Menebarkan Cinta Kasih Di Panti Bussaina

Jurnalis : Junaedy Sulaiman, Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Hendri, Ivon (Tzu Chi Lampung)

Relawan Tzu Chi bersama  pengurus panti,  dan penghuni panti makan siang bersama yang dilanjutkan dengan bernyanyi bersama.

Relawan Tzu Chi Lampung kembali melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Bussaina di Labuhan Ratu, Kedaton, Bandar Lampung pada 18 Maret 2023. Relawan sangat antusias dan bahagia karena bisa kembali bermain bersama anak-anak penghuni panti.

Panti Asuhan Bussaina dihuni oleh 74 anak dari beragam usia, mulai dari bayi hingga mahasiswa. Bagi mereka yang bersekolah di tingkat SMP, SMA dan yang kuliah, secara bergilir membantu pengurus panti untuk mengurus anak-anak yang masih kecil.

Pada kunjungan ini relawan mendapati dua bayi yang belum lama dititipkan ke panti Asuhan Bussaina, satu berusia 2 pekan dan satu lagi berusia 1 bulan. Budi Ketua Yayasan Bussaina mengucapkan terima kasihnya atas kunjungan relawan Tzu Chi dan sekaligus menginformasikan keadaan dan kondisi Panti Bussaina.

Barlianto, menggendong Assegaf (7 bulan) salah satu balita penghuni Panti Asuhan Bussaina. Assegaf tumbuh dengan sangat baik, sehingga relawan Tzu Chi senang menggendongnya.

Mereka adalah anak-anak yang memang sengaja dititipkan dipanti ini. Ada yang melalui dinas sosial, datang langsung, dan ada yang dari Rumah Sakit. “Semua anak-anak di sini memiliki identitas yang lengkap, karena di sini kami juga memproses mereka secara administrasi. Kami memastikan anak-anak yang ada di panti Bussaina semuanya memiliki Identitas yang jelas,” jelas  Budi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung yang diwakili Bu Lis Linggarningsih atas kunjungannnya ke panti asuhan Bussaina. Kami di sini ada 74 anak keseluruhan, semoga silaturahmi bapak ibu dari Yayasan Buddha Tzu Chi akan terus terjalin dengana kami. Semoga bapak ibu semua senantiasa diberikan kesehatan dan umur panjang, Amin,” ucap Budi.

Panti Asuhan  Bussaina sangat mengedepankan kesehatan dan kenyamanan anak-anak. Tempat tinggal yang nyaman, pendidikan dari tingkat TK hingga perguruan tingi.

Anak-anak penghuni panti Bussaina seluruhnya sekolah, bahkan ada yang sudah di perguruan tinggi di universitas ternama di lampung. Budi memastikan bahwa anak-anak panti Bussaina terawat, terjaga dan terdidik dengan baik.

Relawan  Tzu Chi bersama pengurus dan anak-anak berkesempatan untuk berfoto bersama setelah relawan Tzu Chi menghibur dan memberikan kebutuhan yang di perlukn oleh anak-anak penghuni panti.

Pada kunjungan kasih ini sukarelawan juga membawa beberapa kebutuhan untuk anak-anak, seperti susu formula 7 kotak, diapers 2 ball, nasi kuning tumpeng 2, satu dus sandal jepit, babby stroller 1 unit, susu kotak cair 72 pcs, boneka 2 kantong, makanan ringan 100 pcs, air mineral 2 dus, jeruk 10kg, baju dan handuk ukuran sedang 10 pcs.

Para relawan pada kunjungan ini menghibur anak-anak dengan bernyanyi bersama dan menikmati makan siang dengan nasi tumpeng yang telah disiapkan. Anak- anak sangat bahagia dan menikmati makan siang dengan rasa syukur. Situasi ini  membuat relawan terharu karena kehadiran mereka memberikan sedikit kebahagiaan bagi anak-anak penghuni.

Pada acara sebelum makan siang bersama, anak-anak dan relawan Tzu Chi dan pengurus panti berdoa bersama yang dipimpin oleh seorang ustaz. “Semoga semua pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sehat selalu, panjang umur, bahagia, dan silaturahmi ini terus berlanjut, Amin,” Doa Ustaz sebelum makan siang bersama.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Berbagi Kasih di Panti Asuhan Bhakti Luhur

Berbagi Kasih di Panti Asuhan Bhakti Luhur

02 Maret 2023

Tzu Ching Jakarta dan Tangerang melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Bhakti Luhur di Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan ini mengangkat tema “SarangHae” yang memiliki arti Sharing and Giving Happiness.

Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

21 September 2022

Para Relawan Tzu Chi Makassar melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Al Iman, di Jalan Rajawali, Kota Makassar, Minggu 18 September 2022. 

Bermain dan Bergembira Bersama di Panti Asuhan

Bermain dan Bergembira Bersama di Panti Asuhan

27 Februari 2017
Minggu, 19 Februari 2017 relawan Tzu Chi untuk mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Yayasan Kasih Mandiri Bersinar yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -