Menyambut Gan En Hu dengan Kegiatan yang Penuh Sukacita

Jurnalis : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya)

Tzu Chi Surabaya kembali mengadakan Gathering Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) pada 4 Desember 2022.

Tzu Chi Surabaya kembali mengadakan Gathering Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) pada 4 Desember 2022. Pada kesempatan itu, para penerima bantuan membawa barang daur ulang untuk didonasikan sesuai dengan arahan relawan pada bulan sebelumnya dimana mereka telah mendapatkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga Bumi dengan berbagai hal kecil. Salah satu caranya adalah tidak membuang sampah sembarangan dan memperpanjang usia pakai suatu benda.

Sejak pukul 08.00, Gan En Hu mulai berdatangan dan membawa barang daur ulangnya. Relawan juga menjelaskan bahwa disamping bisa menyelamatkan bumi dengan mendaur ulang, para Gan En Hu juga turut berdonasi kepada Tzu Chi dengan menyetorkan barang daur ulangnya karena barang ini akan diubah menjadi uang yang akan disalurkan kepada orang lain. Melalui penjelasan tersebut, para Gan En Hu semakin menyadari pentingnya membantu sesama sekaligus menyelamatkan Bumi dengan mendaur ulang barang.

Relawan membagikan makanan kepada Gan En Hu sebelum acara Gathering Gan En Hu dimulai.

Kegiatan hari itu juga dilengkapi dengan perayaan Hari Ibu karena Bulan Desember identik dengan peringatan Hari Ibu di Indonesia. Perayaan ini diikutii oleh anak asuh dan orang tuanya. Acaranya pun beragam, ada pembacaan puisi dan juga penampilan isyarat tangan, ditambah dengan sesi membasuh kaki ibu.

Untuk melancarkan kegiatan, relawan membantu anak asuh menyiapkan air untuk membasuh kaki ibu, setangkai bunga, camilan dan teh untuk orang tua mereka. Satu per satu anak asuh pun bersujud dan membasuh kedua kaki orang tua dengan sukacita dan haru.

Anak anak asuh membasuh kaki orang tua mereka dengan penuh cinta kasih. Perayaan ini diikutii oleh anak asuh dan orang tuanya.

“Saya merasa senang dan terharu, saya tidak pernah mendapat perlakuan seperti ini semasa hidup saya,” tutur Detty, orang tua anak asuh Tzu Chi. “Saya berharap dengan mengikuti kelas Tzu Chi, anak saya bisa jadi anak yang lebih baik,” lanjut orang tua Dewa dan Deo ini sambil menangis haru setelah menerima perlakuan khusus dari kedua anaknya tersebut.

Tak hanya para orang tua, relawan Tzu Chi yang melihatnya pun begitu tersentuh karena mampu membuat hubungan orang tua dan anak lebih dekat satu sama lain dan juga mempererat jalinan kasih antara orang tua dan anak.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Indahnya Bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika

Indahnya Bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika

15 Agustus 2023

Menjelang perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 menggelar gathering Gan En Hu serta perlombaan dalam memperingati hari kemerdekaan.

Kebersamaan dan Keberkahan Bagi Gan En Hu di Awal Tahun

Kebersamaan dan Keberkahan Bagi Gan En Hu di Awal Tahun

16 Januari 2024

Gedung DAAI TV Medan menjadi saksi bagi acara istimewa, Gathering Penerima Bantuan Tzu Chi Medan, Minggu 7 Januari 2024. Acara tahunan ini bukan sekadar tradisi, melainkan bentuk kebersamaan.

Pentingnya Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

12 Januari 2024

Pengetahuan mengenai pentingnya olahraga disampaikan oleh dr. Nico Raga, Sp.OT (K) saat Gathering Gan En Hu yang berlangsung di Basement Gedung DAAI, Minggu, 7 Januari 2024.

Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -