Mengajak Orang Bervegetaris Lewat Katering Makanan Vegetarian

Jurnalis : Anton Wira (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Heriyanto(Tzu Chi Jambi)

Relawan membagikan paket makanan vegetarian ke beberapa orang yang membutuhkan.

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, para relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Jambi bersatu hati menyukseskan Tzu Chi Catering Vegetarian untuk mengajak masyarakat belajar menjadi vegetaris. Katering ini berlangsung selama enam hari. Rumah Hasan Gus kebagian berkah menjadi lokasi bagi relawan menyiapkan aneka hidangan vegetarian ini.

"Dulu mungkin orang memandang masakan vegetarian tidak enak, tetapi setelah ikut dan pesan katering dari kita justru malah memesan lagi,” kata Hasan Gus.

Para pelanggan dari katering kali ini beragam, mulai dari keluarga relawan, karyawan, serta masyarakat yang menyukai masakan vegetarian. "Rencananya hasil penjualan dari katering  tahun ini akan kami donasikan untuk mendukung pembangunan gedung KP Jambi,” tambah  Hasan Gus.

Fenny dan Hasan Gus sangat senang kediaman mereka dijadikan basecamp memasak makanan vegetarian.

Para relawan bersama-sama mempersiapkan paket makanan vegetarian.

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, bulan tujuh penanggalan lunar merupakan bulan hantu dan dianggap sebagai bulan yang tidak baik. Tetapi Tzu Chi mengubah budaya lama tersebut menjadi kegiatan positif yaitu bulan tujuh penuh berkah. Bulan di mana setiap orang dapat berbuat kebajikan serta mencapai ladang berkah setiap waktu, salah satunya dengan mempromosikan dan mengajak orang bervegetaris.

Fenny, pertama kali ini menjadi koordinator konsumsi. Ia dengan senang hati menerima tantangan ini dan sangat bertanggung jawab serta sangat sabar dalam menyiapkan sajian makanan vegetarian dengan menu yang berbeda-beda tiap hari. Mulai dari menyiapkan tiga bahan masakan, memasak, hingga menyusun satu persatu menjadi hidangan yang siap disajikan. Dan semuanya dilakukan dengan kerja sama antar relawan.

Sukacita para relawan Tzu Chi Jambi.

Salah satu relawan yang sangat bersemangat mengajak donatur dan teman-temannya adalah Mariana. Awalnya ia merasa tidak sanggup karena tidak ada pengalaman. Namun ketika dijalankan, hari demi hari sampai hari terakhir, pesanan malah melebihi target. Ia sangat bersyukur.

"Yang pesan alasannya bermacam-macam, ada yang mau belajar bervegetaris, menyumbangkan dana dengan cara membeli dan ada yang membeli lalu meminta relawan membagikan kepada orang yang tidak mampu," jelas Mariana.

Mengutip Kata Perenungan Master Cheng Yen, "Jika setiap orang ada yang dikerjakan dan setiap pekerjaan ada yang mengerjakan, maka semua orang semakin bekerja dengan sukacita."

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Makanan Sehat Ada Di Vegan Catering

Makanan Sehat Ada Di Vegan Catering

26 Agustus 2020

Program Vegan Catering masih berlangsung di berbagai wilayah di komunitas relawan Tzu Chi hingga hari ini. Berbagai menu vegan yang lezat terus diperkenalkan kepada masyarakat sebagai ajakan yang serupa dengan tagline-nya, yakni Tulus Bervegetaris Melindungi Bumi

Kreasi Masakan Vegetaris Menarik 718 Pelanggan di Lampung

Kreasi Masakan Vegetaris Menarik 718 Pelanggan di Lampung

01 September 2022

Memperingati Bulan Tujuh Penuh Berkah, Tzu Chi Lampung mengadakan kegiatan Memasak Vegetaris selama tujuh hari. Makanan vegetaris hasil kreasi relawan ini kemudian dijual dengan harga yang relatif murah, yakni 10 ribu rupiah per kotaknya.

Berpola Hidup Sehat Lewat Catering Sehat Vegan

Berpola Hidup Sehat Lewat Catering Sehat Vegan

24 November 2022

Untuk mengajak masyarakat berpola hidup sehat, Tzu Chi Surabaya mengadakan Catering Sehat Vegan mulai dari 18 Oktober - 15 November 2022.  

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -