Menjalin jodoh baik di Panti Asuhan Hati Bangsa

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi dan anak-anak penghuni panti menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuk anak yang berulang tahun di Desember 2022 dan Januari 2023.

Relawan Tzu Chi dari Komunitas He Qi Pusat Xie Li JB3 mengawali tahun 2023 dengan menjalin jodoh baik dengan Panti Asuhan Hati Bangsa di Jalan Jembatan Dua Raya , Pejagalan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu 07 Januari 2023. Kunjungan ini merupakan salah satu wujud kepedulian relawan Tzu Chi terhadap anak-anak penghuni panti.

Tiba di lokasi panti anak pada pukul 8 pagi, relawan disambut oleh 36 orang anak penghuni panti yang terdiri dari 27 oarang anak laki-laki dan sembilan orang anak perempuan. Panti anak ini diasuh oleh Mikas (ketua yayasan sekaligus pengurus Gereja City Vision Church Thamrin). Mikas di bantu oleh sepuluh orang pengurus.

"Saya sendiri berasal dari keluarga besar. Papa saya memiliki 14 anak dari dua orang istri. Saya mau membantu anak-anak untuk dan mengarahkan mereka. Hal ini yang mendorong saya membentuk Panti Asuhan Hati Bangsa, di sini selain tempat bernaung, makan dan pendidikan kami juga membekali mereka dengan keterampilan dan kedisiplinan 5R, yaitu Rapi, Rawat, Resik, Ringkas, Rajin untuk masa depan mereka," tutur Mikas.

Relawan Tzu Chi datang ke panti Asuhan Hati Bangsa untuk berbagi kebahagiaan bersama dalam menyambut Imlek. Suasana keakraban relawan dan anak-anak bernyanyi bersama.

Relawan Tzu Chi juga memberi kebahagiaan dalam menyambut Imlek kepada pengurus panti dengan memberikan angpao imlek dan menerimanya dengan sukacita.

Kunjungan relawan Tzu Chi kali ini dengan merayakan ulang tahun salahsatu anak yang berulang tahun di bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Wajah-wajah ceria meliputi anak-anak dan relawan. Momen pemotongan kue ulang tahun dan pembagian angpau Imlek, serta makanan dan kue-kue untuk anak-anak menjadi kebahagiaan bagi relawan dan pengurus panti.

"Kebahagiaan Imlek lebih nikmat dan bermakna bersama anak-anak di sini, saya mengajak relawan dari komunitas JB3 untuk berbagi di sini (panti asuhan). Walaupun ga seberapa tetapi bagi mereka berarti sekali, apalagi anak di sini kan jauh dari daerah asal mereka. Biasa saya ke panti jompo tetapi kali ini direkomendasikan sama Melati untuk menjalin jodoh dengan anak-anak di sini;" ucap Florentina.

Siska (baju kuning) menerima angpao Imlek dengan penuh sukacita.

Relawan tzu Chi memberikan nasi kotak hangat untuk anak-anak dan para pengurus panti.

Siska (11) salahsatu penghuni panti yang sudah enam tahun mengaku senang atas kehadiran relawan Tzu Chi. "Senang rasanya tinggal di sini saya sudah tidak punya Papa Mama, saudara juga tidak punya, tetapi di sini saya punya banyak saudara rasanya." Ujar Siska dengan wajah bahagia. Anak-anak yang berada di panti ini berkisar di usia 9 hingga 18 tahun.

Walaupun tidak lama relawan Tzu Chi bersama anak-anak penghuni panti tetapi relawan sangat senang bisa berbagi cinta dan kasih. Tujuan Mikas membentuk Panti selaras dengan kata perenungan Master Cheng Yen "Lahan batin manusia bagaikan sepetak sawah jika tanahnya tidak ditebar dengan benih yang baik, juga tidak akan membuahkan hasil yang baik."

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menebarkan Cinta Kasih Di Panti Bussaina

Menebarkan Cinta Kasih Di Panti Bussaina

03 April 2023

Tzu Chi Lampung kembali berkunjung ke Panti Asuhan Bussaina di Labuhan Ratu, Kedaton, Lampung. Relawan Tzu Chi diterima langsung oleh Budi, Ketua Yayasan Panti Asuhan Bussaina.

Berbagi Kebahagiaan Natal di SLB Kasih Bunda

Berbagi Kebahagiaan Natal di SLB Kasih Bunda

26 Desember 2022

Berbagi kasih dan cinta dengan anak- anak yang membutuhkan, sebanyak 36 relawan Tzu Chi mengunjungi SLB Kasih Bunda, Jakarta Barat. Relawan mengajak anak-anak bermain bersama, menghibur, dan membagikan bingkisan cinta kasih.

Berbagi Kasih di Panti Asuhan Bhakti Luhur

Berbagi Kasih di Panti Asuhan Bhakti Luhur

02 Maret 2023

Tzu Ching Jakarta dan Tangerang melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Bhakti Luhur di Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan ini mengangkat tema “SarangHae” yang memiliki arti Sharing and Giving Happiness.

Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -