Partisipasi He Qi Pusat dalam Festival Imlek Nasional 2023

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat turut ambil bagian membuka 5 stand dalam Perayaan Imlek Nasional 2023. Mereka menyajikan makanan vegetaris sebagai upaya mensosialisasikan vegetarisme ke masyarakat luas.

Perayaan Imlek Nasional 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Banteng akhir pekan lalu (29 Januari 2023) merangkul lebih dari 700 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk bisa meramaikan kegiatan. Relawan Tzu Chi Jakarta ikut memeriahkan perayaan ini dan relawan komunitas He Qi Pusat turut ambil bagian membuka 5 stand yang menyajikan makanan vegetaris sebagai upaya mensosialisasikan vegetarisme ke masyarakat luas. Makanan yang dijajakan antara lain: spaghetti, nasi goreng rendang, serabi durian, idola kerupuk, dan es sonkit asinan bogor.

“Untuk memperkenalkan makanan vegetaris ke masyarakat umum, kami menyajikan berbagai variasi menu, jadi masyarakat juga tahu kalau vegetaris ternyata bisa dinikmati dalam berbagai varian masakan, spaghetti misalnya,” ujar Yo Sai Hwa, relawan yang membantu menyiapkan spaghetti hari itu. “Kami menyiapkan 200 porsi untuk spaghetti dan 200 porsi nasi goreng rendang, disiapkan oleh Jessica,” lanjutnya.

Usman dan Felik menggoreng nasi yang akan dibawa ke tempat acara Perayaan Imlek Nasional 2023.

Perayaan Imlek Nasional 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Banteng akhir pekan lalu merangkul lebih dari 700 UMKM. Masyarakat antusias berburu kuliner di sana.

Perayaan itu memberikan sukacita dan kebahagiaan untuk seluruh pengunjung maupun para pegiat UMKM. Relawan pun semangat dan penuh antusiasme, seperti yang dirasakan Suryati, dimana sepanjang hari ia dengan gembira menawarkan makanan vegetaris buatan He Qi Pusat. “Hari ini sangat seru dan senang sekali,” kata Suryati berbinar, “ini pertama kali saya ikut perayaan dan festival Imlek dan ternyata meriah, banyak pengunjung, jadi semangat sekali buat menawarkan makanan vegetaris ke masyarakat.”

“Ini merupakan suatu ajang untuk menyatukan semua masyarakat. Tujuh He Qi berpartisipasi sambil memperkenalkan menu vegetaris dimana salah satunya He Qi Pusat. Semua relawan bergembira dan bersukacita, semoga kita dapat berpartisipasi kembali di tahun mendatang,” ujar Ria, koordinator acara He Qi Pusat.

Bayu, salah seorang staff kelurahan klender yang menukarkan kupon dengan asinan Bogor di stand segari He Qi Pusat.

Pertunjukkan barongsai disajikan untuk menghibur pengunjung.

Bayu, salah seorang staff kelurahan klender yang menukarkan kupon dengan asinan Bogor di stand segari He Qi Pusat turut senang bisa datang dan berpartisipasi membeli berbagai kuliner di perayaan ini. “Menurut saya acara seperti ini sangat bagus karena masyarakat umum bisa mendapatkan hiburan gratis dan juga bisa menikmati makanan yang ditukar dengan kupon yang sudah didapatkan, ujar Bayu senang.

Selain stand makanan, untuk memeriahkan acara juga tampil berbagai performance yang sudah disiapkan panitia di antaranya pertunjukkan barongsai yang memang identik hadir di setiap acara Imlek. Presiden RI Joko Widodo juga turut hadir di festival dan memberikan sambutan serta dukungan akan terselenggaranya acara.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Kebersamaan dan Kekompakan di Malam Syukuran Imlek

Kebersamaan dan Kekompakan di Malam Syukuran Imlek

02 Februari 2023

Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali melaksanakan acara syukuran Imlek bersama pada Sabtu, 28 Januari 2023. Kegiatan di gelar kembali untuk mempererat kekeluargaan dan kekompakan di antara relawan.

Perayaan Imlek Pertama di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang

Perayaan Imlek Pertama di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang

28 Februari 2024

Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang menyelenggarakan kegiatan Perayaan Imlek Bersama yang pertama kalinya untuk jenjang KB, TK, SD, dan SMP, pada 16 Februari 2024.

Merayakan Imlek dengan Bersumbangsih Bagi Sesama

Merayakan Imlek dengan Bersumbangsih Bagi Sesama

13 Februari 2020

Menyambut Tahun Baru Imlek, Sekolah Surya Pemandu mengadakan perayaan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan di Mal Taman Anggrek Jakarta Barat.  Setiap tahun, kegiatan Imlek diisi dengan acara kreativitas anak-anak sekolah. Sejak 2014, perayaan Imlek di sekolah ini bertambah satu kegiatan yaitu penuangan celengan untuk disumbangkan ke Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia.

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -