Merayakan Imlek Bersama Gan En Hu

Jurnalis : Pungki Arisandi (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Calvin, Beverly, Dwi Haryanto, Yogie (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

doc tzu chi

Relawan Tzu Chi yang mengenakan kostum dewa rejeki memberikan angpao kepada anak-anak yang hadir dalam perayaan imlek bersama.

Saling berbagi dan menolong orang lain akan mendatangkan kebahagiaan yang luar biasa. Hidup pun terasa jauh lebih berarti. Seperti halnya kegiatan berbagi dengan Gan En Hu (penerima bantuan) oleh insan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun di tahun baru Imlek. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 14 Januari 2017.

Sekitar pukul 06.30 WIB, para Gan En Hu sudah berkumpul di kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun untuk merayakan tahun baru Imlek bersama-sama. Relawan mengawalinya dengan memberikan penghormatan kepada Master Cheng Yen, yang kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan Ceramah Master dalam program Lentera Kehidupan. Di dalam ceramahnya, Master menghimbau semua orang agar selalu waspada dan menyadari ajaran Buddha tentang Anicca (ketidakkekalan) karena bencana dapat terjadi kapanpun dan di manapun.

Salah satu relawan Tzu Chi dengan wajah ceria dan penuh suka cita menyapa Gan En Hu (penerima bantuan) dan memberikan manisan sebagai ciri khas jajanan Imlek.


Lie Yan (50) saat maju mengungkapkan apa yang dirasakannya kepada relawan dan seluruh Gan En Hu (penerima bantuan) yang hadir pada Sabtu, 14 Januari 2017.

Juga manusia hendaknya dapat hidup berdampingan dengan alam dan semua makhluk. Bervegetarian, merupakan cara agar manusia lebih peduli dan mengurangi pembunuhan makhluk hidup lainnya. Selain itu batin juga akan terisi dengan kebajikan yang mendatangkan kebahagiaan dan ketentraman. Manusia juga hendaknya membersihkan batinnya dari kekotoran batin agar dunia diliputi kemakmuran dan bebas dari bencana. Inilah makna dari ucapan selamat tahun baru yang sesungguhnya.

Setelah mendengarkan ceramah, Gan En Hu (penerima bantuan) dan semua relawan menyanyikan lagu Imlek yang dibarengi dengan pembagian Angpao, jeruk dan paket Imlek. Semua yang hadir merasa sangat bahagia. Salah satunya, Lie Yan (50 tahun).

Bukan hanya Gan En Hu (penerima bantuan) yang menerima angpao, relawan yang hadirpun menerima angpao dari Dewa Rezeki.


Para Gan En Hu (Penerima bantuan) mengikuti kegiatan Imlek bersama yang dilaksanakan Yayasan Budha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

“Saya sangat terharu dan senang sekali di sini. Saya baru pertama kali datang ke rumah Tzu Chi. Saya sangat berterima kasih atas kebaikan Tzu Chi di Tahun Baru Imlek ini. Relawan sudah susah payah antar jemput saya karena untuk berdiri saja susah apalagi untuk berjalan. Semoga kita semua selalu sehat, murah rezeki, selalu dalam lindungan-Nya” doa dan ucap Lie Yan (50) sambil mengusap air matanya.

Para Gan En Hu yang hadir pada kegiatan Tahun Baru Imlek ini berasal dari berbagai ras dan agama. Tidak hanya yang merayakan Imlek saja, Gan En Hu yang tidak merayakan Imlek pun ikut serta memeriahkan acara Tahun Baru Imlek ini.


Artikel Terkait

Merayakan Imlek, Merenungi Semangat Berbagi Cinta Kasih

Merayakan Imlek, Merenungi Semangat Berbagi Cinta Kasih

26 Januari 2019

Dalam rangka menyambut Imlek 2570, Tzu Chi Makassar kembali melakukan rangkaian acara Imlek dengan berbagi cinta kasih, bersama 10 yayasan Tionghoa di Makassar, 20 Januari 2019.

Sukacita Imlek bersama Gan En Hu dan Anak Teratai

Sukacita Imlek bersama Gan En Hu dan Anak Teratai

14 Februari 2023

Tzu Chi Pekanbaru berbagi sukacita Tahun Baru Imlek bersama para Gan En Hu dan juga anak-anak Teratai (penerima bantuan pendidikan dari Tzu Chi) pada Minggu, 5 Februari 2023.

Sukacita dalam Paket Imlek yang Penuh Kasih

Sukacita dalam Paket Imlek yang Penuh Kasih

27 Januari 2023

Momentum Imlek 2574 yang bertepatan di Bulan Januari 2023, kembali Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menjalin untaian kasih dengan warga Cikarang Utara, Jonggol dan Cibarusah dengan pembagian Beras Cinta Kasih.

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -