Dapur Sehat Ala Tzu Chi

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung)

Ida Ratna (kiri), Renveer dan Matthew tengah  membuat Pizza Vegtarian dalam kegiatan Dapur Sehat Tzu Chi yang dipandu oleh Laura Indrayani (kanan).

Di Bulan Tujuh Penuh Berkah ini, hampir semua komunitas relawan Tzu Chi berlomba-lomba menanam berkah dengan menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Seperti relawan Tzu Chi di Bandung, mereka giat mengajak masyarakat untuk bervegetaris dengan cara melakukan demo memasak makanan vegetaris. Ada lima menu masakan vegetaris yang dipraktikkan cara pembuatannya oleh relawan.

Tema demo memasak kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini bertema Memperkenalkan Menu Vegetaris Sejak Dini. Relawan juga mengajak anak-anak dari Kelas Budi Pekerti Tzu Chi Bandung untuk turut andil dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini digelar sebanyak tiga kali pada tanggal 6, 13, dan 20 Agustus 2022— demo masak ini bisa disaksikan di chanel Youtube Tzu Chi Bandung. Menu pertama yang dimasak yakni Pizza Vegetarian yang masak oleh murid Kelas Budi Pekerti Tzu Chi, Ranveer dan Matthew dengan didampingi oleh relawan senior Tzu Chi Bandung Ida Ratna. Menu kedua adalah Schotel Macaroni dan tiga menu makanan vegetarian lainnya.

Tim Konsumsi Tzu Chi bersama-sama memasak makanan vegetaris untuk catering vegetarian. Hasil penjualan akan dipergunakan untuk mendukung kegiatan amal Tzu Chi.

Menu catering kali ini Jagung Semi Cah Tauco, Pare Sayur Asin, dan Sup Kembang Tahu yang dimasak relawan secara bersama-sama di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung.

Laura Indrayani, relawan Tzu Chi Bandung yang menjadi pembawa acara kegiatan ini menuturkan, tema kali ini adalah keinginan untuk memperkenalkan menu makanan vegetaris yang banyak menggunakan bahan sayur-sayuran kepada anak-anak. Hal ini penting mengingat banyak sekali anak-anak yang tidak menyukai sayur-sayuran dalam menu makanannya.

“Tema kali ini memperkenalkan (pola makan) vegetarian sejak dini, untuk mengajak anak-anak makan sayuran karena mereka banyak yang sulit ya untuk makan sayuran. Selain itu juga mengedukasi cara mengolah sayuran agar anak-anak suka dan juga mengajak masyarakat umum untuk bervegetarian juga,” terang Laura.

Keseruan demo memasak yang dilakukan oleh anak-anak murid Kelas Budi Pekerti Tzu Chi ini sangat terlihat, selain bisa memperkenalkan mereka akan pola makan vegetarian, mereka juga diajarkan membuat makanan sendiri. Selain anak-anak, tentu juga masyarakat luas menjadi salah satu tujuan kegiatan ini. “Kita sebenarnya (juga) mau mengajak masyarakat luas untuk bervegetarian ya pada dasarnya, kalau kita di Tzu Chi sesuai apa kata Master Cheng Yen kita harus peduli dengan alam dengan tidak makan daging hewani. Hal itu kita ingin sebarkan juga ke (masyarakat) umum, bahwa menjaga alam salah satunya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, vegetarian,” kata Yulistina, relawan Tzu Chi Bandung lainnya.

Yulistina, relawan Tzu Chi Bandung  sedang menanak nasi untuk catering vegetarian

Trimino, relawan Tzu Chi Bandung sebagai penangggung jawab dalam kegiatan catering vegetarian ini terlihat sangat antusias, karena memasak merupakan hobinya.

Selain demo memasak, relawan Tzu Chi Bandung juga membuka Catering Vegetarian dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah ini. Berbagai menu catering vegetarian tersedia, seperti seperti pare sayur asin, sup kembang tahu, dan jagung semi cah tauco.

“Jadi dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh berkah ini kita mengajak semua untuk bervegetarian. Sehali lebih sehat, dengan bervegetarian juga kita bisa membantu lingkungan supaya lebih bagus lagi. Makan sayuran itu lebih sehat dan lebih enak,” terang Trimino, relawan Tzu Chi Bandung.

Hasil penjualan menu makanan vegetaris ini akan didonasikan untuk mendukung kegiatan amal Tzu Chi. Selain Sehat, bervegetaris juga menjadi ladang kebaikan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Sumbangsih Tim Konsumsi untuk Membantu NTT

Sumbangsih Tim Konsumsi untuk Membantu NTT

15 April 2021

Berniat untuk turut membantu meringankan beban para warga terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT), relawan tim konsumsi Tzu Chi dari komunitas He Qi Timur membuka plant-based catering atau vegan cetering dengan nama Dapur Oma Gading.

Hidup Sehat dengan Bervegetaris

Hidup Sehat dengan Bervegetaris

20 Oktober 2020

Tzu Chi Lampung mengadakan kegiatan Vegan Catering dengan tema “Tulus Bervegetaris Melindungi Bumi” pada 19 Agustus - 02 September 2020.

Mengajak Orang Bervegetaris Lewat Katering Makanan Vegetarian

Mengajak Orang Bervegetaris Lewat Katering Makanan Vegetarian

06 Oktober 2023

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, para relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Jambi bersatu hati menyukseskan Tzu Chi Catering Vegetarian untuk mengajak masyarakat belajar menjadi vegetaris.

Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -