Pameran Pendidikan dan Seminar Tzu Chi University di Medan

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Gunawan Halim, Elin Juwita (Tzu Chi Medan)
Hasim S.E, Ketua DPRD Medan (batik merah) turut mengunjungi stan Tzu Chi University.

Misi pendidikan adalah salah satu misi utama Tzu Chi. Universitas Tzu Chi yang terletak di Hualien, Taiwan Timur merupakan salah satu wujud nyata misi pendidikan tersebut. Berada di kota yang tenang dan asri, membuat Hualien jadi tempat ideal bagi para mahasiswa berkonsentrasi menjalani masa belajar mereka.

Universitas Tzu Chi (Tzu Chi University/Tzu Chi Da Xue ) kembali hadir dalam Education Expo 2024. Bersama 43 stan; Universitas, akademi, sekolah dan lembaga pendidikan lain dari dalam dan luar negeri, Universitas Tzu Chi ambil bagian dalam pameran pendidikan yang berlangsung mulai 28 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024 di Main Atrium Centre Point Mall.

Dalam pameran selama lima hari itu banyak pengunjung mampir ke stan Universitas Tzu Chi untuk mendapat informasi mengenai program studi dan fakultas, fasilitas, akomodasi, prosedur pendaftaran serta biaya selama kuliah. Untuk menjangkau masyarakat luas, Universitas Tzu Chi juga mengadakan roadshow ke beberapa sekolah. Seperti WR. Supratman High School, Sekolah Sutomo, Batari School, Bina Insan Mandiri, Sekolah Nanyang Zhi Hui. Juga hingga ke sekolah di Tebing Tinggi yaitu ke Ir. H.Djuanda High School dan Tandean High School.

Prof  Dr. Tien Yu Lan Phd  dan Sabrina mengisi seminar pendidikan Tzu Chi University kepada siswa SMA di sekolah.

Jeff yang ingin menjadi dokter bersuka cita mengikuti seminar pendidikan Tzu Chi University.

Kordinator Bidang Pendidikan He Qi Jati, Merry Sudilan mengatakan tujuan Universitas Tzu Chi berpartisipasi dalam Education Expo 2024 dan mengadakan seminar agar masyarakat Medan dan Tebing Tinggi mendapat informasi lebih detail.

“Pengunjung stan Universitas Tzu Chi selama masa pameran sangat banyak dan mereka begitu antusias untuk mengetahui info seputar Tzu Chi. Saya dan tim kerja sangat senang bisa bersumbangsih untuk kelancaran pameran. Menjadi mediator antara Tzu Chi University dan calon mahasiswa,” ujarnya.

Bagi Merry, Tzu Chi University telah menjadi kampus berwawasan global sesuai tuntutan dunia di masa kini. Ia berharap makin banyak generasi muda berbakat bisa menimba ilmu di Universitas Tzu Chi. Setelah lulus mereka bisa melayani masyarakat dengan tulus dan sepenuh hati. “Mereka tidak hanya saja memiliki kemampuan akademik yang bagus, tetapi juga berkarakter yang baik,” sambungnya.

Seminar diawali oleh Prof  Dr.Tien Yu Lan Phd (Foreign Languages and Literatures ) dari Departement Bahasa Asing. Ia memberi presentasi seputar Tzu Chi University, juga keunggulan yang tak ada sekolah lain. Di Tzu Chi University ada beberapa jurusan seperti bidang keperawatan, IT Computer, Bisnis, Kedokteran, Komunikasi, Bisnis, Sosial dan Humanis. Prof  Dr.Tien Yu Lan juga menjelaskan Tiga Segi Tiga emas menuju kesuksesan (The Golden Triangle of  Career Success).

“Kami mengunjungi Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut tentang Indonesia, para pelajar dan dunia pendidikan untuk mengetahui bagaimana universitas kita dapat membantu.Universitas Tzu Chi niatnya baik dan penuh cinta kasih. Kami tidak mengutamakan uang saat menerima mahasiswa tapi kami ingin mengubahnya menjadi lebih baik agar mereka bisa mempunyai masa depan yang baik,” paparnya.

Relawan menampilkan isyarat tangan lagu Kuberikan Untukmu.

Seminar juga diadakan di Tebing Tinggi di Ir. H.Djuanda High School.

Sementara itu, kunjungan ke WR Supratman High School, mendapat sambutan baik dari murid murid. Sebanyak 164 siswa hadir di seminar tersebut. Jeff, murid SMA kelas XII sangat senang mengikuti  seminar. Tekadnya semakin bulat untuk lanjut kuliah akan bidang yang ingin diambilnya yang ada di Tzu Chi University.

“Saya hari ini mendapat banyak sekali pembelajaran seperti tes mental, tes tentang diri kita sendiri, melihat jurusan Tzu Chi University, serta info cara untuk mendapatkan beasiswa dan fasilitas Tzu Chi University. Saya jadi tertarik dan ingin kuliah di sana.Karena Tzu Chi University memiliki jurusan yang saya inginkan yaitu medicine (kedokteran),” tutur Jeff.

Para peserta seminar disuguhkan video yang memperlihatkan suasana kehidupan dan kuliah serta kesan dan pengalaman mahasiswi  Indonesia yang menjalani studi di sana. Sabrina mahasiswi Tzu Chi University asal  Medan, salah satunya yang mengambil jurusan human development and Psychology.

“Saya merasakan Sekolah di Tzu Chi University sangat penuh perhatian dan dosen pembimbing sangat  paham akan muridnya serta dengan semangat memberikan motivasi kita untuk belajar. Awalnya saya kuliah disana hanya dengan sebuah tekad, dengan bahasa Mandarin yang kurang. Dengan  tekad inilah saya belajar dengan baik dan  bisa mengikuti kuliah di sana,” ujar Sabrina. Seminar diakhiri dengan penyerahan suvenir kepada tim Tzu Chi University oleh Lukman, Ketua Pelaksana Yayasan Buddha Tzu Chi Medan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Pameran Pendidikan dan Seminar Tzu Chi University di Medan

Pameran Pendidikan dan Seminar Tzu Chi University di Medan

14 Maret 2024

Bersama dengan 43 lembaga pendidikan, baik universitas, akademi, sekolah dari dalam dan luar negeri, Universitas Tzu Chi hadir dalam pameran pendidikan di Main Atrium Centre Point Mall, Kota Medan.

Pameran Pendidikan dan Seminar Universitas Tzu Chi di Medan

Pameran Pendidikan dan Seminar Universitas Tzu Chi di Medan

02 Maret 2023

Universitas Tzu Chi (Tzu Chi University / Tzu Chi Da Xue) kembali ikut serta dalam Education Expo 2023 (pameran pendidikan). 

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -