Menggenggam Kesempatan Bersumbangsih

Jurnalis : Purwanto (Tzu Chi Tj. Balai Karimun), Fotografer : Yogie Prasetyo, Sunaryo (Tzu Chi Tj. Balai Karimun)

Dengan penuh antusias, peserta yang mendonorkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan. Petugas PMI mengalirkan darah mereka dengan hati-hati.

Kesempatan untuk bisa bersumbangsih belum tentu datang untuk kedua kalinya, oleh karena itu janganlah  menyia-nyiakan kesempatan untuk membantu orang lain. Bersumbangsih dapat dilakukan siapa saja yang mempunyai kemauan dan niat untuk membantu sesama yang membutuhkan. Niat untuk bersumbangsih saja belum cukup, tetapi harus dibarengi dengan sikap nyata untuk mewujudkan niat tersebut.

Pada tanggal 8 Maret 2015, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan donor darah. Cuaca saat itu cukup cerah dan bersahabat. Hal ini dapat menambah semangat relawan Tzu Chi dan anggota PMI untuk memulai aktivitas pagi itu. Mulai pukul 09.00 WIB, para pendonor sudah mulai berdatangan. Ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darahnya cukup tinggi. Sebanyak 36 pendonor berhasil menyumbangkan darahnya. Juga terdapat 5 petugas PMI dan 41 relawan Tzu Chi.

“Saya sangat senang bisa donor darah di hari Minggu ini. Hari ini merupakan pertama kali saya bisa donor darah. Sejak saya usia 19 tahun, sebenarnya saya sudah ingin donor darah, tetapi tidak bisa. Jika HB (Hemoglobin) mencukupi, berat badan saya kurang demikian pula sebaliknya,” tutur Setiyarini, salah satu pendonor. Pada awalnya wanita 29 tahun ini merasa takut untuk melakukan donor darah, tetapi dia mempunyai prinsip bahwa kesempatan ini  merupakan kesempatan yang sangat bagus dan belum tentu datang lagi di hari berikutnya. Setiyarini pun mempunyai keyakinan bahwa donor darah yang diberikan ke PMI pasti dapat membantu orang yang membutuhkan tranfusi darah.

Sebelum mendonorkan darah, para pendonor melakukan pemeriksaan awal dengan tensi darah dan cek HB (Hemoglobin). 


Disela-sela mengantri, relawan saling berbagi dengan para pendonor di kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun pada tanggal 8 Maret 2015.

Afni (33) salah satu staf UDD (Unit Donor Darah) yang bertugas di hari itu ingin mengungkapkan beberapa hal tentang donor darah. “Untuk kegiatan donor darah di Tzu Chi ini sudah bagus, karena rutin dan hasil untuk donor darahnya pun cukup banyak. Tetapi, untuk kesadaran masyarakat secara umum tentang berdonor darah di Karimun masih kurang,” tuturnya. “Biasanya untuk mendapatkan persediaan darah di PMI maupun di RSUD Karimun, berasal dari Instansi-instansi pemerintah maupun warga yang datang ke PMI, tetapi jumlahnya terbatas. Ini karena dari instansi biasanya hanya sekali saja dalam setahun yaitu saat ulang tahun instansi tersebut,” ungkap Afni.

Dari pengalaman Afni yang sudah bekerja selama 13 tahun di RSUD Karimun, dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus berusaha menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mau melakukan donor darah untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Banyak dari keluarga pasien-pasien yang ditangani Afni jika membutuhkan darah, maka mereka langsung meminta bantuan kepada Tzu Chi. “Sebenarnya untuk menumbuhkan kesadaraan masyarakat tentang donor darah banyak caranya. Selain dengan cara sosialisasi kepada masyarakat, jika ada pasien yang meminta bantuan donor darah ke Tzu Chi Karimun sebanyak 5 kantong, sebaiknya Tzu Chi memberikan 3 kantong saja. Sisanya 2 kantong dari pihak keluarga, kerabat, maupun teman-teman yang mempunyai golongan darah yang sama,” tukas wanita yang telah bekerja belasan tahun ini. “Tetapi, untuk kebutuhan tranfusi darah yang mendesak seperti kasus kecelakaan dan melahirkan memang harus secepatnya ditangani. Jika pihak  keluarga memang tidak ada golongan darah yang sama, boleh meminta bantuan Tzu Chi secara sepenuhnya,” imbuhnya.

Melalui kegiatan donor darah ini diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat menumbuhkan kesadaran untuk donor darah. Setetes darah penyelamat jiwa, itulah kata-kata yang harus kita ingat. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi orang lain.


Artikel Terkait

Kekuatan Kebajikan dan Semangat Kemanusiaan di Tengah Pandemi

Kekuatan Kebajikan dan Semangat Kemanusiaan di Tengah Pandemi

16 September 2020

Kekuatan kebajikan dan semangat kemanusiaan di tengah pandemi mendorong banyak hati dari berbagai pihak bersama Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah pada Minggu, 6 September 2020. Donor darah kali ini bekerjasama dengan PMI Palembang, Paguyuban Masyarakat Anxi Sumsel, dan Paguyuban Marga Yap.

Mengikuti Donor Darah bersama Tzu Chi Biak

Mengikuti Donor Darah bersama Tzu Chi Biak

13 Maret 2017

Hari itu sebanyak 52 kantong darah bisa dikumpulkan dalam baksos donor darah yang digelar Tzu Chi Biak. Setelah mendonorkan darah, para pendonor menikmati makan siang vegetarian yang telah disiapkan para relawan.

Donor Darah Jadi Rangkaian Menyambut HUT Ke-16 DAAI TV Indonesia

Donor Darah Jadi Rangkaian Menyambut HUT Ke-16 DAAI TV Indonesia

23 Agustus 2023

DAAI TV Indonesia menyelenggarakan donor darah dalam rangkaian HUT ke-16 DAAI TV Indonesia yang jatuh pada 25 Agustus 2023. HUT ke-16 tahun DAAI TV ini bertajuk “16 Tahun Perjalanan Cinta Kasih DAAI TV.” 

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -