Menyatukan Hati untuk Melayani Sepenuh Hati

Jurnalis : Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Novita Putri, Rezqi Oktaviani Putri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Para relawan Dharma Wanita fokus menyimak materi-materi yang disampaikan. Pembekalan ini digelar di ruang rapat Regional Control Unit Semilar.

Adanya cinta kasih di dalam hati membangkitakan kekuatan yang tidak terhingga, Jika ada ikrar untuk bersumbangsih, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan. Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Untuk menyatukan hati dalam berkegiatan sosial, Xie Li KalimantanTengah (Kalteng) 3 memberikan pembekalan kepada para relawan, Sabtu (27/1/24). Pembekalan diberikan oleh Ketua Dharma Wanita Xie Li Kalteng 3, Lily Diana Fitri, disambung dengan sharing dari Yusi Ramadani, Maria Nora dan Ni Made Wedaswari tentang pengalaman masing-masing di Xie Li sebelumnya.

Dipandu Diana Kristina Sitanggang, Lily Diana Fitri menyampaikan bahwa menjadi relawan Tzu Chi khususnya bagi relawan Dharma Wanita harus mempunyai keikhlasan hati dalam melaksanakan semua kegiatan sosial. “Dengan hati yang ikhlas, kegiatan akan dilaksanakan dengan bahagia bahkan semangat tanpa beban. Tetapi jika sudah tidak ada keikhlasan, kegiatan sosial yang kita laksanakan bersama akan sia-sia dan terbebani. Untuk itu shijie-shijie semua diharapkan memiliki keikhlasan yang luar biasa agar kegiatan kita kedepannya berjalan lancar,” ujar Lily Diana Fitri yang sebelumnya aktif di Xie Li Kalteng 1.

Lily Diana Fitri memberikan semangat untuk semua relawan Dharma Wanita yang hadir.

Lily juga menyampaikan bahwa kegiatan sosial yang dilakukan merupakan perwujudan dari empat misi Tzu Chi yaitu misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan, dan pelestarian lingkungan, serta budaya humanis. Selanjutnya Yusi Ramadani yang dulunya aktif di Xie Li Kalimantan Selatan 1 ikut memberikan semangat untuk para relawan Dharma Wanita Kalteng 3 yang hadir.

“Kita semua diberikan waktu yang cukup untuk dapat mengikuti kegiatan-kegiatan sosial termasuk kegiatan Tzu Chi yang selalu didukung oleh perusahan, diharapkan untuk dapat mengikuti setiap kegiatan tanpa hambatan. Setiap misi sudah ada ketuanya ya jika belum memahami silahkan ditanyakan pada ketua di setiap misi,” tuturnya.

Selain memberikan semangat, dalam kesempatan ini Yusi Ramadani juga berbagi ilmu dan menjelaskan beberapa program kerja yang akan di aksanakan di tahun 2024 ini. Sharing semangat yang sama juga dilakukan Maria Nora yang dulunya aktif di Xie Li Ketapang 2 dan Ni Made Wedaswari yang sebelumnya aktif di Xie Li Kalimantan Selatan 2.

Ni Made Wedaswari yang dulunya aktif di Xie Li Kalimantan Selatan 2 membagikan pengalaman serta memberikan tips-tips menjadi relawan Dharma Wanita yang baik dan berkualitas.

Setelah sharing, beberapa relawan Dharma Wanita menyampaikan pertanyaan. Salah satunya Rini dari Unit Semilar Mill. “Terkait program kerja tadi, bagaimana teknisnya jika ingin melakukan kegiatan seperti penyuluhan kesehatan bagi anak-anak TK di unit masing-masing?” tanyanya. “Penyuluhan kesehatan untuk anak TK sangat bisa diajukan, apalagi mereka juga penyuluhan cara menggosok gigi yang benar dan cara mencuci tangan yang benar,” jawab Lily Diana Fitri.

Antusias dari para relawan silih berganti menanyakan hal-hal yang belum banyak dimengerti. Hasil dari pembekalan ini semua relawan, termasuk yang baru bergabung bisa sepaham, sepakat, dan sejalan dengan program kerja yang akan dilakukan di tahun 2024 ini. “Dengan adanya pembekalan ini kami jadi tahu bagaimana trik dan tips yang akan kita lakukan pada setiap misi dan bisa memperlancar setiap kegiatan untuk anggota Dhawa muda atau anggota Dhawa yang baru bergabung,” ujar Ratriningtyas, salah satu anggota Dharma Wanita baru yang belum lama bergabung di Xie Li Kalteng 3.

Editor: Khusnul Khotimah  

Artikel Terkait

Pelatihan Relawan Abu Putih Tzu Chi Tanjung Balai Karimun

Pelatihan Relawan Abu Putih Tzu Chi Tanjung Balai Karimun

23 September 2016

Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Relawan Abu Putih. Pada pelatihan yang digelar Minggu, 18 September 2016 ini, hadir pula beberapa relawan dari Tzu Chi Batam dan relawan dari Tanjung Batu Kecil/Kundur.

Sesuatu yang Benar, Lakukan Saja!

Sesuatu yang Benar, Lakukan Saja!

07 Juni 2023

Tzu Chi Pekanbaru mengadakan traning relawan pada Minggu 28 Mei 2023. Traning Abu Putih ini berlangsung di kantor Yayasan Tzu Chi Pekanbaru. Pelatihan ini diikuti oleh 96 relawan, mulai dari relawan komite hingga muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching).

Pelatihan Relawan Abu Putih He Qi Utara

Pelatihan Relawan Abu Putih He Qi Utara

18 Maret 2014 Tzu Chi merupakan organisasi kemanusiaan yang berlandaskan cinta kasih tanpa membeda-bedakan agama, ras, dan suku bangsa. Tzu Chi saat ini tersebar di 54 negara, terdiri dari banyak orang dengan berbagai karakter sehingga juga menjadi wadah bagi pembinaan diri.
Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -