PAT 2023: Banyak Cara untuk Melakukan Kebajikan

Jurnalis : Catrine, Joslyn (Tzu Chi Tanjungpinang), Suwati (Tzu Chi Batam), Fotografer : Sonyta (Tzu Chi Tanjungpinang), Hoslan (Tzu Chi Batam)

Relawan Tzu Chi Tanjungpinang mementaskan isyarat tangan Sifat Luhur Bodhisatwa.

Sebanyak 173 warga dan 54 relawan (Tanjungpinang dan Batam) menggenggam jodoh baik dan mengikuti acara Pemberkahan Akhir Tahun, tepat pada pukul 12.30 WIB yang berlokasi di Restoran Kelong Shangrila, Tanjungpinang, 14 Januari 2024. Acara Pemberkahan Akhir Tahun ini diselenggarakan sebagai wujud terima kasih kepada para relawan, donatur dan masyarakat umum atas cinta kasihnya dalam mendukung visi-misi Tzu Chi. Acara ini turut mengenalkan perjalanan Tzu Chi kepada masyarakat umum serta mengajak lebih banyak relawan, donatur dan masyarakat untuk menumbuhkan cinta kasih kepada sesama.

Kegiatan pemberkahan menjadi momen celengan pulang ke rumah.

Peserta menyaksikan video yang memaparkan jejak cinta kasih Tzu Chi di dunia, Jakarta, serta Tanjungpinang.

Pada acara kali ini, Tzu Chi berkesempatan mewawancarai salah satu donatur atas nama Susanti yang merupakan pemilik Restoran Kelong Shangrila. Beliau telah bersumbangsih berupa tempat, konsumsi dan alat-alat sound system untuk mendukung kelancaran pada setiap acara Pemberkahan Tzu Chi yang diselenggarakan setiap tahunnya. Motivasi dari Ibu Susanti untuk bersumbangsih kepada Tzu Chi berawal dari jejak sang Ayah. “Sebenarnya pertama-tama harus berterima kasih kepada Tzu Chi memberikan kesempatan kepada kami untuk dapat berkah seperti ini, bersumbangsih ini merupakan berkah bagi kami dan saya sangat bahagia dan langsung mengiyakan ketika dihubungi oleh relawan bahwa pemberkahan akan diadakan kembali di tahun 2024 ini,” ujar Susanti.

“Dalam acara Tzu Chi ini nampak sekali kekompakkan semua orang tanpa membedakan suku, agama, dalam segi apapun, baik dia miskin ataupun kaya, semua dalam standar yang sama jadi merasa bahagia sekali bisa ikut serta dalam acara ini. Yang selalu saya ingat mengenai Tzu Chi adalah saling membantu yang membutuhkan itu yang perlu diterapkan di kehidupan kita. Segi apapun baik kita yang mempunyai uang kita keluar uang, yang punya tenaga kita keluar tenaga,” tambah Susanti yang ikut menghadiri acara sampai selesai。

Anggota UDD PMI Tanjungpinang Ibu Linbernadette turut hadir dalam PAT yang diadakan relawan Tanjungpinang.

Seperti sharing dari Susanti yang bisa berbagi dari segi apapun, begitu juga Linbernadette. Ia adalah salah satu anggota UDD PMI Tanjungpinang yang turut hadir mengikuti acara hari ini. Ia bersimpati sekali atas Tzu Chi Tanjungpinang dimana Tzu Chi telah banyak membantu UDD PMI Tanjungpinang dalam rangkaian acara donor darah. Ia jua mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjungpinang yang menyelenggarakan kegiatan donor darah secara rutin 4 kali per tahunnya dan berhasil mengumpulkan 160 kantong darah. Kegiatan tersebut sangat membantu UDD PMI dalam menyalurkan bantuan berupa darah kepada pasien yang membutuhkan. Oleh karena itu, ia berharap kegiatan dan kerja sama tersebut dapat terus berlanjut untuk membantu masyarakat di Tanjungpinang.

Ibu Susanti, Pemilik Kelong Shangrila, menerima suovenir dari Tzu Chi.

Puncak acara ini merupakan pembagian angpao berkah yang dipenuhi doa restu dari Master Cheng Yen, tentunya dalam alur pembagian angpao pun sangat diperhatikan agar berjalan rapi dan tertib. Elwi salah satu relawan abu putih Tanjungpinang yang ditunjuk menjadi PIC alur merasa senang karena barisan menjadi terarah. “Dari pengalaman hari ini semoga saya bisa pelajari lagi untuk tingkatkan lebih baik lagi untuk kedepannya. Harapannya semoga kedepan untuk Shixiong (relawan laki-laki) bisa bertambah lebih banyak dan mau bergabung untuk bersumbangsih untuk menjadi relawan Tzu Chi Tanjungpinang,” tuturnya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Sukacita Pemberkahan Akhir Tahun 2023 di Jambi

Sukacita Pemberkahan Akhir Tahun 2023 di Jambi

29 Februari 2024

Tzu Chi Jambi menyelenggarakan Pemberkahan akhir Tahun 2023 pada 18 Februari 2024 di Aula Karunia Global School Jambi yang dihadiri 296 warga serta 79 relawan. 

PAT 2023: Mengenang Kembali Perjuangan Master Cheng Yen Mendirikan Tzu Chi

PAT 2023: Mengenang Kembali Perjuangan Master Cheng Yen Mendirikan Tzu Chi

02 Februari 2024

Terinspirasi dari pertunjukan persamuhan Dharma Sutra Makna Tanpa Batas tentang sejarah perjalanan Tzu Chi selama 58 tahun di Taiwan tahun lalu, Pemberkahan Akhir Tahun 2023 Tzu Chi Batam kali ini dirancang dengan konsep yang berbeda.

Pemberkahan Akhir Tahun 2023 Selatpanjang yang Penuh Sukacita

Pemberkahan Akhir Tahun 2023 Selatpanjang yang Penuh Sukacita

24 Januari 2024

Sukacita meliputi warga serta relawan Tzu Chi di Selatpanjang yang mengikuti Pemberkahan Akhir Tahun. Pemberkahan ini digelar di Grand Meranti Hotel dan dihadiri 75 relawan Tzu Chi serta 298 warga.

Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -