Menjaring Berkah Melalui Kepingan Koin

Jurnalis : Beti Nurbaeti (He Qi Tangerang), Fotografer : Wanda Pratama (He Qi Tangerang)

Partisipasi pihak keamanan Summarecon Mall Serpong di acara Penuangan Celengan di Mall Summarecon Serpong Tangerang, Sabtu 14 Januari 2023.

Alunan suara merdu Michelle Chen melantunkan lagu berjudul Ren Jian You Ai yang artinya Dunia yang Penuh Dengan Cinta Kasih, nyanyian itu diiringi dengan isyarat tangan. Keberanian Michelle membuat para pengunjung berdecak kagum. Penampilan ini pula merupakan bagian dari acara Tuang Bersama Celengan Bambu, kerja sama apik antara relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang dan Summarecon Mall Serpong (SMS) pada Sabtu, 14 Januari 2023. Acara penungan celengan bambu yang bertempat di area Flavor dan Field Mall.

Michelle adalah siswa kelas 3 SD Pahoa Gading Serpong Tangerang yang saat ini berusia 8 tahun. Mendapatkan kesempatan membawakan sebuah lagu Tzu Chi dalam acara ini membuatnya senang. “Saya gembira, setelah latihan bersama Nenek di rumah, penampilan ini rasanya tidak sia-sia. Nenek melatih saya dengan sabra,” ujarnya penuh kepolosan. Nenek Michelle adalah Jap Ie Sioe, relawan Komite Tzu Chi yang mahir melakukan isyarat tangan.

Selain Michelle, ada pula penampilan bahasa isyarat tangan persembahan dari relawan Summarecon Peduli, tampil juga perwakilan siswa SMP Pahoa Gading Serpong kelas 7, 8, dan 9 melantunkan beberapa lagu di antaranya Satu Keluarga. Rasya Apriliani, siswa kelas 9 SMP Pahoa Gading Serpong menyatakan ia menyukai bahasa isyarat tangan dan senang bisa tampil di kegiatan penuangan celengan ini. “Di sekolah saya, ada ekstrakurikuler bahasa isyarat tangan, saya ikut menjadi anggota di sana. Ada jadwal khusus untuk latihan dan bisa tampil di sini saya dan teman-teman merasa bangga,” tuturnya senang.


Penampilan Michelle di acara Penuangan Celengan di Summarecon Mall Serpong Tangerang. Ia melantunkan lagu berjudul Ren Jian You Ai yang artinya Dunia yang Penuh Dengan Cinta Kasih, nyanyian itu diiringi dengan isyarat tangan.


Penampilan Rasya dan teman-teman dari SMP Pahoa Gading Serpong di acara Penuangan Celengan di Summarecon Mall Serpong Tangerang.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala SMP Pahoa Gading Serpong, Maria Semi Nuryanti, ia yang juga seorang relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang menyatakan di sekolahnya ada ektrakurikuler bahasa isyarat tangan. “Mulai tahun ini, SMP Pahoa Gading Serpong ada bahasa isyarat tangan dan anak-anak antusias mengikutnya. Kami berterima kasih adanya event ini, sehingga anak-anak kami bisa perform di acara ini,” ujarnya.

Rutin Bersumbangsih

Summarecon Mall Serpong lewat relawan Summarecon Peduli secara rutin bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyelenggarakan acara penuangan celengan bambu dengan jadwal yang tetap. Hal ini dijabarkan oleh salah satu relawan Summarecon Peduli, yaitu Yudianto.

“Kami menyelenggarakan secara rutin acara penungan celengan ini setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 13.00-21.00 WIB. Kegiatan ini diadakan dua bulan sekali pada bulan ganjil di Summarecon Mall Serpong Tangerang,” paparnya. Lebih lanjut Yudi mengatakan bahwa sebagai bagian dari relawan Summarecon Peduli, dirinya merasa bangga karena berkesempatan menjadi bagian dari kebaikan menyisihkan sedikit rezeki bagi yang membutuhkan.

Partisipasi karyawan Summarecon Mall Serpong di acara Penuangan Celengan di Mall Summarecon Serpong Tangerang.

PIC acara ini, Jap Miau Jung relawan dari Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang menuturkan bahwa kerja sama dengan beberapa mall di Tangerang ini memberi warna baru dalam penuangan celengan. Kegiatan ini pula semakin memperluas jalinan cinta kasih antar sesama.

“Kerja sama ini sudah berlangsung lama dan kita sangat berterima kasih karena dengan ini pengunjung menjadi lebih dekat jika ingin menuangkan celengannya. Mereka juga bisa melihat kegiatan Tzu Chi leewat video yang ditampilkan juga lewat pameran yang kami adakan. Dengan kegiatan ini semoga banyak yang tertarik dan ikut bergabung bersama barisan relawan Tzu Chi,” tutur Jap Miau Jung.
 
Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Penuangan Celengan Bambu dan Doa Bersama bagi Warga Ukraina

Penuangan Celengan Bambu dan Doa Bersama bagi Warga Ukraina

25 Mei 2022

Para staf Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi mewujudkan kepedulian mereka bagi warga Ukraina dengan menuangkan celengan Cinta Kasih dan doa bersama pada Jumat, 20 Mei 2022.

Memupuk Kebiasaan Baik Melalui Celengan Bambu

Memupuk Kebiasaan Baik Melalui Celengan Bambu

24 Juni 2019
Para murid Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi memiliki beragam kebiasan baik, salah satunya bersumbangsih melalu celengan bambu. Celengan bambu ini digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan dan akan dikumpulkan secara bersama-sama, seperti pada Kamis, 19 Juni 2019.
Berbuat Kebajikan Melalui Program SMAT

Berbuat Kebajikan Melalui Program SMAT

24 Agustus 2016

Gedung Paguyuban Marga Lie Bandung malam itu, Jumat 12 Agustus 2016 nampak ramai.  Para tamu undangan memasuki gedung dengan membawa celengan SMAT (Sosialisasi Amal Tzu Chi. Mereka mengikuti kegiatan penuangan celengan SMAT yang dihelat oleh Yayasan Tzu Chi Bandung.

Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -