Mengasihi Bumi Melalui Tindakan Nyata

Jurnalis : Christine Desyliana ( He Qi Barat 1), Fotografer : Meidiana ( He Qi Barat 1)

Buku, majalah, koran sedang dipilah dan rapikan oleh para relawan.

Akhirnya kegiatan pelestarian lingkungan (pemilahan barang daur ulang) bisa kembali dilakukan oleh relawan Tzu Chi, di Minggu 19 Juni 2022, dikoordinir oleh relawan Tzu Chi Burianto dan Djoei Tjhai Ha. Selama ini kegiatan berhenti hampir dua tahun lebih demi mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengurangi dampak penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebelum pandemi, kegiatan ini dilakukan secara rutin tiap sebulan sekali di minggu ketiga.

Mulai jam 7 pagi, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1, Robert dan Karlina mulai mengeluarkan barang-barang logistik dan perlengkapan kerja daur ulang, dari rumah mereka ke Gedung Pertemuan Citra Garden 5. Dan tak lama, Nilawaty dan Junus juga telah tiba di lokasi kegiatan dan dengan sigap membantu menata perlengkapan seperti ember-ember, gunting, cutter, bangku, sarung tangan, karung, kertas absensi, dan lain lain.

Relawan Tzu Chi Suhermin dan Junus sedang bekerja sama untuk mengikat kardus dengan rapi.

Relawan Tzu Chi begitu fokus mengelompokkan donasi barang daur ulang dari warga Perumahan Citra Garden 5, Cengkareng, Jakarta Barat.

Total relawan yang hadir melakukan pemilahan, pengelolaan, dan penataan barang-barang daur ulang sebanyak 27 orang. Mereka saling bersatu hati, beramah tamah, saling menyayangi dan gotong royong di kegiatan pelestarian lingkungan perdana tahun 2022 ini.

Donasi barang daur ulang belum terlalu banyak di kegiatan perdana ini, tetapi semua relawan Tzu Chi bekerja dengan sangat cekatan dan harmoni sampai rata-rata seragam menjadi basah dan keringat turun bercucuran di dahi para relawan.

Kemudian mereka mengumpulkan semua barang logistik dan perlengkapan kerja daur ulang dengan rapi yang nantinya akan dikembalikan oleh Rosadi dan Maryani ke rumah Robert. Mereka juga memasukkan barang-barang daur ulang yang sudah dikelola ke mobil, yang nanti akan diantarkan oleh Robert dan Junus ke Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi di Cengkareng.

Botol-botol plastik kemasan dipilah dan dibuka tutup dan pengaitnya dengan hati-hati menggunakan Cutter oleh Ik Hong, Linda, dan Supardi.

Silahturahmi dan evaluasi agar dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi bumi dan masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

Berhubung hari ini adalah perdana dan ada beberapa relawan baru bergabung, maka di penghujung kegiatan, semua relawan Tzu Chi duduk bersama dalam satu lingkaran besar agar bisa saling kenalan, silaturahmi dan evaluasi atas kegiatan yang telah selesai dilakukan agar dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi bumi dan masyarakat perihal pelestarian lingkungan. Dan kegiatan ini ditutup dengan foto bersama.

Karena mengasihi bumi, Master Cheng Yen mengajak dan menginspirasi seluruh relawan Tzu Chi di dunia melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Dan hari ini 27 relawan Tzu Chi ini telah terinspirasi dan melakukan tindakan nyata.

Bumi hanya ada satu. Bumi menopang begitu banyak kehidupan dan hanya manusialah yang dapat mengasihi dan melindungi semua kehidupan di bumi. Jadi mari kita sebagai penghuni bumi, berupaya dan turut serta dalam aksi nyata mengasihi bumi dengan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Menyemai Bibit Pelestarian Lingkungan di Selatpanjang

Menyemai Bibit Pelestarian Lingkungan di Selatpanjang

04 Desember 2017

Tanggal 26 November 2017 merupakan hari bersejarah bagi insan Tzu Chi Selatpanjang. Hari itu, kegiatan pelestarian lingkungan mulai bertunas di Kota Selatpanjang dengan adanya sebuah tempat pemilahan sampah atau Depo Daur Ulang Tzu Chi.

Membuat Sabun Cuci Piring Batang dari  Minyak Jelanta

Membuat Sabun Cuci Piring Batang dari Minyak Jelanta

29 Agustus 2023

Kegiatan Pelestarian Lingkungan di Depo Pangeran Jayakarta kali ini seru sekali. Marlina mendemokan “Minyak Jelanta Menjadi Sabun Batang” yang ramah lingkungan. Cara buatnya mudah, bahannya pun mudah didapat, harganya juga ekonomis.

Bergandengan Melestarikan Lingkungan

Bergandengan Melestarikan Lingkungan

06 Maret 2017

Tepatnya pada 4 Maret 2017, relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan workshop pelestarian lingkungan kepada 90 orang yang terdiri dari pengurus dan anak asuh organisasi SOS Childern’s Villages di wilayah Cibubur, Jakarta.

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -