Mengikuti Donor Darah bersama Tzu Chi Biak

Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo (Tzu Chi Biak)

doc tzu chi

Tzu Chi Biak mengadakan Baksos Donor Darah pada Sabtu, 4 Maret 2017. Dalam kegiatan ini para relawan juga memperagakan isyarat tangan.

Suasana masih sepi pagi itu, tapi para relawan sudah bergegas ke kantor Tzu Chi penghubung Biak. Mereka menyiapkan segala keperluan untuk kegiatan donor darah.  Relawan yang bertanggung jawab di bagian komsumsi, sudah lebih dulu datang. Mereka memotong sayur, memasak nasi, dan merebus telur yang akan disajikan bagi peserta.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Biak Numfor, Tzu Chi Biak mengadakan Baksos Donor Darah. Kegiatan pada Sabtu, 4 Maret 2017 ini digelar di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Biak. Tampak para warga, juga relawan mengikuti donor darah ini. Dalam kegiatan ini, relawan Tzu Chi juga memperkenalkan isyarat tangan berjudul Satu Keluarga. Relawan Tzu Chi Biak ingin para peserta donor darah selalu ingat bahwa Tzu Chi tidak membeda-bedakan harkat dan martabat sosial dalam berkegiatan di masyarakat.

Para relawan juga berkesempatan untuk mendonorkan darahnya.


Para prajurit TNI juga semangat mengikuti donor darah.

Hari itu sebanyak 52 kantong darah bisa dikumpulkan. Setelah mendonorkan darah, para pendonor menikmati makan siang vegetarian yang telah disiapkan para relawan. Relawan Yeni Afrida, yang bertugas di bagian komsumsi senang melihat para peserta donor darah menikmati apa yang sudah Ia masak bersama relawan lainnya. Ia makin bahagia lagi karena berkesempatan untuk berdonor.

“Walaupun sudah dari pagi di dapur untuk menyiapkan makanan, tapi masih sempat mendonorkan darah. Bahagia sekali,” ujarnya.

Editor : Khusnul Khotimah



Artikel Terkait

Donor Darah di Bulan Penuh Berkah

Donor Darah di Bulan Penuh Berkah

15 Agustus 2011
Dengan adanya bantuan dari TIMA yang telah berpengalaman dalam bidang kesehatan, diharapkan jumlah kantung darah yang terkumpul dapat membantu menambah kekurangan stok kantung darah di PMI, terutama untuk golongan darah yang langka seperti A dan AB.
Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Sosialisasi Donor Darah

Membangkitkan Cinta Kasih Melalui Sosialisasi Donor Darah

15 Juni 2017

Relawan Tzu Chi di Pekanbaru turut menyukseskan kegiatan donor darah yang digelar Unit transfusi darah (UTD) PMI Kota Pekanbaru selama bulan puasa. Kegiatan ini merupakan lahan pelatihan bagi relawan Tzu Chi.

Semangat Berbagi melalui Donor Darah

Semangat Berbagi melalui Donor Darah

12 Juni 2012 Minggu, 27 Mei 2012, pada pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB, menjadi hari yang membahagiakan bagi relawan He Qi Selatan, karena untuk pertama kalinya diadakan Kegiatan Donor Darah di Jing Si Books and Cafe Blok M Plaza.
Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -