Menghibur Oma dan Opa di Panti Jompo

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Leo Rianto, Soit (Tzu Chi Medan)

Relawan berkunjung ke Panti Jompo Guna Budi Bakti, memberikan kehangatan kepada oma dan opa seperti keluarga sendiri.

Para relawan Tzu Chi Medan mengunjungi Panti Jompo Guna Budi Bakti, (23/2/2024) yang dihuni oleh 84 oma opa beserta para pengurus. “Kami relawan Tzu Chi hadir ke sini menghibur dan menyediakan makanan sehat dari Taiwan, dari Jing Si Taiwan, apakah Akong ma senang?” Tanya Lim Hui Mei menyapa oma dan opa.

“Sangat senang..” jawab para oma dan opa.

“Kami sangat berterima kasih, kami diberi kesempatan untuk berbagi dengan Akong Ama merayakan Imlek di panti ini…” jelas Lim Hui Mei.

“Kami sangat bersyukur, berterima kasih kepada Shixiong Shijie yang telah meluangkan waktu mengunjungi kami,” ujar Aan, salah satu pengurus panti.

Sylvia dan Lim Hui Mei menjelaskan dan menyerahkan buku Master Cheng Yen kepada salah satu penghuni panti jompo yang kebetulan sangat gemar membaca.

Suka cita tampak di wajah relawan dan para oma dan opa saat menyanyikan lagu Imlek.

Karena masih dalam suasana Imlek, para relawan menghibur oma dan opa dengan mengajak mereka bernyanyi lagu-lagu khas Imlek. Tak ketinggalan “Dewa Rejeki” turut membagikan angpau.

Opa Effendi (77) yang sudah 12 tahun tinggal di panti sangat pandai berbahasa Inggris. Dulu ia memang seorang guru Bahasa Inggris. Salah satu hobinya adalah membaca buku. Kunjungan relawan Tzu Chi membuatnya sangat gembira.

“Kedatangan relawan ini telah mencerahkan kehidupan kita. Kita terhibur dan kita merasa sangat syukur Tzu Chi datang kemari. Saya tahu Tzu Chi ini punya amal dan perbuatan yang selalu menolong orang yang menderita. Hanya Tuhanlah yang bisa membalas kebaikan mereka,” tuturnya.

Tampak seorang oma begitu bahagia dikelilingi para relawan.

Pekan sebelumnya, para relawan juga telah mengunjungi beberapa panti jompo lainnya. Ada Panti Jompo Fo Shi An di Pantai Labu, Panti Jompo Harapan Jaya Titi Papan, Panti Jompo Hisosu, dan Panti Jompo Upekkha. Para relawan menyalurkan 233 paket bantuan yang tiap paketnya berisi bubur jingsi, teh jingsi, oatmeal, kacang-kacangan, biskuit dan DAAI Mi. Untuk oma opa yang suka membaca, juga diberikan beberapa buku tentang Master Cheng Yen.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Karena di Mana Ada Kesulitan, di Situ Ada Pertolongan

Karena di Mana Ada Kesulitan, di Situ Ada Pertolongan

17 Maret 2021

Sudah dua tahun Pak Rahmat (68) tak bisa melihat karena glaukoma. Meski demikian, semangat hidupnya tak luntur. Selain itu, Pak Rahmat selalu berpikir positif dan selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. 

Kunjungan Kasih untuk Para Lansia di Kampung Bermai

Kunjungan Kasih untuk Para Lansia di Kampung Bermai

06 Februari 2024

Menempuh perjalanan darat selama 2,5 jam, para relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat, Kalimantan Timur memberikan perhatian bagi 40 lansia yang tinggal di Kampung Bermai.

Memberi Perhatian Kepada Opa dan Oma di Panti Jompo

Memberi Perhatian Kepada Opa dan Oma di Panti Jompo

12 Maret 2024
Kelas Budi Pekerti Tzu Chi Medan mengadakan kunjungan kasih ke Panti Jompo Taman Bodhi Asri di kota Medan, menyapa Opa dan oma penghuni panti di sana, mengucapkan doa dan harapan.
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -