Mengubah Rasa Bersyukur Menjadi Berkah

Jurnalis : Christine Desyliana (He Qi Barat 1), Fotografer : Sjafini Widjaja, Karlina, Djoei Tjhai Ha (He Qi Barat 1)

Henny Wang memberikan ajakan dan motivasi kepada para penerima bantuan secara langsung selama 40 menit.

“Menciptakan berkah berarti mendatangkan berkah, dengan membuka pintu hati, nasib baik akan menyertai Anda.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Banyak orang tidak menyadari bahwa hidup damai dan tenteram di Bumi ini, merupakan suatu berkah. Bahkan mungkin, ada sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka dipenuhi berkah, apalagi saat mengalami banyak masalah hidup ataupun berjuang menyembuhkan penyakitnya.

Tetapi, Master Cheng Yen, selaku pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi selalu berupaya memberitahu kepada relawan Tzu Chi di berbagai negara bahwa, “Semua bergantung pada pikiran kita. Ketika kita menyadari bahwa hidup damai dan tenteram merupakan suatu berkah, maka kita akan tahu bersyukur. Ketika kita memiliki rasa syukur, maka selamanya kita akan merasa puas dan hati yang mengenal rasa puas akan membawa berkah.”

Masing-masing penerima bantuan bergantian menerima barang bantuan dari relawan Tzu Chi.

Hal ini juga disampaikan oleh relawan Tzu Chi di kegiatan Gathering Gan En Hu (penerima bantuan) di Komunitas He Qi Barat 1 pada Minggu, 3 Juli 2022. Kegiatan ini adalah bagian dari misi amal Yayasan Buddha Tzu Chi yang rutin diadakan pada Minggu pertama tiap bulannya dan berlokasi di Aula lantai 2, Gedung B, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat. Adalah Henny Wang yang dipercayai untuk memberikan informasi yang memotivasi penerima bantuan Tzu Chi secara langsung selama 40 menit.

Henny Wang mengajak setiap orang untuk selalu mensyukuri apapun yang telah dimiliki, karena tidak ada yang sempurna di dunia dan setiap kita memiliki kelebihan, pun kekurangan. Ketika orang bersyukur, ia akan lebih tenang dan dapat berpikir jernih, maka ia pun akan melihat peluang yang dapat dikembangkan.

“Oleh karena itu, mulai dari mana? Mulailah dari Bersyukur. Yuk, Kita mulai ciptakan kesadaran untuk bersyukur, naikkan energi positif, lihat peluang, fokuskan pada apa yang dapat kita lakukan,” tutur Henny Wang di hadapan 60 penerima bantuan yang hadir, “apa pilihan positif yang dapat Anda lakukan saat ini? Memasak, membuat kerajinan, bekerja, mengajar, membantu, atau apa? Hanya Anda yang tahu jawabannya.”

Barang bantuan untuk penerima bantuan yang sudah disiapkan dengan rapi oleh relawan Tzu Chi.

Salah seorang penerima bantuan bersiap-siap pulang ke rumah setelah menghadiri kegiatan dan menerima barang bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Selain mendapatkan informasi yang edukatif, penerima bantuan juga dilatih untuk selalu berpikir positif dan melihat ke dalam diri. Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk menggali potensi yang dimiliki sehingga bisa dijadikan peluang untuk membuat hidup mereka menjadi penuh berkah dan menjadi lebih baik walaupun mungkin saat ini ada masalah yang harus diatasi.

“Setelah menerima bantuan, kita harus optimis dan bangkit untuk mengubah penderitaan menjadi berkah, dari bersyukur menjadi berkah. Bersama kita pasti bisa,” lanjut Henny Wang memotivasi para penerima bantuan sehingga timbul semangat dan syukur pada diri mereka.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Kehangatan Sebuah Keluarga

Kehangatan Sebuah Keluarga

21 Januari 2015 Gathering Gan En Hu memang merupakan kegiatan rutin tetapi relawan Tzu Chi Batam selalu berusaha menciptakan atmosfir kehangatan keluarga antara relawan dan para gan en hu.
Perayaan Natal Sekaligus Gathering Gan En Hu di Tzu Chi Batam

Perayaan Natal Sekaligus Gathering Gan En Hu di Tzu Chi Batam

18 Desember 2023

Perayaan Natal sekaligus Gathering Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) di Batam berlangsung penuh sukacita sekaligus haru. Acara di Aula Jing Si Batam ini dihadiri 247 Gan En Hu.

Gathering Gan En Hu : Perayaan Natal dan Toleransi Beragama

Gathering Gan En Hu : Perayaan Natal dan Toleransi Beragama

16 Desember 2016

Selain membagikan bantuan biaya hidup dan pendidikan kepada penerima bantuan, relawan juga merayakan Hari Natal dengan membagikan bingkisan Natal kepada umat Nasrani dalam kegiatan gathering Gan En Hu pada 11 Desember 2016.

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -