Paket Lebaran 2022: Berbagi Kasih di Bulan Ramadan

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo, Deddy, Feny (He Qi Pusat)

Simbolis penyerahan paket cinta kasih yang diwakili jajaran dan perwakilan Tzu Ci dan diterima warga yang memiliki kupon.

Menjalin jodoh dan berbuat kebajikan di bulan suci Ramadan, sebanyak 32 relawan yang terdiri dari 18 relawan berseragam dan 14 relawan kembang bersama–sama menggarap ladang berkah. Minggu pagi, 10 April 2020, para relawan Tzu Chi sudah hadir dan mempersiapkan segala sesuatunya. Warga pun sudah terlihat hadir dan menunggu dengan tertib.

Hartono selaku koordinator pembagian paket lebaran Tzu Chi untuk warga Kelurahan Jembatan Besi kali ini pun memberikan briefing dan membagi para relawan di pos masing–masing. Mulai dari bagian penerimaan kupon, penyerahan beras, DAAI Mie, dan terakhir biskuit sumbangan dari donatur. Budaya humanis Tzu Chi yang tidak lepas dari relawan Tzu Chi ditunjukan dengan pemberian penghormatan membungkuk 90 derajat saat memberikan bingkisan ke penerima.

Foto bersama jajaran di antaranya Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, Danramil 02/Tambora, perwakilan kelurahan dan perwakilan dari Yayasan Buddha Tzu Chi.

Warga yang sudah mengantre mulai berbaris masuk untuk menukarkan kupon.

Sekitar pukul 08.05 pagi, pembagian paket lebaran diawali dengan sambutan dari Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Rosana Albertina Labobar sik, Msi.

“Hari ini warga Jembatan Besi mendapat berkah dari Yayasan Buddha Tzu Chi berupa bingkisan 1.050 paket. Kita harus bersyukur adanya yayasan yang mau peduli sesama dan kita doakan semoga Yayasan Buddha Tzu Chi dan semua yang terlibat di dalamnya selalu diberkahi, Amin”. Ujarnya.

Sambutan dilanjutkan Pak Arja selaku Danramil 02/Tambora. “Sangat mendukung upaya Yayasan Buddha Tzu Chi yang memperdulikan warga, semoga pemberian ini bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Terakhir sambutan dari Hartono, relawan Tzu Chi. Ia mengungkapkan kebahagiaan para relawan Tzu Chi dapat berbagi dengan sesama. Dalam kesempatan ini, ia juga sedikit menceritakan asal muasal Tzu Chi.

Danramil 02/Tambora turut membantu warga yang kesulitan menenteng paket menuju kendaraan yang menunggu di luar kantor kelurahan.

Alok, relawan Tzu Chi membantu warga lansia membawa paket yang sudah diterima.

Sebelum dimulainya pembagian paket lebaran kepada warga, terlebih dahulu diadakan simbolis penyerahan paket cinta kasih. Beberapa relawan yang tidak melakukan simbolis bersiap di pos masing- masing untuk menyambut warga yang sudah terlihat antusias mulai menukarkan kupon mereka.

Jalinan berkah hari ini memang luar biasa. Selain memperoleh paket cinta kasih, jajaran dari kelurahan juga mempersiapkan vaksin gratis untuk warga Jembatan Besi yang menerima paket lebaran Tzu Chi. Beberapa relawan pun bersiap di pintu masuk menyambut warga sambil meminta warga tetap menjaga prokes dan mempersiapkan kupon yang akan ditukar.

Warga lalu diarahkan menuju pos penukaran kupon. Setelah kupon diterima, warga diberikan kantong untuk mengisi beras 10kg yang sudah disiapkan. Melewati posko beras, warga disambut relawan yang sudah siap memberikan 10 bungkus DAAI Mie per orang, dan terakhir sebelum keluar, warga juga diberikan 1 bungkus biskuit. Dan terakhir beberapa relawan menghaturkan terima kasih atas kehadiran warga yang menukarkan kupon sesuai dengan budaya humanis Tzu Chi, sangat rapi dan tertata dengan baik.

Warga yang menerima paket juga mendapatkan berkah untuk memperoleh vaksinasi gratis.

Go Siang berbincang dengan Nenek Ami salah seorang lansia penerima paket yang datang ditemani tetangga.

Ketulusan dan keikhlasan dalam melayani sesama tercermin dalam beberapa tindakan relawan yang dengan sigap membantu para lansia serta Ibu hamil. Para relawan membawakan paket mereka keluar dari kantor kelurahan menuju bajaj atau becak yang menunggu di depan. Terlihat juga pak Lurah Abarkah membantu menyerahkan paket ke warganya.

“Saya sangat bersyukur warga saya terutama lansia yang hidup sendiri bisa terbantu di bulan Ramadhan ini,” ujarnya.

Nenek Ami (81) merupakan salah satu penerima paket lebaran Tzu Chi yang datang ditemani tetangganya. Di usianya yang sudah lanjut, Nenek Ami hidup sendiri. Anaknya yang tinggal di luar kota sesekali datang menengoknya. Nenek Ami pun hidup dibantu belas kasih para tetangga. Menerima paket lebaran Tzu Chi, Nenek Ami senang sekali. Suaranya yang lirih mengucapkan banyak terima kasih dengan mata berkaca– kaca.

Sekitar pukul 12.30 WIB, sebanyak 1. 050 paket selesai dibagikan kepada warga prasejahtera di Kelurahan Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022:  Sembako di Bulan Ramadan Bagi Warga Duri Pulo

Paket Lebaran 2022: Sembako di Bulan Ramadan Bagi Warga Duri Pulo

18 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan 610 paket sembako bagi warga Kelurahan Duri Pulo, Jakarta Pusat. Paket yang dibagikan terdiri dari 10 kg beras, 10 mi DAAI, dan 1 biskuit.

Seribu Paket Sembako untuk Warga Tanjung Morawa, Sumatera Utara

Seribu Paket Sembako untuk Warga Tanjung Morawa, Sumatera Utara

26 April 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Medan, tepatnya di komunitas Hu Ai Mandala membagikan 1.000 paket sembako untuk warga kurang mampu di Wisma Tanjung Indah, Kota Tanjung Morawa. Ada 101 relawan yang bersumbangsih pada pembagikan 1.000 paket sembako ini.

Paket Lebaran 2022: 2.450 Paket Beras untuk Warga dan Petugas Kebersihan di Kapuk

Paket Lebaran 2022: 2.450 Paket Beras untuk Warga dan Petugas Kebersihan di Kapuk

12 April 2022

Minggu, 10 April 2022 relawan Tzu Chi membagikan 2.450 paket sembako (@beras 10 kg dan mi instan DAAI 10 bungkus) di Kantor Kelurahan Kapuk untuk warga Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, yang disebarkan ke 16 RW dengan 221 RT.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -