Mendukung Gizi Siswa SD Tunas Lestari

Jurnalis : Arista Dwi Nur H (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Arista Dwi Nur H (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Pemberian makanan tambahan bagi Siswa SD Tunas Lestari Sungai Kedang.


“Adanya cinta kasih di dalam hati membangkitkan kekuatan yang tidak terhingga, jika ada ikrar untuk bersumbangsih, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan.
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Hujan turun sejak pagi hari. Walau cuaca kurang bersahabat, relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat tetap melangkah menuju SD Tunas Lestari Sungai Kedang pada Rabu (13/12/23). Kali ini relawan menjalin jodoh baik dengan 150 siswa kelas 1-3 SD Tunas Lestari melalui pemberian makanan tambahan (PMT) untuk mendukung pemenuhan gizi mereka.

Anak-anak berbaris rapi saat menerima pemberian makanan tambahan (PMT).

Kedatangan relawan disambut meriah semua siswa yang sejak pagi menunggu. Relawan bergegas berbagi tugas. Ada yang mengumpulkan para siswa di dalam kelas. Ada yang menyiapkan makanan.  Ezra, salah satu relawan menjelaskan tujuan kunjungan ke sekolah kali ini. Tampak sorot mata penasaran siswa-siswi kelas 1,2 dan 3 menyimak penjelasan relawan. Setelah itu relawan mengajak para siswa bernyanyi bersama untuk membakar semangat mereka. Acara dilanjutkan dengan permainan “hello hai”.

Selesai permainan, relawan membimbing para siswa berbaris rapi. Dipandu Sri Wahyuni, mereka diminta berbaris rapi untuk mendapatkan tambahan makan tersebut. Suasana begitu ramai dan tertib. Siswa dan siswi sangat senang dan bersyukur bisa mendapatkan tambahan makanan yang bergizi.

Tampak keceriaan anak-anak sebelum menyantap makanan yang sudah dibagikan relawan.

Menu makanan yang sudah disiapkan segera dibagikan. Kali ini nasi kuning, telur dadar, tumis wortel, buncis, tahu bacem, dan susu UHT menjadi tambahan gizi bagi para siswa. Makanan ini disiapkan langsung relawan dari rumah masing-masing. Tambahan makanan ini tentu saja memenuhi komposisi makanan sehat yang dibutuhkan anak-anak dan yang pasti masakan rumahan digemari oleh anak. Makanan  ini bernutrisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan air.

Audrey Lestari dan Haikal segera berbaur dengan kawannya menikmati menu makanan yang sudah dibagikan relawan. “Wah banyak juga ini makanannya,” ujar Audrey sembari pelan-pelan membawa makanan. “Iya banyak nih, kayaknya enak-enak semua nih makannya,” timpal Haikal.

Sambil bersendau gurau, anak-anak menikmati makanan di dalam kelas.

Pemberian makanan pada anak sekolah akan mempengaruhi peningkatan status gizi. Gizi merupakan zat yang terdapat dalam bahan makanan yang dikosumsi tubuh untuk menghasilkan suatu tenaga, membangun dan memelihara jaringan tubuh.  Anak sekolah membutuhkan asupan gizi yang optimal untuk membantu anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

“Kami relawan Dharma Wanita wilayah 5 berharap dengan diberikan tambahan makanan, siswa dan siswi dapat memilih makanan yang bergizi dan memberikan manfaat untuk mereka. Semoga mereka tambah semangat untuk belajar,” pungkas Sri Wahyuni.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Makanan Tambahan untuk Lansia Desa Rungau Raya

Makanan Tambahan untuk Lansia Desa Rungau Raya

15 November 2022

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi warga lansia Desa Rungau Raya dilakukan relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2. Desa ini merupakan desa binaan Rungau Estate PT. Binasawit Abadi Pratama. 

Mendukung Gizi Siswa SD Tunas Lestari

Mendukung Gizi Siswa SD Tunas Lestari

22 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat memberikan makanan tambahan untuk mendukung pemenuhan gizi bagi 150 siswa kelas 1-3 SD Tunas Lestari Sungai Kedang.

Dukungan Gizi Seimbang untuk Siswa- siswi PAUD-TK Ar Rohim

Dukungan Gizi Seimbang untuk Siswa- siswi PAUD-TK Ar Rohim

25 Januari 2024

Relawan Tzu Chi Xie Li Sumatera Utara mendukung pemenuhan gizi seimbang dengan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk siswa-siswi PAUD dan TK Ar Rohim di Desa Mampang, Kec. Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -