Menyambut Waisak dengan Berdonor Darah

Jurnalis : Marlina, Lily Tedja (He Qi Pusat), Fotografer : Lily Tedja, Kuntjoro Kesuma, Marlina (He Qi Pusat)

Relawan pada bagian pendaftaran bekerja lebih cekatan dengan adanya aplikasi sederhana yang dibuat oleh Kevin, relawan Tzu Chi.

Sehari jelang perayaan Hari Tri Suci Waisak, relawan Tzu Chi di Xie Li Cikarang menggaungkan gema kebajikan dengan mengadakan donor darah yang merupakan salah satu kegiatan dari Misi Kesehatan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bekasi dan didukung oleh Mall Living Plaza Jababeka, donor darah perdana yang diadakan Xie Li Cikarang pada Minggu 15 Mei 2022 ini diwarnai dengan antusiasme 38 relawan yang hadir.

Sembari melibatkan diri dalam pelayanan kegiatan, sebagian relawan juga ikut mendonorkan darah mereka.

Kuntjoro Kesuma, relawan Tzu Chi mengobrol ringan dengan salah satu pendonor.

Wiwik salah satu relawan turut serta mendonorkan darahnya.

“Saya senang bisa beramal dengan menyumbangkan sebagian dari tubuh saya dan membantu menyelamatkan jiwa”, ujar Maria Silviyathi yang juga sebagai koordinator kegiatan donor darah.

Maria Silviyathi, yang merupakan ibu dari tiga anak ini juga mendapatkan sertifikat penghargaan karena telah berhasil mendonorkan darahnya sebanyak 25 kali.

Selama tiga jam kegiatan berlangsung, sebanyak 68 kantong darah berhasil dikumpulkan oleh PMI pada acara yang dimulai pukul 10.00- 13.00 WIB tersebut.

Iwan Wahyudi, seorang warga Pasir Gombong yang rutin melakukan donor merasa bahagia karena bisa ikut membantu menambah stok darah PMI.

Maria Silviyanthi mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menerima sertifikat apresiasi dari PMI Kabupaten Bekasi di penghujung acara.

“Kami sangat mengapresiasi para relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi atas suksesnya kegiatan hari ini,” kesan Ibu Rawina mewakili tujuh petugas medis dari PMI Kab. Bekasi.

Para relawan Tzu Chi dari komunitas Xie Li Cikarang juga kembali mendapatkan apresiasi dari perwakilan manajemen Mall Living Plaza Jababeka.

“Walaupun rame tetapi alur kegiatan masih tertib dan saya sangat terkesan dengan protokol kesehatan yang tetap dijalankan dengan pengukuran suhu dan penyemprotan hand sanitizer kepada calon pendonor,” ujar Biaz Julian Akbar, dari perwakilan manajemen Mall Living Plaza Jababeka.

Kekompakan dan kerapian mencerminkan budaya humanis para relawan Tzu Chi.

Sambil acara donor darah berjalan, relawan juga mengenalkan Tzu Chi kepada para pendonor. Mereka bahagia dengan adanya acara ini, bahkan beberapa dari peserta donor ingin mengetahui lebih banyak tentang Tzu Chi dan bersedia diinformasikan kegiatan Tzu Chi selanjutnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah di Apartemen Teluk Intan

Donor Darah di Apartemen Teluk Intan

08 Maret 2018
“Saya sudah pernah merasakan susahnya cari darah untuk adik saya,” kata Sri Hartati, salah satu donor dalam kegiatan donor darah yang digelar relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Angke. Ia mengenang kejadian ketika adiknya melahirkan dan mengalami banyak pendarahan.
Setetes Darah, Sejuta Kasih yang Mengalir

Setetes Darah, Sejuta Kasih yang Mengalir

31 Maret 2016 Pada Minggu, 20 Maret 2016, relawan Tzu Chi Padang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali mengadakan donor darah untuk ke-13 kalinya di Kantor Tzu Chi Padang.
Sirkulasi Kebajikan

Sirkulasi Kebajikan

20 Maret 2019

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan PMI Cabang Biak dan Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 16 Maret 2019.

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -