Menyulap Tumpukan Botol Air Mineral Menjadi Sebuah Kursi yang Kuat

Jurnalis : Eka Nur Cahyati (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Eka Nur Cahyati (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Busa berbentuk bulat disiapkan relawan sebagai tempat duduk. Kain pelapis juga disiapkan relawan agar kursi botol plastik terlihat menarik. Lalu pengisian pasir untuk memperberat botol agar tidak mudah bergeser.

“Menyaksikan aliran jernih yang mengalir ke seluruh dunia, kembali pada pola hidup sederhana dan menyerap Dharma ke dalam hati, giat melakukan daur ulang dan memperpanjang usia barang, berjalan menuju  jalan Bodhisatwa yang luas dan lapang”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Sabtu sore (27/1/24) yang cerah dimanfaatkan relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat (Kubar) yang tinggal di perumahan staf Kedang Pahu Estate (KPHE) Kampung Besiq, Kecamatan Damai untuk belajar bersama terkait daur ulang. Kali ini relawan belajar membuat kursi dari botol air mineral. Relawan yang merupakan ibu-ibu ini mengumpulkan bekas botol air mineral yang ada di sekitar rumah masing-masing. Alat dan bahan yang digunakan sangat mudah diperoleh, seperti botol plastik air mineral dengan berbagai ukuran, kain bekas, busa bekas, pasir, gunting, mesin jahit dan lakban.

Relawan menggunting kain untuk mempercantik kursi. Lalu penyatuan botol plastik dengan lakban. Kreasi kursi daur ulang botol plastik yang dibuat relawan pun jadi.

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, relawan mulai mengambil bagian masing-masing. Dimulai dengan mengisi botol-botol plastik dengan pasir hingga penuh. Botol yang sudah diisi pasir lalu disatukan dengan lakban. Setelah semua botol menyatu dengan kuat, relawan mulai menggunting busa bekas menjadi bentuk bulat dan menempelkannya di atas botol plastik yang telah disatukan tadi. Relawan lalu menggunting kain-kain bekas untuk kemudian dijahit dan dibalutkan di atas dan sekeliling botol tersebut. Setelah semua botol terbalut rapi, maka kursi botol plastik pun sudah jadi.

Para relawan mengetes kekuatan kursi botol plastik tersebut. Hasilnya, kursi pun mampu menopang beban dan bisa digunakan dengan baik. Para relawan tersenyum gembira dengan hasil yang memuaskan tersebut.

Raut wajah bahagia para relawan usai berhasil memanfaatkan sampah daur ulang menjadi barang yang berguna.

Faridha mengatakan tujuan daur ulang sampah botol plastik ini adalah untuk mengurangi sampah dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna dan berharga. “Kita sering lihat kalau banyak sampah botol plastik yang bertumpuk dan tidak ada yang memanfaatkan. Jadi kami coba bikin sesuatu dari botol-botol ini. Selain mengurangi sampah, kita juga bisa belajar berkreativitas,” ujarnya.  

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Memulai Pelestarian Lingkungan dari Diri Sendiri Sejak Dini

Memulai Pelestarian Lingkungan dari Diri Sendiri Sejak Dini

17 Maret 2015 Master Cheng Yen selalu menghimbau kita, para murid-muridnya, untuk melakukan pelestarian lingkungan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemilahan sampah untuk didaur ulang. Mengenggam setiap kesempatan untuk berbuat kebajikan, para relawan komunitas dari Hu Ai Pantai Indah Kapuk menjalin jodoh baik dengan Tzu Chi School Indonesia untuk bersama-sama menanamkan nilai-nilai cinta bumi dan lingkungan sejak dini kepada para siswa-siswinya.
Indahnya Bersahabat dengan Bumi

Indahnya Bersahabat dengan Bumi

22 November 2017
Hujan yang turun tak menyurutkan semangat murid-murid Kelas Kata Perenungan Master Cheng Yen di Depo Mandala Medan. Mereka semangat berkegiatan pelestarian lingkungan dari rumah ke rumah di Jalan Pukat VII Mandala Medan.
Wajah-Wajah Bahagia di Pelestarian Lingkungan

Wajah-Wajah Bahagia di Pelestarian Lingkungan

23 April 2019

Walaupun masih seperti bayi, para relawan He Qi Utara 1 optimis bisa terus mengembangkan gerakan Orang Tua Penuh Berkah. Paling tidak mereka bisa membagikan inspirasi ini kepada masyarakat luas untuk ‘yuk saling bergandengan tangan menyelamatkan bumi yang sedang sakit’. Kegiatan yang dilakukan setiap hari Selasa tiap pekan itu juga diharapkan bisa menggalang lebih banyak Bodhisatwa yang peduli akan pelestarian lingkungan.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -