Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Banjar Sugihan Melalui Pembagian Paket Sembako

Jurnalis : Diyang (Tzu Chi Surabaya) , Fotografer : Diyang, Ida, Sheila, Shopie, Supini, Yusuf (Tzu Chi Surabaya)
Relawan Tzu Chi berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Banjar Sugihan sebelum pembagian paket bantuan.

Tzu Chi Surabaya bekerja sama dengan Koramil 05/0830 Balongsari membagikan 200 paket sembako bagi warga kurang mampu di Kelurahan Banjar Sugihan, Tandes, Surabaya, Minggu 21 November 2021.  Pagi-pagi sekali, para relawan Tzu Chi telah tiba di Kantor Kelurahan Banjar Sugihan untuk berkoordinasi dengan Lurah dan Babinsa Balongsari.

Pembagian paket sembakonya sendiri berlangsung pukul 08.30 WIB. Sebelumnya kupon terlebih dulu dibagikan secara door to door agar para relawan dapat berinteraksi langsung dengan penerima bantuan. Selain itu relawan juga dapat menjalin jodoh baik untuk ke depannya bila ada penerima kupon yang berhak untuk mendapat bantuan lanjutan.

Penyerahan paket sembako dan masker di Kelurahan Banjar Sugihan.

Relawan bersama ketua RT setempat berjalan dengan membawa beras menuju rumah penerima bantuan.  

Belasan relawan Tzu Chi mengendarai motor bersama anggota Babinsa Balongsari menyusuri perkampungan padat penduduk ini. Tak jarang beberapa relawan yang belum pernah dibonceng dengan motor merasa kesusahan. Jalan yang sempit dan akses tranportasi yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki tak menyurutkan semangat relawan untuk membagikan paket sembako ini.

Tak lama warga penerima bantuan pun berdatangan memenuhi halaman di Kelurahan Banjar Sugihan. Mereka berasal dari 5 RW dan satu kampung kumuh yang berada di sekitar Balongsari, Tandes. Para relawan membagikan paket bantuan yang berisi beras dan masker ini dengan penuh welas asih. Sementara para penerima bantuan menerimanya dengan senyum dan hati gembira.

Sementara itu sebanyak 21 relawan dibagi lagi untuk membagikan paket bantuan ke beberapa lokasi dan kampung kumuh, ditemani ketua RT setempat. Tak hanya harus melewati jalan yang sulit, relawan juga mengangkat langsung beras yang akan diberikan kepada penerima dengan cinta kasih.

Pembagian kupon ditemani ketua RT dan anggota Babinsa.

Para relawan membagikan paket bantuan dengan penuh welas asih.

Seperti Sri Lestari, yang selama beberapa tahun ini merawat Samiati, tetangganya dengan penuh cinta kasih. Samiati lumpuh karena terjatuh dan hidup seorang diri. 

Relawan datang memberikan bantuan beras dan masker untuk kebutuhan makan Samiati, agar Sri Lestari juga merasa ringan karena bantuan dari Tzu Chi.

“Saya terima kasih telah dibantu dalam bentuk sembako, saya enggak perlu uang untuk merawat Mbah Samiati, yang penting meringankan saya merawat beliau,” Ujar Sri Lestari.

 
Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Perhatian Tzu Chi Sinar Mas pada Para Penyandang Tunanetra

Perhatian Tzu Chi Sinar Mas pada Para Penyandang Tunanetra

12 Mei 2020

Tzu Chi Sinar Mas mengulurkan tangan bagi teman-teman tunanetra yang saat ini kesulitan mencari nafkah dampak dari wabah corona. Pada 8 Mei 2020, Tzu Chi Sinar Mas memberikan paket sembako cinta kasih kepada 127 keluarga tunanetra.

Bantuan Paket Sembako di Teluk Naga

Bantuan Paket Sembako di Teluk Naga

28 Juli 2020

Bekerja sama dengan Komando Operasi Angkatan Udara 1 (Koops AU 1), Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali membagikan 300 paket sembako di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Banjar Sugihan Melalui Pembagian Paket Sembako

Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Banjar Sugihan Melalui Pembagian Paket Sembako

26 November 2021

Tzu Chi Surabaya bekerja sama dengan Koramil 05/0830 Balongsari membagikan 200 paket sembako bagi warga kurang mampu di Kelurahan Banjar Sugihan, Surabaya.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -