Mewujudkan Rasa Syukur dengan Kegiatan Pelestarian Lingkungan

Jurnalis : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat) , Fotografer : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat)
Para para relawan tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, sarung tangan, hingga melakukan sterilisasi dengan penyemprotan terlebih dahulu botol-botol plastik bekas, kaleng yang hendak dipilah.

Pagi itu tim relawan komunitas Sunter yang merupakan bagian dari He Qi Pusat telah berkumpul di Taman Kantor Sekretariat RW. 04, Sunter Metro, Minggu, 21 Agustus 2022.

Ini merupakan kali pertama Ngiau Mau Lan (52), mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan Tzu Chi. “Ternyata barang-barang yang sudah tidak terpakai dapat didaur ulang kembali” ujarnya.

Ia menerima pengarahan singkat bagaimana melakukan pemilahan barang daur ulang sebelum memulai mengerjakannya.

“Plastik yang tidak dapat dan lama terurai dapat mengotori bumi. Ternyata selain bermanfaat buat diri kita, juga bisa buat amal sosial. Saat melakukannya juga, botol plastik, label leher botol, kemasan dipisah melatih kesabaran dan ketekunan”. Sambung Ngiau Mau Lan membagikan pembelajarannya setelah mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan.

Di penghujung kegiatan, para relawan pun berfoto bersama.

Pada kegiatan pagi itu, tim relawan berkenalan dengan Ibu Elisabeth (53), ketua dari petugas kebersihan di perumahan Sunter Metro, menggantikan Bu Narmi yang sejak tahun 2014 dikenal oleh para relawan komunitas Sunter.

“Saya berpikir ini barang-barang mau diapakan ya, buat apa?” Ujar Ibu Elisabeth mengutarakan pertanyaan yang muncul di benaknya saat melihat para relawan memindahkan barang-barang daur ulang untuk segera dipilah.

Relawan kemudian mengajaknya untuk turut melihat tata cara pemilahan, apa tujuan di balik dari kegiatan, dan manfaat yang di harapkan dari tindakan yang sederhana ini.

“Ya, ini pertama kalinya saya melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Bahagia, bisa bersama berbagi kasih untuk orang yang membutuhkan dengan ikut kegiatan ini,” sambungnya.

Tim relawan dan Ibu Elisabeth pun menyelesaikan pemilahan dan merapikan barang-barang daur ulang hasil sumbangan warga maupun relawan hingga jelang pukul 11 Siang. Dalam kebersamaan bagaikan satu keluarga memulai hingga mengakhiri kegiatan yang ditutup dengan foto Bersama.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mengelola Sampah dengan Cara Sederhana

Mengelola Sampah dengan Cara Sederhana

08 November 2023

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan meminimalisasi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Tzu Chi Medan Mandala bekerja sama dengan Sekolah Wiyata Dharma mengadakan kegiatan pelestarian lingkungan berupa pemilahan sampah daur ulang.

Semangat Berbuat Kebajikan Dari Dua Generasi

Semangat Berbuat Kebajikan Dari Dua Generasi

12 Desember 2014 Pelestarian lingkungan yang dilakukan adalah memilih sampah yang dapat dijual dan hasilnya disumbangkan ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk membantu sesama yang membutuhkan.
Ketika Tangan-Tangan Mungil Menghijaukan Bumi

Ketika Tangan-Tangan Mungil Menghijaukan Bumi

05 September 2018
Minggu pagi yang sejuk, anak-anak Kelas Kata Perenungan Master Cheng Yen beserta guru, relawan, dan orang tua murid menumpangi bus bergerak menuju lokasi hutan kota. Dengan membawa 100 bibit pohon durian, 100 bibit pohon pucuk merah, dan 50 bibit pohon jambu bol, relawan dan anak-anak mendatangi tempat tersebut dengan Misi Pelestarian Lingkungan.
Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -