Paket Lebaran 2022: 3.800 Paket Sembako untuk Warga Pademangan

Jurnalis : Johan (He Qi Pusat), Fotografer : Johan, Ismelia Suardi, Robby Lulianto (He Qi Pusat)

Lim Pedrik relawan Tzu Chi sedang membantu lansia membaakan paket lebaran 2022. Lim Pedrik sangat bersemangat dan dengan tulus membantu warga membawakan paket lebaran.

Menandai dimulainya pembagian paket lebaran di wilayah Jabotabek yang berjumlah 52.000 paket. Paket lebaran 2022 ini segera disalurkan kepada warga Kelurahan Pademangan Barat yang memang membutuhkan bantuan akibat perlambatan ekonomi karena pandemi covid 19 yang belum berakhir.

Warga yang membawa kupon sudah mengantri sejak pagi hari, hal ini membuktikan bahwa warga menyambut baik pembagian paket lebaran 2022 dari Yayasan Tzu Chi. "Saya sudah lama tidak mendapatkan bantuan. Alhamdullilah akhirnya bisa mendapat paket dari Yayasan Buddha Tzu Chi" kata Ibu Fatimah (80) penerima bantuan.

Ibu Fatimah (80) sejak pagi hari sudah datang dan duduk dengan sabar menunggu penyaluran bantuan paket lebaran 2022 dimulai. Penyaluran paket lebaran berlangsung di RPTRA Budi Mulia Pademangan, Jakarta Utara.

Rohani (74) sedang mendampingi warga penerima paket lebaran 2022. Rohani sangat mengapresiasi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, yang menerapkan prinsip kegotong-royongan dalam membantu sesama, “Menjadi relawan Tzu Chi adalah kegembiraaan tersendiri” ujar Rohani.

Memang sejak pandemi covid 19 melanda, Yayasan Tzu Chi membatasi aktivitas yang menimbulkan kerumunan sesuai aturan pemerintah. Namun bantuan tetap dapat diberikan melalui jasa pengantar barang.

Senada dengan Ibu Fatimah, Ibu Mina, 82 tahun, juga merasakan suatu kegembiraan yang besar mendapatkan kupon paket lebaran dari Yayasan Tzu Chi. Bahkan nenek ini tak henti-hentinya mendoakan para donatur dan relawan Tzu Chi agar selalu sehat dan panjang umur.

Bagi Rohani (74) yang sudah belasan tahun ikut bergabung menjadi relawan kembang,  sangat mengapresiasi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, yang menerapkan prinsip kegotong-royongan dalam membantu sesama dengan tidak memandang suku, agama dan golongan.

Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto, memberikan kata sambutan pada acara kick off pembagian beras cinta kasih. Dalam sambutannya Mayjen TNI Untung Budiharto memberikan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Tzu Chi karena terus menebar cinta kasih dan kepedulian di tengah masyarakat.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra dan pemerintah daerah berkesempatan untuk berfoto Bersama setelah acara pembagian paket lebaran 2022. Dalam menangani pandemic Covid 19 Yayasan Tzu Chi selalu bersinergi dengan tiga pilar untuk membantu warga yang sangat terdampak akibat pandemic Covid 19.

Rositawati (58), salah satu penerima paket lebaran mengungkapkan perasaan bahagianya bisa mendapatkan bantuan dari Yayasan Tzu Chi. "Karena pandemi, pendapatan saya jauh menurun. Beruntung sekali dengan adanya bantuan ini." Lanjut Rositawati. Windy Lusiana (26) anak dari Rositawati yang turut mendampingi mengungkapkan kekagumannya terhadap relawan dan Yayasan Tzu Chi. Windy berminat untuk bergabung menjadi relawan Tzu Chi.

Yopie Budiyanto koordinator penyaluran paket lebaran 2022 mengatakan Yayasan Tzu Chi sebenarnya setiap tahun selalu mengadakan kegiatan baksos untuk warga Pademangan. Hanya pada masa pandemic Covid 19 kegiatan dihentikan sementara hampir 3 tahun untuk menghindari kerumunan. Selain mendapatkan paket lebaran 2022, warga Pademangan juga mendapat pengobatan gratis bagi lansia (baksos degeneratif).

Endang Konsriwati (55) salah satu relawan Tzu Chi warga Pademangan mengungkapkan awal perkenalan nya dengan Yayasan Tzu Chi di tahun 2008. Endang sangat ingin bergabung menjadi relawan Tzu Chi .

Rositawati (58) di damping oleh relawan Tzu Chi ketika menerima paket lebaran 2022. Rosita mengungkapkan perasaan bahagianya bisa mendapatkan bantuan dari Yayasan Tzu Chi.

Tata (72) salah satu penerima paket lebaran 2022 merasa gembira mendapat paket bantuan dari Yayasan Tzu Chi.

Pada tahun 2009 Yayasan Tzu Chi menyalurkan paket beras di Kompleks ruko Mahkota Ancol. Ini menjadi awal Endang ikut dalam kegiatan Yayasan Tzu Chi dan resmi menjadi relawan pada 2012.

Endang Konsriwati mendapat tugas di Misi Amal Tzu Chi, sebagai perpanjangan mata dan telinga Master Cheng Yen, menjangkau warga-warga dilingkungan tempat tinggalnya yang benar benar memerlukan bantuan, terutama bantuan pengobatan maupun pendidikan.

"Sudah 3 tahun ini saya dipercaya pegang kasus (penanganan bantuan khusus) dan melakukan survey.  Saya semakin paham dan bisa merasakan bagaimana bila ada orang yang sakit tetapi tidak mempunyai biaya untuk berobat. Saya sangat bersyukur sekali ditempatkan di bagian ini, sehingga bisa mengembangkan rasa syukur dalam diri sendiri dan bisa ikut merasakan kebahagiaan melihat orang orang yang saya survey mendapatkan bantuan dari Yayasan." lanjut Endang Konsriwati yang selalu mengucap gan en (terimakasih sekali) kepada yayasan Tzu Chi.

Endang Konsriwati (relawan), merasa bahagia bisa ikut serta dalam pembagian beras cinta kasih ini.

Pembagian paket lebaran 2022 ini dihadiri oleh Mayjen. TNI Untung Budiharto Pangdam Jaya sebagai salah satu unsur tiga pilar dari TNI - Polri dan Pemerintah Daerah dalam penanganan pandemic Covid 19 di Jakarta dan sekitarnya.

Mayjen. TNI Untung Budiharto dalam sambutannya telah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Tzu Chi karena terus menebar cinta kasih dan kepedulian di tengah masyarakat. Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin dalam sambutannya berharap bantuan ini bisa membantu mengisi kebutuhan warga di bulan Ramadhan.

Pembagian paket lebaran 2022 ini di ikuti oleh 51 orang relawan dan 70 orang relawan kembang. Terlihat wajah wajah relawan penuh senyuman yang begitu bahagia dan bersemangat, walaupun lelah selama menyiapkan proses pembagian paket lebaran 2022.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Aksi Bersama untuk Sesama

Paket Lebaran 2022: Aksi Bersama untuk Sesama

26 April 2022

Tzu Chi Bandung membagikan 3.500 Paket Lebaran 2022 untuk warga di Kecamatan Andir dan Batujajar pada 17 April 2022. Paket lebaran berisi beras, minyak goreng, gula, dan 20 lembar masker medis.

Paket Lebaran 2022: Merajut Jalinan Jodoh di Bulan Suci Ramadan

Paket Lebaran 2022: Merajut Jalinan Jodoh di Bulan Suci Ramadan

22 April 2022

Relawan Tzu Chi di He Qi Timur bekerjasama dengan relawan Summarecon Peduli menyalurkan paket lebaran di wilayah sekitar Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 16-17 April 2022.

Paket Lebaran 2022:  Sembako di Bulan Ramadan Bagi Warga Duri Pulo

Paket Lebaran 2022: Sembako di Bulan Ramadan Bagi Warga Duri Pulo

18 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan 610 paket sembako bagi warga Kelurahan Duri Pulo, Jakarta Pusat. Paket yang dibagikan terdiri dari 10 kg beras, 10 mi DAAI, dan 1 biskuit.

Sikap mulia yang paling sulit ditemukan pada seseorang adalah kesediaan memikul semua tanggung jawab dengan kekuatan yang ada.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -