Mengenal Tzu Ching Lebih Dekat Lewat Acara Fun Day

Jurnalis : Michelle Aprilia (Tzu Ching) , Fotografer : Indra Gunawan, Elysa Wu, Tirta Kwan, Vivi (Tzu Ching)

Sebanyak 180 peserta memadati kursi di Ruangan Fu Hui Ting guna mengikuti serangkaian acara Fun Day.

Muda-mudi Tzu Chi identik dengan kegiatan-kegiatan yang seru, asik, dan pastinya bermakna. Seperti yang bisa dilihat dari acara pengenalan Tzu Ching bertema FUN DAY di Tzu Chi Center, PIK, Minggu 23 Oktober 2022. Sejak pukul 7.30 pagi, para peserta mulai berdatangan. Tercatat sebanyak 180 peserta yang datang memadati kursi di Ruangan Fu Hui Ting untuk mengikuti serangkaian acara Fun Day.

Acara Fun Day dikemas dengan begitu seru dimulai dengan menyaksikan penampilan Jennifer dan Rachel yang membawakan beberapa lagu Tzu Chi seperti Senyuman Terindah dengan alat musik Guzheng yang merdu. Para panitia juga menampilkan tabuhan genderang yang gegap gempita.

Penampilan apik Jennifer dan Rachel membawakan lagu Senyuman Terindah.

Adi Xue Zhang menjelaskan tentang Budaya Humanis Tzu Chi.

Philip Xue Zhang mengenalkan kepada para peserta mengenai “Apa itu Tzu Chi dan Tzu Ching?”  Philip memaparkan dari asal mula berdirinya Tzu Chi hingga terbentuknya barisan muda mudi Tzu Ching sampai sekarang. Sesi yang juga tak kalah penting yaitu pengenalan budaya humanis oleh Adi Xue Zhang, mulai dari cara berpakaian, berjalan dan juga isyarat tangan.

Setelah break, acara dilanjut dengan membentuk kelompok untuk Games. Games di Fun Day ini terdapat beberapa babak penyisihan yang nantinya akan ada dua pemenang terpilih.

Babak penyisihan pertama yaitu games “Amazing Race”, di sini terdapat 5 pos games yaitu 3 WOW, Tebak Kata, Bus Mobil Bajaj Motor, Grab Fast & Cham Cham Cham. Setiap peserta yang menang di babak ini akan mendapatkan 1 stampel Fun Day. Setiap peserta yang minimal mendapatkan 4 stempel Fun Day maka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Babak selanjutnya.

Peserta bermain Games Grab It Fast, siapa yang cepat mengambil gelas maka dia yang menang.

Peserta bermain Final Games.  

Babak penyisihan kedua dimulai dengan games yang lebih menantang yaitu Red Light Green Light, di mana setiap panitia akan berputar balik arah setelah mengucapkan “Gan En, Zhun Zhong, Ai” peserta harus berpose “Ai”. Banyak peserta yang tereliminasi di games kali ini, karena syaratnya harus berpose.

Makin panas menuju Final Games, peserta makin semangat walaupun matahari mulai terik. Di Final Games ini terdapat beberapa games seperti Suit Manis, Finding Treasure dan Ninja Warrior. Di games pertama Suit Manis peserta akan dapat jalur jalan setelah melompat apabila menang dari suit gunting batu kertas. Lalu di games selanjutnya Finding Treasure peserta harus mencari benda yang disebutkan panitia dan setelah mendapatkannya maka bisa duduk di kursi. Sayangnya banyak yang gugur di games ini.

Final Game perebutan pemenang Games Fun Day, antara Riska (kiri) dan Daniel (kanan).

Games terakhir yang paling ditunggu-tunggu yaitu Ninja Warrior yang mana rangkaian dari Bottle Flip, Meniup bola, dan Pecahkan Balon. Tersisa dua orang peserta yang akan mererbutkan juara games Fun Day.

Acara Fun Day pun ditutup dengan pengumuman pemenang yaitu Daniel dan Riska yang menjadi pemenang dari Games Fun Day. Juga ada hadiah tambahan untuk 3 orang peserta lainnya.

Daniel salah satu mahasiswa Binus University yang menang dan mendapatkan hadiah merasa sangat senang. “Kegiatan hari ini seru dan fun banget. Di awal acara saya jadi lebih kenal kalau selama ini Tzu Chi ada muda-mudinya dan yang saya kagumi itu budi pekertinya yang sangat berguna buat keseharian saya. Pokoknya next saya bakal ikut lagi dan kalau bisa mau jadi panitia juga nih,” katanya.

Para Peserta berfoto bersama usai acara. Acara Fun Day membuat para peserta bisa saling mengenal, terutama jadi lebih kenal lagi apa itu Tzu Ching.

Hal yang sama juga dirasakan Riska, yang juga pemenang dari Games hari itu. “Kegiatan hari ini seru dan fun banget, panitianya juga ramah ramah. Di sini pas buat aku yang pengen ikut kegiatan positif bareng teman teman seumuran,” ujar Riska.

Fiona sebagai Ketua Pelaksana Fun Day berharap, kegiatan Fun Day ini para peserta bisa saling mengenal satu sama lain, “Juga mengenal Tzu Ching dan juga pintu kami (Tzu Ching) sangat terbuka luas untuk memperpanjang barisan relawan muda-mudi yang ingin bersumbangsih bersama,” pungkas Fiona.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mengenal Tzu Ching Lebih Dekat Lewat Acara Fun Day

Mengenal Tzu Ching Lebih Dekat Lewat Acara Fun Day

07 November 2022

Muda-mudi Tzu Chi atau Tzu Ching identik dengan kegiatan-kegiatan yang seru, asik, dan pastinya bermakna. Seperti yang bisa dilihat dari acara pengenalan Tzu Ching bertema Fun Day di Tzu Chi Center, PIK yang digelar oleh Tzu Ching Jakarta dan Tzu Ching Tangerang.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -