah

Semangat Bersumbangsih Saat Donor Darah

08 Juni 2018
Tzu Chi Batam menggelar donor darah di Kepri Mall, Kota Batam, Minggu, 3 Juni 2018. Berbeda dengan kegiatan donor darah pada umumnya, donor darah kali dikoordinir oleh Tzu Ching (komunitas mahasiswa-mahasiswi Tzu Chi). Sebanyak 55 relawan Tzu Chi pun turut bersumbangsih dalam kegiatan ini.
Bermanfaat untuk Masyarakat Umum

Bermanfaat untuk Masyarakat Umum

27 Mei 2014 Darah merupakan cairan tubuh yang memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Jika tubuh kita sedang mengalami pendarahan hebat, baik karena kecelakaan maupun operasi, tubuh kita akan memerlukan transfusi darah. Tetapi seringkali persediaan darah tidak seimbang dibandingkan dengan permintaan darah yang diperlukan oleh pasien di berbagai rumah sakit setempat.
Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -