Memperkuat Kembali Keyakinan, Ikrar & Praktek Nyata dalam Ajaran Jing Si

Jurnalis : Suwati (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi (Tzu Chi Batam)
Begitu pentingnya mewariskan Ajaran Jing Si, sehingga relawan harus terus giat memperdalam Ajaran Jing Si. Demikian tujuan diadakan acara hari itu.

Rasa rindu untuk kumpul bersama sesama relawan Tzu Chi Batam di rumah batin terwujud dalam acara Pendalaman Ajaran Jing Si yang diadakan secara Offline, Minggu 31 Oktober 2021 di Aula Jing Si Batam lantai 3, Ruang Fu Hui Ting. Sebanyak 80 relawan berkumpul, melepas rasa kangen yang selama ini terpendam untuk sama-sama mengikuti acara Pendalaman Ajaran Jing Si ini.

“Rumah Tzu Chi begitu besar kita tinggal kosong begitu saja, hati ini merasa tidak rela. Rumah yang begitu besar namun kita tidak ada kegiatan apa-apa. Untuk Pendalaman Ajaran Master jika memungkin untuk diadakan secara offline, kita akan lakukan. Selain mengikuti kegiatan, kita juga bisa saling ngobrol dan bertukar pikiran,” tutur Dukman, Koordinator Kegiatan.

Ajaran Jing Si adalah giat mempraktikkan jalan kebenaran dan Mazhab Tzu Chi adalah Jalan Bodhisatwa di dunia. Di Mazhab Tzu Chi, relawan menjalankan Empat Misi dan Delapan Jejak Dharma melalui komunitas. Setelah Mazhab Tzu Chi diteguhkan, selanjutnya Master Cheng Yen berharap agar muridnya dapat menggunakan waktu yang terbatas untuk mewariskan Ajaran Jing Si.

Begitu pentingnya mewariskan Ajaran Jing Si, sehingga relawan harus terus giat memperdalam Ajaran Jing Si. Demikian tujuan diadakan acara hari itu. Dimulai dengan kebaktian bersama, mengajak para relawan menenangkan batin dan mempersatukan hati dengan mengikuti kebaktian yang berlangsung selama satu jam, dilanjut dengan break sebelum masuk ke inti materi.

Stella, selaku MC menyampaikan bahwa merupakan sebuah langka yang luar biasa saat menginjakkan kaki di pintu Tzu Chi dan merupakan sebuah berkah yang luar biasa saat dilantik sebagai relawan Tzu Chi. Namun satu pertanyaan dalam hati kecil masing-masing, “berapa lama kita akan menekuni jalan Dharma ini? 1 kehidupan? 2 kehidupan? Atau selama-lamanya?
 
Stella menyambut dan menyampaikan sukacitanya dapat pulang kembali ke Aula Jing Si Batam dan dapat bertemu lagi dengan para saudara dan saudari se-dharma.

Jawaban tersebut ada pada video sharing dari Stephen Huang, yang berdurasi 48 menit tentang “Keyakinan, Ikrar dan Praktek Nyata Insan Tzu Chi”. Agar inti dari video sharing Stephen Huang dapat dipahami dan diserap maksimal, para relawan belakang layar pun bersungguh hati menerjemahkan video tersebut dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia, kemudian dimasukan substitle ke dalam video tersebut.

Untuk memperkuat niat dan tekad relawan dalam mengikuti jejak Master Cheng Yen menjalani jalan Bodhisatwa kehidupan, lima pasangan relawan senior pun diundang berbagi kesan mereka menjalani jalan Bodhisatwa selama pandemi. Walau kebanyakan kegiatan yang sebelumnya mereka ikuti sekarang diadakan secara online ataupun dihentikan, namun mereka tetap giat menggarap bahkan menciptakan ladang berkah di tengah pandemi ini. Salah satu pasangan tersebut ialah relawan komite, Hoslan dan Nani.

“Kita harus menggenggam kesempatan dan jalinan jodoh karena pandemi ini membatasi kita untuk berkegiatan. Seperti Misi Amal yang biasanya kita tidak ada hambatan untuk terjun ke lapangan, namun karena kondisi pandemi ini membuat gerak kita menjadi terbatas,” kata Nani, relawan Misi Amal dan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Batam.

Melewati situasi tersebut lebih kurang dua tahun membuat Nani berpikir kembali bahwa berbuat kebajikan tidak bisa seperti yang kita pikirkan kapan saja bisa. Apa yang dapat kita lakukan juga terbatas, maka itu hendaknya kita genggam kesempatan untuk menanam benih kebajikan.

Master Cheng Yen terus tanpa henti menyampaikan kepada kita bahwa harus menjaga kebenaran dan kelurusan dari hati, lurus di jalan Bodhisatwa yang agung. Setiap orang pada hakikatnya adalah Buddha, maka kita harus kembali pada pandangan dan pemahaman yang benar. Semoga tekad dan ikrar para relawan kembali teguh setelah mendapat siraman air Dharma dan pencerahan dari video dan acara pendalaman Ajaran Jing Si ini.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mendalami dan Mewariskan Ajaran Jing Si

Mendalami dan Mewariskan Ajaran Jing Si

20 Maret 2019

Insan Tzu Chi Batam mengadakan Jin Jing Ri (Pendalaman Ajaran Jing Si), 10 Maret 2019. Koordinator acara, Helen Chua mengakui semenjak insan Tzu Chi Batam menempati rumah baru, tim kebaktian belum sempat mengadakan Jin Jing Ri, jadi banyak sekali relawan yang baru bergabung tidak mengerti apa itu Jin Jing Ri.

Memperkuat Kembali Keyakinan, Ikrar & Praktek Nyata dalam Ajaran Jing Si

Memperkuat Kembali Keyakinan, Ikrar & Praktek Nyata dalam Ajaran Jing Si

12 November 2021

Rasa rindu untuk kumpul bersama sesama relawan Tzu Chi Batam di rumah batin terwujud dalam acara Pendalaman Ajaran Jing Si yang diadakan secara Offline, Minggu 31 Oktober 2021 di Aula Jing Si Batam.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -