Berbuat Baik Melalui Kegiatan Donor Darah

Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Randhy Putra (Tzu Chi Sinar Mas)


Kegiatan donor darah perdana Tzu Chi Sinar Mas di MSIG Tower, Jakarta Selatan pada 15 Mei 2018.

Pada tahun 2018 ini relawan Tzu Chi Sinar Mas tidak hanya melaksanakan kegiatan donor darah dan penuangan celengan bambu di Plaza Sinar Mas Land saja, tetapi untuk pertamakalinya diselenggarakan juga di MSIG Tower, Jakarta Selatan, yang juga merupakan gedung perkantoran karyawan Sinar Mas. Kegiatan donor darah di MSIG Tower ini dilaksanakan pada Selasa, 15 Mei 2018.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 13 orang relawan telah berkumpul di lantai 23 MSIG Tower untuk menyambut para calon pendonor yang mulai berdatangan. Tidak semua orang yang mendaftar adalah mereka yang sering mendonorkan darah, namun dalam kegiatan ini ada juga yang baru pertama kali.

Salah satunya adalah Nia. Kegiatan donor darah ini merupakan pengalaman baru baginya karena menjalin jodoh untuk pertama kalinya dengan kegiatan donor darah. “Sebelumnya sudah tahu kalau ada kegiatan donor darah seperti ini, tapi belum ada waktu yang pas saja dan akhirnya diadakan di gedung ini,” ungkapnya.


Para donor sedang diambil darahnya. Dari 90 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan donor darah, sebanyak 73 orang berhasil lolos untuk diambil darahnya.

Tidak jarang, perasaan takut menghalangi mereka yang ingin mendonorkan darah, ada yang takut akan jarum suntik hingga takut melihat darah. “Awalnya takut, jarum suntiknya gede banget, tapi ternyata gak gimana-gimana kok dan kedepannya saya akan rutin ikut kegiatan ini kalau waktunya cocok,” ungkap Nia disela-sela kegiatan donor darah.

Sementara itu, Maria juga baru pertama kali mengikuti kegiatan donor darah, tetapi ia belum memiliki kesempatan untuk memberikan tetesan darahnya. Awalnya Maria mendaftar, kemudian menjalani pemeriksaan kondisi fisik dan darah yang merupakan syarat utama untuk mendonor, namun hasil pemeriksaan membuatnya belum berjodoh untuk mendonorkan darahnya. “Saya sedih, belum bisa ikut mendonor, padahal ini pertama kalinya dan saya ingin turut ikut kegiatan berbagi ini,” ungkapnya.


Nia, salah seorang peserta yang dinyatakan lolos untuk mendonorkan darahnya. Kesempatan ini adalah pengalaman pertama baginya dalam donor darah. 

Walaupun ini adalah kegiatan perdana di MSIG Tower, tercatat sebanyak 90 orang mendaftarkan diri untuk membantu sesama melalui kegiatan donor darah ini. Hingga pukul 12 siang, terdapat 73 orang yang dinyatakan lolos untuk mendonorkan darah mereka dan sebanyak 17 orang yang belum memiliki kesempatan untuk mendonorkan darah pada hari itu. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diadakan penuangan celengan bambu.

Ada berbagai cara untuk membantu sesama, di antaranya yaitu melalui dana, tenaga, waktu, pikiran, hingga melalui donor darah. Walaupun terdapat banyak cara, tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Untuk itu hendaknya kita terus menggengam setiap kesempatan dalam kebaikan. Seperti yang tertuang dalam salah satu Kata Perenungan Master Cheng Yen: “Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.”

Editor: Arimami Suryo A.


Artikel Terkait

Donor Darah di Tzu Chi Palembang, Melayani dengan Cinta Kasih

Donor Darah di Tzu Chi Palembang, Melayani dengan Cinta Kasih

12 Januari 2024

Warga Kota Palembang sangat antusias dengan donor darah yang digelar Tzu Chi Palembang. Pada donor darah yang digelar Minggu 7 Januari 2024, ada 176 calon donor datang mendaftarkan diri.

Donor Darah di Tengah Keramaian Palembang Indah Mall

Donor Darah di Tengah Keramaian Palembang Indah Mall

19 Juli 2024

Relawan Tzu Chi Palembang pada Minggu, 14 Juli 2024 mengadakan kegiatan donor darah yang berlangsung di Palembang Indah Mall Jl. Letkol Iskandar 24 Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Membantu Sesama Melalui Donor Darah

Membantu Sesama Melalui Donor Darah

24 November 2017

Membantu sesama tak memandang usia. Sama seperti yang dilakukan oleh Margareta, seorang ibu berusia 51 tahun yang turut bepartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas di Kantor Head Office Sinar Mas di Thamrin Jakarta, Rabu 23 November 2017.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -