Menjalin Tali Silaturahmi dengan Para Seniman Bangunan

Jurnalis : Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Mie Li (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)
Buka puasa bersama dengan para seniman bangunan di Kantor Tzu Chi ini dihadirin para seniman bangunan dan juga relawan.

Pembangunan Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun tak lepas dari peran dan kerja keras para seniman bangunan. Karena itu untuk mengapresiasi peran penting dan sebagai ungkapan terima kasih kepada mereka, Minggu, 9 April 2023, bertepatan di bulan suci Ramadan, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun menggelar acara buka puasa di Kantor Tzu Chi. Acara ini dihadiri 40 orang yang terdiri dari relawan beserta seniman bangunan.

Acara yang dimulai sekitar satu jam jelang adzan Maghrib ini dibuka oleh Sukmawati dan Listania selaku pembawa acara dengan sebuah pantun “Buah kurma sedap dimakan. Tak lupa sajikan sepiring mi. Acara buka puasa kita laksanakan. Untuk menjalin tali silaturahmi,” Tepuk tangan pun terdengar riuh.

Sukmawati memberi pengenalan tentang Tzu Chi.

Acara dilanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada Master Cheng Yen. Setelah itu para hadirin diajak menenangkan batin dan pikiran untuk menyaksikan tayangan Lentera Kehidupan Master Cheng Yen yang berjudul “Meringankan Penderitaan Warga dan Menghargai Jalinan Jodoh.”

Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Sukmawati memberi pengenalan tentang Tzu Chi dan logo Tzu Chi kepada para hadirin. “Arti dari Tzu Chi adalah memberikan kebahagiaan dan menghilangkan penderitaan,” kata Sukmawati. Sukmawati juga menjelaskan bahwa Tzu Chi memiliki 4 Misi dan 8 Jejak yaitu Misi Amal (merupakan akar dari Tzu Chi), Misi Kesehatan, Misi Pendidikan, Misi Budaya Humanis, Bantuan Internasional, Bantuan Donor Sumsum Tulang, Pelestarian Lingkungan dan Relawan Komunitas.

Relawan mengajak para hadirin memperagakan isyarat tangan berjudul “Satu Keluarga.”

Untuk memperhangat suasana, relawan mengajak para hadirin bersama-sama memperagakan isyarat tangan berjudul “Satu Keluarga.” Melalui lagu dan isyarat tangan ini semuanya melebur menjadi satu keluarga dalam keluarga besar Tzu Chi.

Menjelang waktu puasa yang masih tersisa 15 menit, relawan pun mengajak para seniman bangunan untuk sharing pengalaman bekerja selama 2 bulan dalam membangun kantor Tzu Chi. Pada sesi sharing, J.Karsa (42) seniman bangunan yang menjabat sebagai Supervisor Proyek sangat terpukau dengan perhatian yang diberikan relawan Tzu Chi kepada para seniman bangunan mulai dari memberikan makanan vegetarian, pengecekan kesehatan hingga berbuka puasa bersama.

J. Karsa (42) sangat terpukau dengan perhatian yang diberikan relawan Tzu Chi kepada para seniman bangunan mulai dari memberikan makanan vegetarian, pengecekan kesehatan hingga berbuka puasa bersama.

Alhamdulillah, baik saya dan kawan-kawan seniman bangunan sangat antusias dan gembira bisa diundang dengan Tzu Chi untuk berbuka puasa bersama. Kami rasakan relawan-relawan Tzu Chi Karimun ini sangat perhatian dengan kami, kami tidak pernah merasakan seperti ini. Kami biasa di proyek tapi belum pernah kita merasakan ada perhatian dari owner atau client kita yang sampai memperhatikan makan kita itu yang sehat, memberikan edukasi juga bagi kami untuk makan sehat seperti apa, dan perhatian-perhatian yang lain juga termasuk dari panitia juga sangat memperhatikan orang-orang kita yang kerja, dan menjaga keselamatan kami,” ungkapnya.

Saat berbuka puasa, relawan terlebih dahulu memberikan makanan ringan seperti agar-agar, kue dan kolak kepada para seniman bangunan.

Ternyata jalinan jodoh J.Karsa dengan Tzu Chi sudah terjalin sejak tahun 2006 pasca tsunami di Aceh. Saat itu ia melihat relawan Tzu Chi yang paling awal tiba di lokasi bencana. Dari situ ia merasa aksi kepedulian Tzu Chi sangat luar biasa.

Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Sukmawati (53) menganggap para seniman bangunan adalah bagian dari keluarga Tzu Chi karena jasa mereka sangat luar biasa dalam membangun kantor untuk Insan Tzu Chi di Kabupaten Karimun.

Suasana hangat dan penuh keakraban terlihat saat relawan dan para seniman bangunan bersama-sama menikmati hidangan vegetarian.

“Kami menganggap mereka itu bagian dari keluarga kita, karena mereka yang akan membangun gedung buat kita untuk berkumpul nanti. Jadi jasa mereka itu sangat besar walaupun mereka itu hanya pekerja tapi alangkah senangnya kita bisa kenal mereka, dan berkumpul sama mereka. Saya juga melihat mereka sangat senang malam ini,” ungkapnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kebersamaan di Bulan Suci Penuh Berkah

Kebersamaan di Bulan Suci Penuh Berkah

14 Juni 2019

PT. Intisumber Bajasakti (PT. ISBS) mengadakan acara buka puasa bersama untuk seluruh karyawannya, Muslim maupun nonMuslim, yang diadakan pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 di kantor Cikupa dan 18 Mei 2019 di kantor Cibitung. Total sebanyak 246 karyawan hadir dalam dua acara ini.

Perwujudan Cinta Kasih Universal

Perwujudan Cinta Kasih Universal

12 Juni 2017

Kamis, 8 Juni 2017 relawan Tzu Chi Biak mengadakan kegiatan buka puasa bersama anak-anak dari Pondok Pesantren Hidayatullah, Pondok Pesantren Baabusalam, dan Panti Asuhan Pancasila. Dalam kegiatan ini, sebanyak 96 paket Ramadhan dibagikan kepada anak-anak dari pondok pesantren, panti asuhan dan masjid Syuhada Angkasa.

Berbagi Kasih di Bulan Suci

Berbagi Kasih di Bulan Suci

09 Juli 2015 Tidak hanya berbuka puasa bersama, Tzu Chi juga memberikan santunan cinta kasih dan paket lebaran kepada Gan En Hu untuk merayakan Idul Fitri nantinya. Mereka tampak begitu bahagia dan bersyukur saat menerima paket lebaran.
Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -