Mendalami Semangat Tzu Chi di Hari Kemerdekaan Indonesia

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Cindy Clara (Tzu Chi Pekanbaru)

Lina menjelaskan tentang Semangat Kemandirian Keluarga Jing Si pada Pelatihan Relawan kedua yang bertema Bersungguh Hati Menapaki Jalan Tzu Chi di Tzu Chi Pekanbaru.

Rabu, 17 Agustus 2022, bertepatan dengan Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77,  relawan Tzu Chi Pekanbaru mengisi hari dengan mendalami semangat Tzu Chi melalui Pelatihan Relawan. Pelatihan dengan tema Bersungguh Hati Menapaki Jalan Tzu Chi ini dihadiri sebanyak 59 orang relawan dan 25 orang panitia.

Mazhab Tzu Chi tidak terlepas dari Semangat Jing Si, dimana Master Cheng Yen dan para bhiksuni di Griya Jing Si menjadi sandaran yang kokoh bagi Tzu Chi. Lina, relawan komite yang pernah menjadi relawan di Griya Jing Si menjelaskan, semangat kemandirian dan pengorbanan dari para bhiksuni di Griya Jing Si merupakan sebuah keteladanan bagi relawan Tzu Chi di seluruh dunia.    

Tim shou yu (isyarat tangan) mengajak peserta untuk bergembira bersama dalam peragaan isyarat tangan.

Selain Lina, ada pula Restuti yang berbagi cara menjalin jodoh melalui galang hati galang dana yang juga merupakan upaya agar jejak cinta kasih Tzu Chi tidak terputus. “Ketika awal-awal ingin menggalang dana, kita semua pasti merasa sedikit malu. Mungkin kita bisa saja malu karena tidak tahu harus mengatakan apa, tetapi, jika kita terus berusaha untuk mencobanya, lama-kelamaan kita semua pasti bisa menggalang dana dan menceritakan tentang Tzu Chi kepada keluarga, saudara, dan teman-teman kita, papar Restuti. “Dengan semangat seperti ini, jejak cinta kasih Tzu Chi pasti bisa tersebar dan akan ada semakin banyak orang yang mengenal Tzu Chi,” lanjutnya.

Pada pelatihan kali ini, tim isyarat tangan Tzu Chi Pekanbaru juga turut memeragakan sebuah isyarat tangan yang berjudul Ren Shi Ni Zhen Hao yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Senang mengenal Anda. Dengan semangat, seluruh relawan turut memeragakan isyarat tangan tersebut dengan riang gembira.  Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Struktur 4 in 1, yang dijelaskan oleh Mettayani.

Lian Sinaga mulai berubah menjadi lebih baik setelah mendapat pengaruh positif di Tzu Chi, ibunya pun turut berbahagia melihat anaknya dilantik menjadi relawan Tzu Chi.

“Dulu saya mungkin bisa terbilang sebagai anak yang nakal. Berbagai kenakalan pernah saya lakukan, misalnya seperti tidak pulang ke rumah dan membuat ibu saya cemas. Tetapi, dengan jalinan jodoh baik saya dengan Tzu Chi, saya menemukan tekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi,” ujar Lian Sinaga, salah satu relawan yang dilantik menjadi relawan abu putih. 

“Sebagai ibu, saya merasa sangat bangga dan lega melihat anak saya bisa dilantik. Saya merasa sangat bersyukur karena di sini, anak saya dibimbing dengan baik oleh para relawan dan bisa menjadi lebih baik,” kata ibu dari Lian Sinaga yang ikut hadir demi menyaksikan anaknya dilantik menjadi relawan Abu Putih.

Pada pelatihan relawan yang kedua ini, bertambah lagi barisan Bodhisatwa di Tzu Chi Pekanbaru.

Pada pelatihan relawan yang kedua ini, sebanyak dua relawan dilantik menjadi relawan abu putih logo, 10 relawan dilantik menjadi relawan abu putih, dan satu relawan dilantik menjadi relawan Tzu Ching sehingga telah menambah barisan relawan Tzu Chi Pekanbaru. 

“Selama kita berjalan di Jalan Bodhisatwa, kita mungkin akan menemui berbagai rintangan. Tetapi, kita tidak boleh pesimis dan berhenti melangkah. Selama ada niat baik, maka kita harus tetap menjalankannya, sesuai dengan kata-kata Master Cheng Yen, ‘Hal yang benar, jalankan saja’,” kata Mulyady Salim, salah satu relawan yang dilantik menjadi relawan abu putih berlogo.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bahagia Dalam Jalan Bodhisatwa

Bahagia Dalam Jalan Bodhisatwa

20 April 2017

Pada tanggal 16 April 2017, Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan Pelatihan Relawan Baru yang bertempat di kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Kegiatan ini juga menghadirkan sharing dari relawan baru dan relawan yang sudah terlebih dahulu bergabung bersama Tzu Chi.

Misi Kesehatan yang Berbudaya Humanis

Misi Kesehatan yang Berbudaya Humanis

17 Desember 2019

Budaya humanis Tzu Chi merupakan landasan insan Tzu Chi dalam memberikan pelayanan. “Landasan itu harus kita mengerti dan pahami agar dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan begitu, kita dapat membuat orang lebih mengerti dan memahami arti pelayanan dan misi kesehatan Tzu Chi yang sebenarnya,” jelas dokter Mozes Bernard dalam Pelatihan Abu Putih ke-4, relawan komunitas He Qi Timur (01/12/2019).

Merawat Semangat Pelatihan Diri

Merawat Semangat Pelatihan Diri

27 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 menggelar pelatihan relawan Abu Putih pertama di Fu Hui Ting, Aula Jing Si Lt.2, PIK, pelatihan ini diikuti 103 relawan Tzu Chi dari wilayah Jakarta, Tangerang, maupun Jambi melalui webinar. 

Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -