Menjadi Relawan, Ungkapan Rasa Syukur Christina

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Christina mendampingi murid-murid Kelas Teratai menuangkan celengan bambu, Minggu 2 April 2023.

Christina Santosa (45) merupakan satu dari sekian banyak orang yang mulanya dibantu Tzu Chi, kemudian menjadi relawan. Keinginan untuk menjadi relawan itu datang dari dirinya sendiri. Apalagi Tzu Chi sudah membantu biaya pendidikan kedua anaknya, Florenza dan Natalia, selama tiga tahun terakhir ini.

“Memang saya sudah niat. Pertama karena Tzu Chi kan sudah banyak membantu saya, saya juga ingin bisa bantu orang lain. Biar pun saya tidak bisa membantu berupa uang atau berupa barang, saya bisa membantu tenaga dan waktu,” kata Christina.

Sudah banyak kegiatan Tzu Chi yang Christina ikuti. Saat Tzu Chi Indonesia gencar menyalurkan paket sembako bagi masyarakat yang kekurangan, ia ikut membantu penempelan stiker. Di Kelas Teratai yang digelar komunitas relawan He Qi Pusat, ia juga sangat cekatan membantu, seperti menyambut kedatangan Anak Asuh dan memberikan kantong sepatu, hingga memilah barang daur ulang yang dibawa Anak Asuh.

Christina merapikan barang daur ulang yang siap dipilah. Dengan menjadi relawan, hati Christina merasa lebih tenang karena dapat membantu orang lain.

Di Kelas Teratai yang digelar setiap awal bulan ini, kedua anaknya juga datang. Di Kelas Teratai, para Anak Asuh, sebutan untuk anak-anak yang dibantu biaya pendidikan, diberikan berbagai materi terkait budi pekerti. Christina pun sembari belajar dari materi berbobot yang dibawakan para mentor. Karena itu, banyak perubahan pada sikap Christina, yang sebelumnya mudah sekali marah kepada anaknya, kini jadi sangat sabar. Kedua anaknya pun semakin menghargai jerih payah kedua orang tuanya dalam membesarkan mereka.

Untuk mengais rezeki, Christina bekerja serabutan seperti membantu menjualkan produk makanan melalui sistem pre order (PO). Ia juga mendapat upah dari saudaranya saat membantu memasak penganan tradisional, bakcang. Sementara suami Christina bekerja sebagai pengemudi ojek daring.

Dari kanan, Ria, koordinator Kelas Teratai, lalu ada Christina yang diapit kedua anaknya Florenza dan Natalia, juga ada Denasari, yang sangat mendukung Christina menjadi relawan Tzu Chi.

Para relawan Tzu Chi, seperti Denasari yang bertanggung jawab pada bantuan Anak Asuh sangat mendukung Christina yang terinspirasi menjadi relawan. Memang inilah yang diharapkan, dari penerima bantuan kemudian menjadi relawan, yang bergantian membantu orang lain.

“Membantu itu kan luas pengertiannya. Dalam hal ini ia membantu dengan tenaga dan pikiran. Semoga bisa memotivasi orang tua yang lain juga,” kata Denasari.

Denasari masih ingat sekali, ketika Christina mengajukan bantuan pendidikan untuk anaknya, anaknya yang pertama saat itu masih kelas 5 SD dan kini sudah kelas 2 SMP. Saat itu keluarga ini mesti tinggal di Bekasi untuk merawat mertua Christina yang sakit. Baru akhir-akhir ini keluarga Christina kembali tinggal di Johar Baru, Jakarta Pusat.

Saat Tzu Chi menyalurkan bantuan paket sembako bagi masyarakat kurang mampu di masa pandemi Covid-19, Christina juga ikut serta menjadi relawan.

“Pertama yang dibantu satu dulu yakni anak pertama. Saat masa pandemi kan kehidupan ekonomi agak sulit, dia minta tolong untuk anak yang kedua. Anak kedua sekarang kelas 6 SD. Saya lihat anaknya rapotnya juga bagus. Dua-duanya bagus. Anaknya di samping pintar, Shijie Cristine juga sangat peduli dengan anaknya,” kata Denasari.

Denasari berpesan pada Christina untuk terus semangat menemani kedua anaknya dalam menggapai cita-citanya. Juga terus semangat bersumbangsih tenaga dan juga waktu dalam kegiatan kemanusiaan Tzu Chi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Tekad Gan En Hu Menjadi Relawan Daun Bodhi

Tekad Gan En Hu Menjadi Relawan Daun Bodhi

27 Mei 2014 Bulan Mei yang merupakan bulan istimewa bagi insan Tzu Chi telah tiba. Pada bulan ini insan Tzu Chi merayakan tiga hari penting sekaligus yakni Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia. Perayaan ini dilakukan setiap tahunnya di minggu kedua bulan Mei. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut bulan istimewa.
Mengantarkan Kebahagiaan

Mengantarkan Kebahagiaan

11 Agustus 2020
Selama pandemi virus corona, umumnya bantuan bulanan dikirim melalui ojek daring, namun ada beberapa Gan En Hu yang karena kondisi tertentu, jatah bantuannya dikirim langsung. Seperti Oma Lily (65) yang tak punya rekening bank. Bantuan biaya hidup beserta DAAI Mi pun diantar langsung oleh Ng Jan Njoek atau yang biasa disapa Ayen, relawan He Qi Utara 2. 
Menyambut Kepulangan Gan En Hu dengan Rasa Syukur

Menyambut Kepulangan Gan En Hu dengan Rasa Syukur

11 Januari 2018

Pemberkahan Akhir Tahun yang digelar Tzu Chi Tebing Tinggi, memberi makna mendalam bagi para relawan, juga para penerima bantuan. Suasana keakraban dan kekeluargaan sangat terasa.

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -