Mengerjakan Kebaikan Sekecil Apapun dengan Tulus Akan Menjadi Berkah

Jurnalis : Johan (He Qi Pusat) , Fotografer : Yo Sai Hwa, Susi Christine, Johan (He Qi Pusat)

Para relawan merapikan seprai di ruangan yang akan ditempati para peserta Training 4 in 1.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia beberapa tahun terakhir menyebabkan Pelatihan 4 in1 selalu diadakan secara daring. Namun pada tahun ini, tepatnya akhir pekan ini, tanggal 11 – 12 Maret 2023, Pelatihan 4 in1 dapat dilaksanakan secara tatap muka di Tzu Chi Center Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Sementara itu karena sudah lama tak digunakan, ruangan penginapan untuk Pelatihan 4 in1 pun sangat perlu untuk dibersihkan. Pada 4 Maret 2023, para relawan dari komunitas He Qi Pusat menggarap ladang berkah ini. Sebanyak 37 relawan dari komunitas He Qi Pusat mendapat ladang berkah di Gedung Gan En lantai 6.

Para relawan mendistribusikan seprai ke setiap kamar yang telah dibersihkan.

Bong Phi Fong memberi contoh bagaimana melipat kasur yang baik dan rapi.

Bertindak sebagai koordinator kali ini adalah Bong Phi Fong dibantu oleh Yo Sai Hwa. Sebelum mulai ada sekilas briefing bagaimana membersihkan kamar yang berdebu, memasang seprai dengan benar, melipat seprai serta menyimpan kembali ke dalam lemari. Relawan dibagi dalam kelompok lebih kecil, yang masing-masing mengerjakan tugas yang telah disepakati. Tanpa membuang waktu, para relawan segera mengerjakannya dengan bersungguh hati.

“Bahagia rasanya bisa kembali berkegiatan di Jing Si, apalagi begitu banyak relawan yang datang membantu terasa banget keharmonisan dan kekompakan antar relawan, tidak masalah mengerjakan apapun selama masih dapat bersumbangsih sudah gembira hati,” kata Bong Phi Fong.

Selain kamar tidur, toilet dan wastafel pun turut dibersihkan oleh para relawan.

Eliana dan Wito anaknya dibimbing relawan memasang seprai di kasur yang sudah disediakan.

Perasaan yang sama dirasakan Eliana (62) yang baru pertama kali ikut kegiatan ini. Eliana datang bersama anaknya, Wito. Walaupun baru pertama kali, mereka turut membersihkan ruangan penginapan dengan gembira bisa berbaur dengan para relawan, dan dengan penuh kekompakan. Ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka berdua.

Kurniawati mendapat ladang berkah mengepel lantai kamar yang akan diinap relawan peserta training.

Adapun bagi Kurniawati, kesungguhan dan ketulusan hati membuat pekerjaan terasa ringan dan cepat selesai. “Bisa membantu dan bersumbangsih, bisa memberikan manfaat kenyamanan para relawan nanti saat menjalankan training 4 in 1. Semua orang di sini juga terlihat bersungguh hati semua walau lelah tetap semangat,” tutur Kurniawati, salah satu relawan.

Editor: Khusnul Khotimah  

Artikel Terkait

Membersihkan Rumah Batin, Menyambut Tahun Baru Imlek

Membersihkan Rumah Batin, Menyambut Tahun Baru Imlek

27 Januari 2015 Para relawan dari berbagai He Qi di Jakarta membersihkan rumah batin Aula Jing Si dalam menyambut pergantian tahun baru Imlek. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan selama dua hari yaitu pada Sabtu, 24 Januari 2015 dan Minggu, 25 Januari 2015.
Menyambut HUT Tzu Chi Indonesia Dengan Cara yang Berbeda

Menyambut HUT Tzu Chi Indonesia Dengan Cara yang Berbeda

19 September 2022

Dalam rangka memperingati hari Tzu Chi Indonesia yang jatuh pada bulan September 2022, 380 relawan dari seluruh komunitas di Jakarta dan Tangerang beserta staf badan misi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV melaksanakan kegiatan bersih-bersih Aula Jing Si.

Wujud Kasih Menyambut Saudara Jauh

Wujud Kasih Menyambut Saudara Jauh

15 Oktober 2015 Mengawali bulan Oktober, 24 relawan Tzu CHi Hu Ai (komunitas) Kelapa Gading, 3 relawan Hu Ai PGC, Jakarta Timur, dan 20 relawan Tzu Chi binaan kampung Cilincing, Jakarta Utara melakukan kegiatan bersih-bersih Aula Jing Si, Tzu Chi Center.
Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -