Menjalin Keakraban Melalui Gathering Hu Ai

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Asriani (Tzu Chi Pekanbaru)
Para relawan bersumbangsih dan membunyikan gendang Jing Si.

Para relawan Tzu Chi Pekanbaru di Komunitas Hu Ai Selatan mengadakan gathering dengan tema ‘Sukacita dan Kebersamaan dalam keluarga besar Tzu Chi’. Acara pada Sabtu malam, 18 Februari 2023 ini dihadiri 52 relawan, mereka berkumpul di Kantor Tzu Chi Pekanbaru.

Dengan bertujuan menjalin keakraban di antara para relawan yang merupakan bagian dari keluarga besar Hu Ai Selatan, gathering ini dimulai dengan penghormatan kepada Master Cheng Yen, diikuti dengan sharing singkat oleh Flemming, relawan Tzu Chi.

Para relawan kemudian menyimak materi mengenai ‘Menyebarkan Dharma, Membawa Manfaat Bagi Semua Makhluk’, yang dibawakan oleh Valentina.

“Nepal adalah kampung halaman Sang Buddha. Dari yang Shixiong dan Shijie bisa lihat, kondisi Nepal saat ini sungguh berbeda. Karena itulah, sumbangsih Shixiong dan Shijie diperlukan untuk kembali membangun kampung halaman kita semua ini,” ujar Valentina.

Melalui gathering ini, para relawan bersama-sama menjalin tali persaudaraan di dalam keluarga besar Tzu Chi Pekanbaru.

Materi ini dibawakan untuk memberikan gambaran pada relawan mengenai kondisi kampung halaman Sang Buddha, sekaligus memberikan ladang berkah kepada relawan untuk berdonasi secara sukarela. Usai memberikan materi, para relawan dengan teratur maju dan memberikan donasi, kemudian menabuh gendang Jingsi sebagai bentuk doa.

Usai mendengarkan materi mengenai Nepal, para relawan kemudian menyaksikan penampilan isyarat tangan, yang dibawakan oleh tim isyarat tangan. Walaupun Imlek sudah berakhir, namun tim isyarat tangan tetap menampilkan isyarat tangan yang bertemakan Imlek untuk memeriahkan suasana.

Para relawan kemudian mendengarkan video ceramah dari Master Cheng Yen. Usai mendengarkan ceramah, para relawan melantunkan doa dengan tulus untuk mendoakan semua makhluk. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama agar para relawan dapat menjalin keakraban. Melalui gathering ini, para relawan dapat saling berkumpul kembali, bersama-sama menjalin tali persaudaraan di dalam keluarga besar Tzu Chi Pekanbaru.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Gathering Xie Li Tzu Chi Cabang Sinar Mas

Gathering Xie Li Tzu Chi Cabang Sinar Mas

10 Februari 2022

Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar gathering sukarelawan Xie Li 2021 secara daring pada Sabtu, 29 Januari 2022. Acara ini diikuti 1.792 peserta.

Gathering Akhir Tahun Relawan He Qi Pusat

Gathering Akhir Tahun Relawan He Qi Pusat

31 Desember 2014 Tanpa terasa tinggal hitungan jari  lagi tahun 2014 akan berakhir. Lembaran tahun 2015 akan segera menyongsong di depan mata kita. Ini berarti sudah hampir setahun, relawan He Qi Pusat telah melalui suka duka bersama di Tzu Chi.
Xie Li Gathering 2023 Tzu Chi Sinar Mas: Belajar Dengan Berbuat, Tumbuh Dengan Bersumbangsih

Xie Li Gathering 2023 Tzu Chi Sinar Mas: Belajar Dengan Berbuat, Tumbuh Dengan Bersumbangsih

15 November 2023

Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar Xie Li Gathering di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, 2-5 November 2023. 

Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -