Jelang Idul Fitri, Tzu Chi Pekanbaru Salurkan 877 Paket Sembako

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Feber, Pricillia, Kho Ki Ho, Asriani (Tzu Chi Pekanbaru)
Sukacita warga menerima paket sembako dari Tzu Chi. Relawan pun berterima kasih kepada para penerima paket sembako.

Sambut Idul Fitri, Tzu Chi Pekanbaru membagikan 877 paket sembako di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Sialang Munggu (438 paket), Kelurahan Tanjung Rhu (239 paket), dan Kelurahan Bandar Raya (200 paket). Paket sembako ini dibagikan serentak pada Sabtu 23 Maret 2024.  Setiap paket sembako terdiri dari beras 10 kg, minyak 1 liter, gula 1kg, dan DAAI Mie 6 bungkus.

Meski bertajuk berbagi kasih dalam rangka Idul Fitri, namun penerima tidak hanya umat muslim, tapi lintas agama. Sukacita dirasakan para penerima paket sembako di tengah tingginya harga sembako. Tak sekedar menerima, warga juga membangkitkan rasa peduli sesama dengan berdonasi ke celengan bambu untuk membantu orang lain.

“Sekarang sembako mahal, Alhamdulliah senang sekali, terima kasih banyak Buddha Tzu Chi, orang-orangnya ramah, senang sekali, mudah-mudahan berkah,” Ungkap Tati Hartati warga Kelurahan Bandar Raya.

Tati Hartati bersyukur atas sembako yang diterimanya dan atas keramahan para relawan.

Seorang relawan menjelaskan kepada penerima kupon mengenai waktu dan tempat pembagian sembako.

Sebelum pembagian paket sembako, pada 16-17 Maret 2024, relawan didampingi Ketua RT/RW atau perwakilan melakukan survei dan pembagian kupon dari rumah ke rumah. Pembagian kupon seperti ini agar paket sembako nanti disalurkan tepat ke warga yang berhak menerima. “Saya berterima kasih kepada tim yang langsung turun ke lapangan untuk mengecek, dengan begitu tahu kondisi sebenarnya dan bantuannya tepat sasarannya, itu luar biasa yayasan kita ini, turun ke lapangan tepat sasaran,” ujar H. Ade Purwoto, Ketua RT03/RW05 Kelurahan Bandar Raya.

Bukan hanya penerima sembako yang mendapatkan manfaat dari penyaluran bantuan ini, para relawan ketika terjun langsung membagikan kupon juga memperoleh berbagai pelajaran seperti membangkitkan rasa syukur ketika melihat begitu banyak warga yang perlu dibantu. Selain itu juga bisa menemukan semangat berbagi di tengah kekurangan yang ditunjukkan oleh warga.

Saat pembagian kupon, ada satu kawasan rumah petak papan yang terdiri dari 12 rumah. Saat hanya enam keluarga saja yang mendapatkan kupon, para penerima kupon tersebut mau berbagi rata paket yang diterimanya kepada tetangga yang tidak mendapatkan kupon.

Semangat berbagi, para penerima paket sembako juga berdonasi untuk membantu sesama.

Seperti yang ditunjukan oleh warga Kelurahan Tanjung Rhu. Saat pembagian kupon, relawan menemui ada satu kawasan rumah petak yang terdiri dari 12 rumah, ketika hanya enam keluarga saja yang mendapatkan kupon, para penerima kupon tersebut mau berbagi rata paket yang diterimanya kepada tetangga yang tidak mendapatkan kupon. Ada juga satu warga yang tidak bersedia menerima kupon karena merasa bahwa masih banyak orang yang lebih membutuhkan bantuan, bukan hanya tidak bersedia menerima bantuan, malahan ia mau menjadi donatur Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bakti sosial pembagian 1.430 paket sembako untuk menyambut Lebaran kepada warga di Kelurahan 13 dan 14 Ilir Palembang. 

Jalinan Jodoh Warga RW 12 Tanah Tinggi dengan Tzu Chi Makin Erat Lagi

Jalinan Jodoh Warga RW 12 Tanah Tinggi dengan Tzu Chi Makin Erat Lagi

01 April 2024

Paket Lebaran Tzu Chi dibagikan kepada 550 warga Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Pembagian paket Lebaran ini makin menguatkan jalinan jodoh Tzu Chi dengan warga sekitar, yang mana di wilayah ini Tzu Chi memberi bantuan bedah rumah.

Menebar Cinta Kasih dalam Momentum Idul Fitri

Menebar Cinta Kasih dalam Momentum Idul Fitri

18 April 2024

Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan Kelurahan Melayu Baru dan Kelurahan Bontola Parang, Kota Makassar membagikan 550 paket cinta kasih Idul Fitri berupa sembako kepada warga yang membutuhkan.

Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -