Mengajak Masyarakat Luas untuk Bervegetaris

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Ching Medan), Fotografer : Winny Wijaya, Vinson Theodoric (Tzu Ching Medan)

Relawan muda-mudi sedang menyiapkan pesanan yang telah dipesan dan mengecek kembali biar tidak ada kesalahan.

Banyak hal bisa dilakukan untuk menjaga bumi, salah satunya dengan menggiatkan pola makan vegetarian kepada khayalak ramai agar alam selaras kembali. Upaya ini juga dilakukan kumpulan relawan muda-mudi Tzu Chi atau biasa disebut Tzu Ching, dalam hal ini Tzu Ching Medan. Mereka menyelenggarakan Vegetarian Food Sale di depan Kantor Tzu Chi Medan, di Komplek Cemara Asri Medan, Minggu 21 Agustus 2022.

Terdapat aneka sarapan yang dijual untuk disantap masyarakat umum, seperti bubur Vietnam, nasi lemak, nasi sayur, spaghetti bolognese, dan spaghetti aglio olio. Ada juga donat, pumpkin cake dan es buah kekinian. Terakhir ada aneka minuman yang menyegarkan seperti susu kedelai, air sereh, milo, dan teh.

Para relawan sedang mempersiapkan spaghetti yang dijual di acara ini.

Sebelum hari H, para pantia mengadakan rapat secara daring untuk memudahkan mereka yang masih kuliah dan sebagainya. Pada saat rapat para panitia memutuskan apa saja yang akan dijual pada Vegetarian Food Sale. Adapun tujuan dari Vegetarian Food Sale ini digelar adalah untuk membiayai kegiatan besar yang akan dilakukan Tzu Ching Medan yaitu Tzu Ching Camp IV yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Tzu Ching Medan pun mendapat banyak berkah dari para pembina dan pendamping Tzu Ching Medan. Mereka mendonasikan semua makanan yang dimasak untuk dijual oleh relawan muda mudi ini serta seluruh hasil penjualan akan masuk ke dalam kas Tzu Ching Medan.

Adapun jumlah makanan yang didonasikan tersebut; bubur Vietnam sebanyak 80 porsi, nasi lemak 100 porsi, nasi sayur 50 porsi, spaghetti bolognese 50 porsi, spaghetti aglio olio 50 porsi, donat 80 buah, pumpkin cake 30 pack, es buah kekinian 100 buah, susu kedelai 61 botol, dan air sereh 65 botol.

Thamlia menyiapkan Pumpkin cake yang akan dijual.

Satu hari sebelum tanggal 21 Agustus 2022, relawan muda-mudi ini datang ke Kantor Tzu Chi Medan untuk menyiapkan barang-barang yang akan dipakai untuk Vegetarian Food Sale. Antara lain mencuci alat makan, menyediakan meja untuk menaruh makanan, serta mendirikan tenda yang dibantu oleh para pembina dan pendamping Tzu Ching Medan.

Pagi hari saat hari H berlangsungnya acara, tampak relawan Tzu Ching Medan sudah menyusun aneka makanan yang dijual di Vegetarian Food Sale. Thamelia yang merupakan koordinator kegiatan kali ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mulai hidup bervegetaris.

“Sekitar pukul 7, orang-orang sudah datang dan bertanya apa saja yang dijual, mereka antusias untuk membeli. Kan makanan vegetarian itu tidak kalah menarik sama makanan yang non-vegetarian,” ujar Thamelia.

Lui Mona (kanan) sedang membeli susu kedelai yang dijual di Vegetarian Food Sale.

Lui Mona salah seorang pembeli mengapresiasi kegiatan yang diadakan Tzu Ching Medan ini karena sangat berarti untuk anak muda saat ini. Lui Mona juga ingin sekalian memperkenalkan dan mengajak anak-anaknya untuk bervegetaris dan juga bergabung ke dalam barisan relawan muda-mudi ini.

“Saat ini saya juga sudah mulai bervegetaris di hari-hari tertentu untuk mengurangi makan makanan non vegetarian dan saya terus belajar serta menginspirasi anak-anak saya dan orang yang saya kenal untuk mulai hidup bervegetaris, karena makanan vegetarian saat ini sudah sangat bervariasi dan enak.” Ujar Lui Mona.

Tampak pembeli datang menikmati makanan yang dijual di Vegetarian Food Sale.

Berpola makan vegetaris sama dengan kita menghormati kehidupan semua makhluk dengan menjalin jodoh baik dan membangkitkan cinta kasih antar sesama makhluk. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen “Vegetarian artinya tidak makan daging dan sila artinya aturan. Jadi selain harus menyayangi kehidupan sendiri terlebih lagi harus menghormati kehidupan segala makhluk.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Makanan Sehat Ada Di Vegan Catering

Makanan Sehat Ada Di Vegan Catering

26 Agustus 2020

Program Vegan Catering masih berlangsung di berbagai wilayah di komunitas relawan Tzu Chi hingga hari ini. Berbagai menu vegan yang lezat terus diperkenalkan kepada masyarakat sebagai ajakan yang serupa dengan tagline-nya, yakni Tulus Bervegetaris Melindungi Bumi

Belanja Sambil Mencintai Bumi

Belanja Sambil Mencintai Bumi

30 November 2023

Belanja Sambil Mencintai Bumi, itu dia tema dari acara pre-order makanan vegetarian yang digelar Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru. Seluruh hasil penjualan disumbangkan untuk upaya pelestarian lingkungan.

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah dengan Makanan Vegan Catering Rumahan

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah dengan Makanan Vegan Catering Rumahan

11 Agustus 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur membuka vegan catering selama dua minggu sejak 1-12 Agustus 2022. Setiap harinya dengan menu-menu vegan yang disajikan bervariasi.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -