Membimbing Warga Binaan untuk Bervegetarian

Jurnalis : Elin Juwita (Tzu Chi Tebing Tinggi), Fotografer : Elin Juwita (Tzu Chi Tebing Tinggi)

Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi menyediakan dan mengantarkan 15 paket nasi vegetarian dua kali sehari untuk para warga binaan di Lapas Kelas II B Tebing Tinggi yang menjalankan pola makan vegetaris.

Tiada yang tidak mampu dicapai asalkan mempunyai tekad dan niat yang kuat. Demikian juga dengan tekad dari relawan Tzu Chi Tebing Tinggi yang senantiasa memberi pendampingan dan pembinaan kepada warga binaan Lapas Kelas II B Tebing Tinggi. Dengan berpegang pada prinsip bahwa dalam diri setiap orang mempunyai hakikat dan batin yang murni, selama 3 tahun relawan menggenggam jalinan jodoh dengan para warga binaan dengan harapan mereka bisa menemukan kembali arah jalan kehidupan yang benar dan kelak bisa diterima kembali di masyarakat.

Salah satu pembinaan yang dilakukan relawan adalah dengan mengajarkan mereka pola hidup sehat atau bervegetarian kepada mereka. Istilah bervegetarian pada awalnya terdengar masih awam bagi para warga binaan. Namun di Bulan Tujuh Penuh Berkah ini, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi mempergunakannya untuk mensosialisasikan apa itu pola hidup bervegetarian dan manfaat yang akan didapat.

Salah satu menu makanan vegetaris yang disajikan untuk warga binaan di Lapas Kelas II B Tebing Tinggi.

Pada Kamis, 11 Agustus 2022, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi untuk pertama kalinya mengadakan acara sosialisasi dengan tema “Bervegetarian untuk membina jiwa dan raga, memupuk sifat welas asih dan kebajikan, serta melindungi kehidupan dan bumi.

“Kita mengadakan sosialisasi dengan tema bervegetarian tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan welas asih mereka. Ternyata antusias mereka cukup besar dan mau untuk bervegetarian walaupun mereka belum pernah selama ini,” ungkap Wardi, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kalapas Kelas IIB Tebing Tinggi dan jajarannya. Karena kegiatan ini bukan hanya sekedar datang, duduk, dan dengar saja, tetapi dilanjutkan dengan praktek nyata dimana para warga binaan berikrar dan melakukan pola makan vegetaris  selama 16 hari.

Wardi, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi mensosialisasikan tentang manfaat dari berpola makan vegetaris kepada warga binaan.

Warga binaan juga diberikan edukasi tentang bervegetarian dengan pemaparan secara rinci tentang 5 tujuan dari bervegetarian yaitu untuk membangkitkan sifat welas asih, menghargai kehidupan, membina jiwa raga untuk membalas budi orang tua, melindungi bumi, dan menghimpun keberkahan, pandangan mereka mulai tercerahkan.

Salah satu warga binaan yang ikut dalam kegiatan ini adalah Dharma. Ia merasa mendapatkan tambahan wawasan tentang bervegetarian. Dahulu saat remaja, Dharma sempat menjalani pola hidup bervegetarian selama dua tahun, namun saat itu tujuan beliau bervegetarian hanya untuk kesehatan.

“Bervegetarian awalnya menurut saya itu hanya untuk kesehatan. Tapi setelah saya mengikuti sosialisasi yang diadakan Yayasan Buddha Tzu Chi, saya jadi tau tentang manfaat bervegetarian itu sangat besar dan bisa membantu menjaga bumi kita,” kata Dharma. “Dengan bervegetarian segala pikiran-pikiran buruk atau batin yang bergejolak bisa tersingkirkan. Hati pun nantinya akan terasa lebih tenang,” tambahnya.

Sebanyak 14 orang warga binaan Lapas Kelas II B Tebing Tinggi berikrar untuk berpola makan vegetaris selama 16 hari.

Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi juga memfasilitasi warga binaan yang akan berpola makan vegetaris. Sebanyak 15 paket nasi vegetarian termasuk buah diantarkan dua kali sehari untuk mereka. Pengelola dan Pengolah Makanan di Lapas Kelas II B Tebing Tinggi juga akan mengawasi dan mencicipi setiap makanan dalam jumlah banyak untuk warga binaan sebagai salah satu prosedur. Dengan berpola makan vegetaris, diharapkan warga binaan bisa kembali ke hakikat mereka yang murni dan arah kehidupan mereka menjadi lebih positif.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Membangun Tekad Mengubah Jalan Kehidupan

Membangun Tekad Mengubah Jalan Kehidupan

25 Februari 2022
Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi mengadakan Pembinaan dan perayaan Imlek bersama warga binaan di Lapas Klas IIB Tebing Tinggi pada Minggu, 13 Februari 2022.
Kendi sebagai Wadah Kebahagiaan

Kendi sebagai Wadah Kebahagiaan

29 Januari 2018
Dalam kunjungan rutin relawan ke Rutan Karimun kali ini, relawan mengundang tiga orang Samanera yang berasal Karimun, Kudus dan Lombok. Para Samanera memberikan siraman rohani kepada para narapidana.
Membimbing Warga Binaan untuk Bervegetarian

Membimbing Warga Binaan untuk Bervegetarian

09 September 2022

Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi mengajak warga binaan di Lapas Kelas II B Tebing Tinggi untuk mejalankan pola hidup vegetaris selama 16 hari.

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -