Menanam Pohon untuk Masa Depan

Jurnalis : Relawan Tzu Chi Kutai Barat, Fotografer : Dok. Relawan Tzu Chi Kutai Barat
Lewi Robi, pembina relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Kutai Barat ikut menanam bibit buah di halaman SD Tunas Lestari Sungai Kedang.

Relawan Tzu Chi di Kutai Barat, Kalimantan Timur mendistribusikan 2.000 bibit buah terdiri dari 500 bibit matoa, 500 bibit durian, 500 bibit rambutan, dan 500 bibit mata kucing. Pendistribusian buah ini sebagai wujud kepedulian lingkungan relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Kutai Barat  dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia pada Senin 5 Juni 2023.

Ada empat kampung yang masing-masing mendapatkan 100 bibit pohon buah, yaitu Kampung Besiq, Bermai, Muara Nilik, dan Kampung Mantar. Sementara 1.600 bibit buah akan didistribusikan ke pondok-pondok karyawan, sekolah, dan sekitar kantor riset Smartri.

Pendistribusian bibit pohon buah yang pertama ke Kampung Muara Nilik. Relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas diterima langsung oleh Sengkang Kepala Kampung Muara Nilik dan warga. “Rencananya bibit-bibit pohon buah ini akan kami tanam di ladang untuk menambah tanaman kami. Kami berterima kasih sekali karena ada banyak bibit yang bisa kami tanam. Ada bibit durian, matoa, mata kucing, dan rambutan,”ucap Sengkang. Karena lokasi ladang yang saling berjauhan sehingga warga akan menanam secara mandiri di ladang masing-masing.

Lutfhie Andria menyerahkan bibit pohon buah untuk warga Kampung Besiq, Kecamatan Damai, Kutai Barat.

Relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas berlanjut mendistribusikan bibit pohon buah ke Kampung Bermai. Soldiansyah sekretaris kampung menyampaikan rasa terima kasih kepada relawan tzu Chi cabang Sinar Mas yang memberikan bibit pohon buah untuk menambah tanaman di ladang para petani. “Kami berterima kasih sekali mendapatkan bantuan bibit, bisa kami tanam di ladang atau di pekarangan belakang,” ujar Soldiansyah.

Di Kampung Besiq warga sangat antusias menerima bantuan bibit pohon buah yang cukup banyak, dari 100 bibit akan didistribusikan keempat RT sehingga pembagian bisa merata, hal yang sama dilakukan di Kampung Mantar.

Relawan menanam bibit buah di TK Tunas Lestari Sungai Basung.

Lokasi penanaman lainnya, relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas melakukan penanaman 98 bibit buah di Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Lestari Sungai Basung dan Sekolah Dasar (SD) Tunas Lestari  Sungai Kedang yang terdiri dari 31 bibit durian, 31 bibit rambutan, 28 bibit mata kucing dan 8 bibit matoa.

Relawan Tzu Chi memulai dengan membuat lubang tanam di tempat yang sudah dipancang. Setelah itu, diberikan tanah gembur dari areal land aplication. Bibit yang siap dipindahkan ke dalam lubang tanam dan disiram air secukupnya.

Penanaman bibit buah di kantor riset Smartri dilakukan relawan dengan melibatkan anak-anak.

Masih dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 17 orang relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas  Kutai Barat, Kalimantan Timur menanam bibit buah di sekitar kantor riset Smartri SPKE dan wilayah 1 SPKE pada 8 Juni 2023. Ada 98 bibit pohon buah yang ditanam terdiri dari 31 bibit pohon  durian, 31 bibit pohon rambutan, 28 bibit pohon mata kucing, dan 8 bibit pohon Matoa.

Cuaca mendung disertai gerimis tidak menyurutkan semangat  relawan  dalam menanam bibit pohon buah. Relawan bersama anak-anak turut serta dalam kegiatan penanaman bibit pohon buah ini.

“Pohon, tumbuhlah subur ya! Nanti kamu akan bermanfaat bagi orang banyak. Sehat-sehat dan cepat besar ya,!” seru Belva, salah satu anak yang ikut menanam bibit buah. Tentu saja hal ini bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran yang berkesan bagi Belva karena ikut langsung memasukkan bibit ke lubang tanam dan menyiramnya.

Bibit pohon buah yang ditanam di Sungai Tohan Estate dan Sungai Tohan Plasma diharapkan bisa memberi manfaat untuk lingkungan Kutai Barat.

Sementara itu di hari yang sama, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di kantor besar Sungai Pilos Estate juga melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan. Meski sinar matahari cukup menyengat, para relawan dengan penuh semangat dan ceria menanam bibit pohon buah-buahan di sekitar kantor.

Penanaman bibit pohon buah-buahan ini dilanjutkan relawan keesokan harinya, Jumat 9 Jni 2023 di Sungai Tohan Estate dan Sungai Tohan Plasma. Panto Girsang, salah satu relawan berharap pohon buah yang ditanam menjadi pohon yang subur dan buah-buahnya memberikan manfaat untuk warga lingkungan sekitar di Kutai Barat.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menumbuhkan Karakter Generasi Muda yang Peduli Lingkungan

Menumbuhkan Karakter Generasi Muda yang Peduli Lingkungan

22 April 2024

Siswa-siswi Sekolah Methodist 6 mengunjungi Tzu Chi Medan guna belajar tentang Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi. Kunjungan ini bertujuan menumbuhkan karakter generasi muda yang peduli dan mencintai lingkungan.

Sukacita Melestarikan Lingkungan di Florence

Sukacita Melestarikan Lingkungan di Florence

10 April 2017

Sebanyak 17 relawan komunitas He Qi Utara 1 beserta warga komplek perumahan Florence di Pantai Indah Kapuk telah berkumpul untuk mengadakan kegiatan Pelestarian Lingkungan. Dalam kegiatan yang diadakan pada tanggal 9 April ini juga menjadi pembukaan titik baru pemilahan sampah daur ulang Tzu Chi.

Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan

Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan

11 Oktober 2021

Tzu Chi Medan menggelar Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh (Wholefood Vegan Diet) periode 3-23 Oktober 2021. Program ini diikuti oleh 40 peserta yang dibimbing dan diawasi oleh Dr. Susianto, seorang doktor gizi.

Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -