Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

Jurnalis : Galvan (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Galvan (Tzu Chi Bandung)


Para pendonor berkumpul di ruang tengah lantai 2 Jing Si Tzu Chi Bandung, menunggu penggilan serta mengisi formulir donor darah.

Para relawan Tzu Chi terus mengisi waktu luangnya dengan melakukan kegiatan positif. Salah satunya ialah dengan mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI).

Acara tersebut berlangsung padal 15 Agustus 2020, yang berlokasi di lantai 2 aula Jing Si Tzu Chi Bandung dan sebanyak 39 labu telah terkumpul selama kegiatan baksos donor darah berlangsung. Aksi donor darah ini selain bertujuan menolong orang, juga untuk membantu persediaan darah PMI di kota Bandung karena kian hari kebutuhan darah semakin meningkat sementara darah yang tersedia sangat terbatas.


Para pendonor, dokter serta relawan Tzu Chi saling bekerjasama demi kelancaran kegiatan donor darah. 


Tim medis PMI memerika setiap pendonor yang akan mendonorkan darahnya, hal ini dilakukan demi terhindarnya dari berbagai penyakit.

Maka dari itu kegiatan ini haruslah diadakan secara berkala. Setiap tetes darah yang disumbangkan dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima dan berdampak kesehatan bagi pendonornya. Diharapkan, kegiatan ini  memberikan inspirasi lebih banyak orang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

"Ini adalah salah satu kegiatan yang baik tentu, saya lihat antusias para pendonor pun cukup banyak namun setelah mengikuti saringan, hanya beberapa saja yang bisa mendonorkan darahnya," ucap Maman Supratman, PIC kegiatan donor danar kali itu.


Warga sekitar yang berdekatan dengan Jing Si Tzu Chi melakukan donor darah yang di adakan oleh Yayasan Tzu Chi Bandungpada tanggal 15 Agustus 2020.

Sebagai penanggung jawab atas kegiatan donor darah di Jing Si Tzu Chi Bandung, Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat diadakan secara berkala sehingga masyarakat juga dapat membantu sesama. Lebih dari itu, dengan mensosialisasikan visi misi Tzu Chi, semoga  makin banyak masyarakat terinspirasi bergabung di barisan Tzu Chi.  “Semoga kegiatan ini berkesinambungan, serta pesertanya lebih dari hari ini. Dan mudah-mudahan apa yang telah kami sumbangkan hari ini menjadi manfaat bagi penerima bantuan” lengkapnya.


Salah satu pendonor darah yaitu Yuyun Saeful (54) melakuakn donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Bandung.

Aksi donor darah ini mendapatkan tanggapan positif dari salah satu pendonor, yaitu Yuyun Saeful (54). Ia mengetahui acara dari pengumuman yang di tempel di depan Jing Si Tzu Chi, Yuyun pun menyempatkan diri untuk mendonorkan darahnya di hari itu.

"Saya memang rutin mendonorkan darah di PMI. Selain untuk menjaga kesehatan, juga untuk membantu sesama. Namun akibat pandemi covid-19 PMI pun sempat tutup. Kebetulan saya lihat pengumuman donor darah oleh Tzu Chi jadinya saya ikut. Kegiatan benar-benar sangat positif,” ucapnya.


Pada kegiatan donor darah ini relawan Tzu Chi pun turut mendonorkan darahnya untuk menolong sesama.

Diharapkan dengan aksi donor darah ini dapat meberikan inspirasi bagi semua khalayak, selain dapat membantu sesame, donor darah ini pun bisa memberikan dampak positif bagi tubuh pendonor.

Editor: Teddy Lianto


Artikel Terkait

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

25 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Tzu Chi Bandung mengadakan bakti sosial donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) yang berlangsung di Jing Si Tzu Chi Bandung, Jl. Jend. Sudirman no 628.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -