Menjalin Kehangatan di Bulan Ramadan

Jurnalis : Suyanti Samad (He Qi Timur), Fotografer : Suyanti Samad (He Qi Timur)
Nenek Asyuroh (depan), menerima secara simbolis Paket Sembako Idul Fitri 2023 dari relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur.

Dengan senyum sumringah, Nenek Asyuroh (75) telah berdiri di antara para warga yang sedang mengantri dalam pengambilan paket sembako Idul Fitri. “Senang sekali, Alhamdullilah, gembira dapat bantuan. Ada 10 kg beras, mi instan. Bersyukur lima hari ke depan, tidak perlu beli beras. Mi instan direbus pakai sayur sawi,” kata Nenek Asyuroh yang tinggal bersama anaknya tidak jauh dari lokasi pembagian paket sembako di Mesjid Nur Aini, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Nenek Asyuroh berbagi cerita, seminggu yang lalu ia juga mendapat bantuan sembako dari Kelurahan Pegangsaan Dua RW 001. Ada minyak, gula, beras, sirup, dan bubuk kopi instan. Berkah pun datang kembali melalui sembako dari Tzu Chi.

Walau masih tinggal bersama anaknya, sehari-hari Nenek Asyuroh menyibukkan diri dengan mengumpulkan nasi sisa. Nasi tersebut ia cuci, jemur, dan jual kepada warga yang memelihara bebek setelah terkumpul satu karung. Walau hanya mendapat 70 ribu, Nenek Asyuroh sangat bersyukur mengisi hari-harinya. “Terkadang duduk di sini (lapangan bermain yang tidak jauh dari Mesjid Nur Aini) rame-rame,” jelas Nenek sepuluh cucu ini.

Melihat warga begitu bersukacita, Riri (41), selaku Ketua RW 001 Kelurahan Pegangsaan Dua, sangat bersyukur kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah membantu warganya dalam pemberian bantuan sembako menjelang lebaran. “Ini sangat bermanfaat sekali apalagi di saat ini, benar-benar susah sekali untuk mencari uang. Dengan adanya bantuan seperti ini sangat membantu bagi warga kami,” kata Riri yang turun menemani warganya menerima bantuan sembako Tzu Chi. “Untuk itu saya sangat appreciate bagi Yayasan Buddha Tzu Chi. Kami salut dan kasih dua jempol kepada Tzu Chi dengan memberikan bantuan sebanyak ini (425 paket sembako),” imbuhnya.

Dewi (berbaju merah muda), Ketua PKK RW 001 senang melihat warga yang datang mengambil bantuan sembako begitu antuasias.

Riri menjelaskan bahwa mayoritas warga di RW 001 adalah warga dengan perekonomian menengah ke bawah, “Ada yang di PHK, pengemudi ojek online, pengangguran, seperti itu. Jadi memang menengah ke bawah di wilayah ini.”

Rasa syukur dan terima kasih juga diutarakan oleh Dewi (58), Ketua PKK RW 001, “Alhamdullilah, warga sangat tertolong. Di bulan suci Ramadan ini, umat muslim banyak mengeluarkan zakat fitrah seperti beras ataupun uang. Untuk itu, bantuan ini sangat membantu warga,” ujar Dewi dengan penuh syukur. “Para relawan juga membantu mengangkat sembako dan mengantar warga. Salut kepada Tzu Chi,” imbuh Dewi.

Selain untuk warga RW 001, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur juga membagikan 368 paket beras kepada warga RW 013. Diantara warga yang sedang antre untuk menukarkan kupon dengan sembako Tzu Chi, terdapat Aan Johani (56), warga RT 001 RW 013. Sehari-hari Aan berjualan ketupat sayur di depan rumahnya sejak pukul 6 hingga 10 pagi, sampai dagangannya habis. Setelah itu, ia melanjutkan kerja sebagai pelayan di warung nasi, di sebelah rumahnya.

Ramdhani, sukarelawan sedang membantu membawa paket sembako Tzu Chi milik Aan Johani (56), warga RT 001 RW 013.

Di antara haru dan senang, Aan Johani sangat berterima kasih kepada Tzu Chi, “Kalau sekarang, sehari menghabiskan satu liter beras buat lima orang makan. Kalau lebaran, kadang pulang kampung, kadang tidak. Malam takbiran hanya kumpul di rumah. Hari pertama lebaran, saudara pada kumpul di rumah saja. Sembako ini sangat membantu,” kata Aan Johani.

Turut serta mendampingi warga untuk pengambilan paket sembako Idul Fitri, ada Hasbullah (54), Ketua RW 013, Kelurahan Pegangsaan Dua. Menurutnya bantuan sembako telah dibagi merata sesuai kondisi warga dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah yang kebanyakan bekerja sebagai buruh cuci gosok, kuli bangunan, dan pedagang kecil.

“Kami sangat berterima kasih. Dengan adanya bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi, sekiranya dapat meringankan beban masyarakat di sini. Bantuan ini sangat membantu warga kami. Kita sangat berterima kasih Tzu Chi selalu siap membantu warga masyarakat lainnya, baik warga RW 013, maupun di RW-RW lainnya,” ucap Hasbullah dengan penuh syukur atas kehadiran Tzu Chi ke wilayahnya.

Turut serta mendampingi warga untuk pengambilan paket sembako Idul Fitri, ada Hasbullah (54), Ketua RW 013, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menjalin Jodoh dan Memperkenalkan Tzu Chi di Wilayah Kelapa Gading
Tahun 2023 memberikan berkah bagi relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur, selain karena menempati kantor baru, relawan juga berkesempatan menjalin jodoh baik dengan warga Pegangsaan Dua dalam pembagian Paket Sembako Idul Fitri 2023. “Hari ini kami membagikan paket sembako di wilayah RW 001, RW 013, dan RW 005. Ini adalah titik awal perkenalan Tzu Chi untuk menjalin jodoh dengan warga di sini,” jelas Johan Kohar (70), Koordinator Pembagian Paket Sembako Idul Fitri 2023.

Warga Pegangsaan Dua sangat menyambut baik kehadiran Tzu Chi, mereka hadir sesuai dengan info yang diberikan pada waktu penerimaan kupon yang berlangsung pada Sabtu – Minggu, 1 dan 2 April 2023. Bersama para pengurus RT setempat, turut membantu mengarahkan warganya datang dan mengantri dengan tertib sehingga pelaksanaan Pembagian paket sembako berjalan dengan lancar.  

Penyerahan secara simbolis Tzu Chi kepada 5 perwakilan warga dari Yayasan Buddha Tzu Chi di Kantor RW 013, Pengangsaan Dua, Kelapa Gading.

“Mereka (warga) sangat antuasias sekali menyambut kedatangan relawan Tzu Chi. Ini adalah pertama kali pendistribusian bantuan ini dan merupakan perkenalan kami dengan mereka. Semoga jalinan jodoh akan panjang ke depan,” harap Johan Kohar.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menjalin Kehangatan di Bulan Ramadan

Menjalin Kehangatan di Bulan Ramadan

18 April 2023

Tahun 2023 memberikan berkah bagi relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur, selain karena menempati kantor baru, relawan juga berkesempatan menjalin jodoh baik dengan warga Pegangsaan Dua dalam pembagian Paket Lebaran.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -