Menanam Kebajikan Sejak Usia Dini

Jurnalis : M. Galvan (Tzu Chi Bandung), Fotografer : M. Galvan, Dayar (Tzu Chi Bandung)

doc tzu chi

Ketua Tzu Chi Bandung, Herman Widjaja menjelaskan mengenai Misi Kemanusian Tzu Chi kepada para murid BPK Penabur Banda, Bandung.

Kebajikan harus ditanamkan dan diperkenalkan kepada anak sejak dini. Dengan dasar niat yang tulus dan keinginan untuk membantu, usia tidak menjadi penghalang untuk berbuat kebaikan. Seperti yang dilaksanakan oleh 18 murid kelas 4 dari Sekolah BPK Penabur Banda saat mengunjungi kantor Tzu Chi Bandung.

Kunjungan yang berlangsung pada hari Rabu, 9 Agustus 2017 ini bertujuan untuk memperkenalkan Tzu Chi agar para siswa dapat memahami dan peka terhadap aksi solidaritas kemanusiaan. Dengan harapan kebajikan yang ditanamkan sejak usia dini dapat dilatih, sehingga menjadi kepribadian yang dipenuhi cinta kasih.

Para murid kelas 4 BPK Penabur Banda sangat tertarik mengenai celengan SMAT dan mencoba menuangan celengan pada kolam dana sendiri. 

Relawan Tzu Chi sangat menyambut baik kunjungan ini. Pada kesempatan tersebut siswa kelas 4 dari sekolah BPK Penabur Banda diperkenalkan sejarah Tzu Chi, visi, misi, serta kegiatan-kegiatannya. Mereka juga diperkenalkan dengan program misi amal Tzu Chi yaitu SMAT (Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi), di mana para murid diajak untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk dimasukkan kedalam celengan yang nantinya akan dipergunakan untuk misi kemanusian Tzu Chi dalam menolong sesama.

Dalam bersumbangsih melalui celengan tidak dilihat besar kecilnya nominal uang, namun keikhlasan dan keinginan untuk membantu sesama yang ditanamkan ke dalam hati seseorang. Sehingga setiap hari menjadi ladang berkah ketika seseorang berbuat amal. Para siswa ini begitu antusias untuk mendapatkan celengan, selain bentuk celengannya yang menarik juga tersirat ladang berkah di setiap uang yang di sumbangkan.


Sherly (kanan) guru yang membimbing para murid kelas 4 BPK Penabur Banda berharap murid-muridnya setelah berkunjung ke Tzu Chi dapat mengenal dan mempraktekkan misi kemanusiaan dikemudian hari.

Menurut Sherly, guru sekaligus koordinator yang membimbing para siswa kekantor Tzu Chi, mengungkapkan kegiatan ini sangat bagus untuk diketahui oleh siswanya. Karena, para siswa bisa belajar untuk menjalani misi kemanusian.

“Kami BPK Penabur Banda, kebetulan sedang mempelajari mengenai berbagai macam organisasi yang ada di masyarakat. Maka dari itu kami melakukan kunjungan ke Tzu Chi Bandung, karena organisasi ini memberikan kontribusi yang besar khususnya di kota Bandung dan berbagai kota di Indonesia. Jadi menurut saya yayasan Tzu Chi adalah yayasan yang sangat inspiratif untuk anak-anak bisa belajar bahwa walaupun anggota berbeda latar belakang suku agama, tapi bisa bersatu bisa melaksanakan misi kemanusiaan yang besar,” kata Sherly.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat menumbuhkan bibit cinta kasih yang telah disebarkan oleh para relawan Tzu Chi. Selain itu, hal ini pun menjadi ajang pelatihan diri agar lebih peka lagi untuk membantu orang lain. Tidak perlu merasa kaya atau miskin, namun, yang terpenting adalah dengan keikhlasan hati yang tulus untuk membantu sesama.

Editor: Arimami Suryo A.


Artikel Terkait

Menanam Kebajikan Sejak Usia Dini

Menanam Kebajikan Sejak Usia Dini

14 Agustus 2017

Rabu, 9 Agustus 2017, Tzu Chi Bandung menerima kunjungan 18 murid sekolah BPK Penabur Banda. Kunjungan ini merupakan salah satu program sekolah tersebut untuk mengenal berbagai organisasi yang ada di masyarakat.

Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -