Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

Jurnalis : Nora Marlina, Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Asmar Djalalembah Nora, Febri, Marlina (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Sebagai rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional, relawan Tzu Chi Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 dari Unit Seirindu memberikan makanan tambahan untuk balita dan anak-anak.

Perbuatan baik harus diwujudkan dalam tindakan nyata, kebijaksanaan yang tumbuh dari perbuatan baik ini baru benar – benar bermanfaat bagi kehidupan.
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Sebagai rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional yang jatuh pada akhir Januari, relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 dari Unit Seirindu memberikan makanan tambahan bergizi dan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil dan balita. Sebagai kegiatan pertama, pemberian makanan tambahan (PMT) bagi 41 siswa SDN 2 Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur dilakukan pada Senin, 19 Februari 2024. Dalam kesempatan ini relawan menyampaikan materi yang disertai dengan berbagai permainan.

Sementara kegiatan kedua, relawan Dharma Wanita memberikan makanan tambahan untuk 35 siswa TK Cendrawasih pada Rabu (21/2/24). Sup sayur, telur puyuh, snack, dan susu diberikan untuk mendukung pemenuhan gizi bagi anak-anak TK.       

Pembagian PMT oleh relawan Dharma Wanita kepada anak-anak.

Alhamdulillah Bu, terima kasih banyak atas kunjungan dan perhatian dari ibu-ibu staf mengunjungi anak-anak dan memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak. Terima kasih juga untuk Tzu Chi,” ujar Marfu’ah, guru TK Cendrawasih saat ditemui oleh salah satu relawan.

Memberikan makanan tambahan bagi anak-anak menjadi kebahagiaan tersendiri bagi relawan. Seperti yang dirasakan Eva Yasti. “Sayur sangat penting bagi tubuh kita. Bersyukur sekali dari kemarin kegiatan hari gizi ini sangat bermanfaat untuk anak-anak dalam pemenuhan gizi di masa tumbuh kembang anak-anak. Semoga ke depannya kegiatan ini tetap berjalan agar dapat memberikan yang terbaik untuk generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Nora Marlina menemani siswa siswi TK menikmati hidangan.

PMT yang terakhir diberikan relawan untuk 54 balita di Desa Pantap Kecamatan Mentaya Hulu Jumat (23/2/24). PMT ini juga disertai dengan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil. Dokter Ida Bagus Gede Rsi Mahendra menjadi pemateri dalam penyuluhan kali ini. Beliau menyampaikan pentingnya ibu hamil melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan untuk mengetahui perkembangan calon bayinya. Pemeriksaan ini juga sebagai upaya mendekteksi stunting sejak dini. Begitu pula untuk balita diharapkan agar rutin dibawa posyandu setiap bulan untuk mengetahui tumbuh kembang sesuai dengan usianya sehingga stunting dapat dicegah sedini mungkin.

Penyuluhan kesehatan disampaikan oleh dr. Mahendra.

Penyuluhan ini juga disertai pemberian makanan tambahan berupa biskuit, susu, telur, dan snack. Kegiatan ini disambut hangat Siska, bidan desa setempat. “Terima kasih banyak atas kunjungannya, Bu, serta penyuluhan yang sangat bermanfaat bagi kami khususnya ibu hamil dan orang tua balita agar dapat terhindar dari stunting. Terima kasih kepada dokter juga sudah memberikan saran yang baik semoga ke depannya ibu hamil dan balita di desa ini rutin memeriksakan perkembangan anak-anaknya,” pungkasnya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Makanan Tambahan untuk Cegah Stunting

Makanan Tambahan untuk Cegah Stunting

05 Januari 2024

Masih tingginya angka stunting di Lampung Selatan menggerakkan relawan Tzu Chi di Xie Li Lampung 3 untuk mendukung program penurunan angka stunting. 

Cegah Stunting, Tzu Chi Sinar Mas Bagikan Makanan Tambahan

Cegah Stunting, Tzu Chi Sinar Mas Bagikan Makanan Tambahan

18 April 2024

Selama enam bulan terakhir, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Indragiri memberikan makanan tambahan bagi 8 anak stunting di 5 desa di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Cegah Stunting  dengan Pemberian Makanan Tambahan

Cegah Stunting dengan Pemberian Makanan Tambahan

26 Mei 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di Kutai Barat memberikan perhatian kepada Ibu-Ibu hamil di Desa Besiq, Desa Nilik, Desa Mantar, dan Desa Begai, Kecamatan Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur.  

Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -