Merajut Cinta Kasih dan Kebersamaan Melalui Pembagian Paket Lebaran di Kota Binjai

Jurnalis : Soit (Tzu Chi Medan), Fotografer : Soit, Merry Susanti (Tzu Chi Medan)
Hok Liong, koordinator, turut membantu warga mengangkat beras.

Menyambut Idul Fitri 2024, Yayasan Buddha Tzu Chi Medan membagikan 10.000 paket cinta kasih di 16 titik dari Kota Medan sampai Banda Aceh. Salah satu titik tersebut adalah Kota Binjai tepatnya di Kelurahan Setia di Kecamatan Binjai Kota dan Kelurahan Rambung Timur di Kecamatan Binjai Timur. Dipilihnya dua kelurahan tersebut menurut Hok Liong selaku koordinator, adalah karena kedua kelurahan tersebut sering mengalami banjir akibat luapan air sungai.

Survey dan pembagian kupon telah dilakukan pada 17 Maret 2024. Sejak pukul 8 pagi hingga 12 siang sebanyak 52 relawan didampingi kepling (kepala lingkungan) dari dua kelurahan melakukan survey langsung ke rumah-rumah warga yang membutuhkan berdasarkan data keluarga tidak mampu dari kelurahan. Tujuan dari survey dengan mengunjungi dan bertemu langsung dengan penerima kupon adalah untuk memastikan yang menerima kupon memang membutuhkan dan juga untuk menjalin jalinan jodoh baik antara relawan dengan warga.

Perhatian relawan Tzu Chi kepada lansia membuat warga merasa terharu.

Ibu Rukiah merasakan kehangatan perhatian relawan yang selama ini hanya dilihatnya dari tayangan DAAI TV.

Tibalah pembagian paket cinta kasih, yakni pada 24 Maret 2024. Sejak pukul 7 pagi, bertempat di Gedung Patar Hall Binjai sebanyak 67 relawan yang terdiri dari 35 relawan berseragam dan 32 relawan kembang berdatangan. Mereka menyiapkan pembagian paket cinta kasih, dari membongkar kardus sirup, minyak dan DAAI Mie, kemudian menyusunnya untuk memudahkan sewaktu pembagian. Total ada sebanyak 901 paket cinta kasih berupa 10 kg beras, minyak, sirup dan DAAI Mie yang dibagikan.

Ibu Rukiah (70) begitu senang menerima paket cinta kasih dari Tzu Chi. Apalagi ia sering menonton tayangan DAAI TV yang kerap menayangkan kegiatan kemanusiaan para relawan Tzu Chi. “Alhamdullilah walaupun kita beda agama tapi Tzu Chi tidak memikirkan itu. Harapan saya kedepannya semakin bagus dalam menolong sesama yang tidak mampu,” tuturnya.

Relawan melakukan survey langsung ke rumah penerima kupon agar tepat sasaran.

Salah satu relawan kembang adalah Yuliana (44). Ia merupakan penerima bantuan Tzu Chi, kedua anaknya mendapat bantuan biaya pendidikan. “Sejak awal memang saya sudah ada keinginan untuk ikut bergabung, cuma dahulu masih sangsi karena masih mau mengurus Kelvin yang mengalami kelumpuhan, tapi setelah Kelvin sudah berpulang, niat awal itu akhirnya terwujud. Minggu lalu saya juga sudah mengikuti kegiatan survey pembagian kupon, rasanya senang bisa bersosialisasi, bisa melihat bahwa masih banyak orang-orang yang kehidupannya lebih susah dari kita, sehingga bisa lebih mensyukuri kehidupan sendiri.” Ujar Yuliana.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran Tzu Chi, Hadir di Tempat dan Waktu yang Tepat

Paket Lebaran Tzu Chi, Hadir di Tempat dan Waktu yang Tepat

20 Maret 2024

Di tengah merangkaknya harga beras, paket lebaran Tzu Chi Indonesia yang tahun ini berisi 10 kilogram beras dan 20 bungkus DAAI Mie menjadi sangat berarti bagi warga yang menerimanya.

Menebar Cinta Kasih dalam Momentum Idul Fitri

Menebar Cinta Kasih dalam Momentum Idul Fitri

18 April 2024

Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan Kelurahan Melayu Baru dan Kelurahan Bontola Parang, Kota Makassar membagikan 550 paket cinta kasih Idul Fitri berupa sembako kepada warga yang membutuhkan.

Tebarkan Kebahagiaan, Tzu Chi Bagikan Paket Lebaran di Kelurahan Sunter Jaya

Tebarkan Kebahagiaan, Tzu Chi Bagikan Paket Lebaran di Kelurahan Sunter Jaya

21 Maret 2024

Warga di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara sangat berbahagia menerima paket lebaran Tzu Chi yang memang sangat mereka butuhkan.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -