Mengenalkan Tzu Chi di Perayaan Cap Go Meh Pulau Kemaro

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Palembang
Antusias para pengunjung yang ingin tahu tentang Tzu Chi.

Daya tarik wisata tentang sejarah yang ada di Pulau Kemaro berupa peninggalan-peninggalan sejarah (Pagoda berlantai 9, Makam Putri Sriwijaya, Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha, pertunjukan kesenian, dan ritual keagamaan khususnya umat Tridharma). Prosesi perayaan Cap Go Meh merupakan perayaan adat budaya masyarakat Tionghoa yang diadakan di Pulau Kemaro. Semua orang dari berbagai macam suku, agama, dan etnis berbaur menjadi satu yang merupakan wujud persatuan dan kesatuan anak bangsa yang kaya akan keragaman budaya.

Tzu Chi Palembang juga ikut berpartisipasi dalam Perayaan Cap Go Meh, 21-23 Februari 2024. Kali ini Tzu Chi Palembang memperkenalkan tentang Yayasan Buddha Tzu Chi dan Makanan Vegetarian. Kegiatan ini berlokasi di Pulau Kemaro, 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. Sebanyak 65 relawan Tzu Chi ikut dalam Perayaan Cap Go Meh dengan membuka berbagai stan yaitu stan jing si, sosialisasi, roda Dharma, dan makanan vegetarian.

Rosaline, relawan Tzu Chi melayani para pengunjung yang hendak bermain Roda Dharma.

Banyak warga yang berkunjung ke stan Tzu Chi salah satunya Jason Gunawan yang sudah mengenal Tzu Chi sejak 2011. “Awal mengenal Tzu Chi waktu itu pada tahun 2011 saya diajak sosialisasi Tzu Chi di Royal Asia Hotel. Sosialisasi Tzu Chi di Pulau Kemaro sangat saya apresiasi karena dapat mengajak orang untuk berbuat baik karena yang namanya berbuat baik selalu memberikan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat.”

Stan Tzu Chi juga kedatangan Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo S.I.K. dan Kapolrestabes Palembang Kombes. Pol. Harryo Sugihhartono, S.I.K., M.H. Keduanya mengapresiasi hadirnya Tzu Chi Palembang di Perayaan Cap Go Meh.

Kombes. Pol. Harryo Sugihhartono  mengagumi nikmatnya Mie DAAI.

“Saya sudah sering berkomunikasi dengan pihak Tzu Chi bukan hanya ini saja Tzu Chi juga banyak sekali kegiatan sosial, bakti kesehatan. Saya sangat kagum dengan Tzu Chi, mudah-mudahan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan mulia untuk membantu sesama.” Ujar Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo S.I.K.

“Sejak siang kami sudah persiapan apel pengamanan Perayaan Cap Go Meh ini dengan personil yang sudah disiapkan sebanyak 652 personil untuk menyukseskan perayaan ini. Saya sangat terimakasih dengan Tzu Chi, dengan adanya sentuhan sosial dari Tzu Chi harapan kami bisa terus berkelanjutan.” Ujar Kombes. Pol. Harryo Sugihhartono, S.I.K., M.H.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bingkisan Imlek Bagi Warga Prasejahtera di Makassar

Bingkisan Imlek Bagi Warga Prasejahtera di Makassar

20 Januari 2022

Sebagai bentuk kepedulian kepada keluarga prasejahtera Tionghoa di masa pandemi Covid-19 dan dalam rangka Imlek, Tzu Chi Makassar membagikan 650 paket bantuan.

Membersihkan Rumah Batin, Menyambut Tahun Baru Imlek

Membersihkan Rumah Batin, Menyambut Tahun Baru Imlek

27 Januari 2015 Para relawan dari berbagai He Qi di Jakarta membersihkan rumah batin Aula Jing Si dalam menyambut pergantian tahun baru Imlek. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan selama dua hari yaitu pada Sabtu, 24 Januari 2015 dan Minggu, 25 Januari 2015.
Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

09 Januari 2023

Jelang perayaan Imlek 2023, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 90 paket Imlek kepada umat Wihara Khema, Pecah Kulit, Jakarta Barat terutama warga prasejahtera yang akan merayakan Tahun Baru Imlek.

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -