Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

Jurnalis : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung)
Tzu Chi Lampung kembali menggelar donor darah rutin, Sabtu 3 Juni 2023.

Donor darah yang digelar Tzu Chi Lampung pada Sabtu 3 Juni 2023 berhasil menghimpun 76 kantong darah.  Alesius Bunawan, koordinator kegiatan mengatakan ada peningkatan jumlah donor dari waktu ke waktu. Ini tidak lepas dari kesungguhan para tim relawan dalam menebarkan informasi dan mengajak masyarakat untuk berdonor.

Ismail (61) sudah mendonorkan darahnya sebanyak 30 kali. Sekarang ini ia lebih memilih berdonor di Tzu Chi Lampung karena jadwalnya sudah pasti per 3 bulan. “Enaknya kami selalu dihubungi 2 hari sebelum kegiatan donor,” ujarnya.

Pak Ismail juga mengatakan jika tujuannya berdonor tak lain adalah dengan tulus menolong orang yang membutuhkan darah.

Donor darah kali ini berhasil menghimpun 76 kantong darah. 

Donor darah yang bekerjasama dengan UPTD PMI Bandar Lampung ini digelar di Kantor Tzu Chi Lampung sejak pukul 9.00 pagi dan berakhir pukul 13.00 WIB. Dari UPTD PMI Bandar Lampung mengerahkan 5 orang paramedis. Sementara Tzu Chi lampung mengerahkan 20 relawan.

Donor darah memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga untuk orang lain yang membutuhkan. Darah yang didonorkan sangat bermanfaat terutama bagi orang yang mengalami kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Memberikan Keramahan Melalui Donor Darah

Memberikan Keramahan Melalui Donor Darah

29 Maret 2016
Pada tanggal 5 Maret 2016, sebelum jam 8.00 WIB, sudah banyak donor yang hadir di Jing Si Books & Café Pluit untuk mengikuti kegiatan “Aksi Sosial Donor Darah untuk Semua”.
Setetes Darah Untuk Kehidupan

Setetes Darah Untuk Kehidupan

22 Agustus 2022

Sebanyak 65 pendonor berhasil mendonorkan darahnya pada kegiatan yang digelar Tzu Chi Palembang di Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng Jl. Sungai Itam, Kec. Ilir Barat. I, pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Donor Darah untuk Kesehatan

Donor Darah untuk Kesehatan

11 Juni 2018
Bertepatan dengan hari pengambilan rapor kenaikan kelas di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng, Yayasan Buddha Tzu Chi bekerja sama dengan PMI kembali mengadakan kegiatan donor darah di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng.
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -