PAT 2023: Satukan Langkah untuk Merayakan Kebaikan Bersama

Jurnalis : Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Relawan berfoto bersama sebelum menelusuri jalanan Tanjung Balai Karimun untuk membagikan undangan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2023.

Tahun baru selalu menjadi momentum istimewa untuk merayakan kebahagiaan, bersyukur, dan mengasihi satu sama lain. Tzu Chi Tanjung Balai Karimun menyambut pergantian tahun dengan merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan acara Pemberkahan Akhir Tahun (PAT) 2023. Acara diadakan hari Minggu, tanggal 21 Januari 2024, sebuah acara yang penuh dengan kebersamaan, senyuman, dan nuansa Imlek yang kental.

Satu minggu sebelum acara berlangsung, yaitu tanggal 14 Januari 2024, sebanyak 52 relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun berkumpul terlebih dahulu di Kantor Tzu Chi  sebelum membagikan undangan acara ke warga Karimun. Relawan mengisi keranjang dengan tempelan-tempelan imlek, permen-permen buah, serta undangan. Tidak lupa juga siswa-siswi kelas budi pekerti Tzu Chi (Xiao Tai Yang dan Tzu Shao) mengenakan hiasan kepala bertema imlek yang lucu.

Warga Tanjung Balai Karimun sangat antusias dengan kehadiran Dewa Rezeki, tak lupa mengajak foto bersama.

Dua relawan berkostum Dewa Rezeki turut ambil bagian dalam aksi ini. Diiringi dengan musik Imlek yang meriah melalui speaker, masyarakat pun berbondong-bondong berjalan keluar dari toko untuk menyambut dan berfoto bersama. Dewa Rezeki membagikan permen untuk warga, sembari relawan membagikan undangan dan tempelan imlek.

Pembagian undangan dibagi menjadi 16 tim, dilakukan di sepanjang Jalan Nusantara sampai dengan Jalan Pramuka, Jalan Meral, Jalan Enam Saudara, Jalan Makmur sampai dengan Jalan Taman Puri. Jalanan Karimun menjadi saksi ketulusan para relawan untuk berbagi kegembiraan serta menyampaikan syukur kepada warga Tanjung Balai Karimun atas dukungan dan cinta dalam mewujudkan kebaikan sepanjang tahun 2023.

Siswa-siswi kelas budi pekerti Xiao Tai Yang sedang berlatih isyarat tangan Ayah Menuntun Kerbau (A Ba Gan Cui Gu).

Sementara itu, di balik layar, tim acara telah bekerja keras jauh-jauh hari untuk memastikan segala sesuatu berjalan dengan sempurna. Salah satu tim yang penuh dedikasi adalah tim isyarat tangan, yang telah berlatih sejak bulan November 2023.

Tim isyarat tangan dibagi menjadi dua, tim pertama terdiri dari relawan dewasa beserta siswa-siswi kelas budi pekerti Tzu Shao yang menyuguhkan pertunjukan isyarat tangan Ada Cinta di Dunia (Ren Jian You Ai). Tim kedua terdiri dari siswa-siswi kelas budi pekerti Xiao Tai Yang yang membawakan isyarat tangan Ayah Menuntun Kerbau (A Ba Gan Cui Gu).

Siswa-siswi kelas budi pekerti Xiao Tai Yang berlatih isyarat tangan dengan semangat. Topi caping dikenakan di kepala, handuk putih di pundak, ada yang mengenakan bando menyerupai tanduk sapi serta ikan, semuanya memperagakan dengan lincah.

Golianti, salah satu relawan yang mengemban tanggung jawab dalam membimbing relawan untuk pertunjukan isyarat tangan Ada Cinta di Dunia (Ren Jian You Ai).

Tampak para relawan menyanyikan lagu dengan lantang, dipadu dengan gerakan tangan yang kompak dan gemulai. Golianti (44) dan Netty (47) mengemban tanggung jawab dalam membimbing relawan untuk pertunjukan isyarat tangan Ada Cinta di Dunia. Putri dari kedua relawan, Julia dan Jesslyn juga turut bersumbangsih membantu orang tuanya dalam menentukan formasi.

“Saya berterima kasih kepada relawan yang ikut serta dalam isyarat tangan. Pertunjukan isyarat tangan bisa sukses berkat kerjasama Tzu Shao dan Shixiong-Shijie semuanya. Mereka meluangkan waktu untuk latihan dan belajar, yang kurang bisa banyak latihan dan belajar sendiri di rumah,” tutur Golianti.

“Saya juga minta maaf dalam waktu latihan saya itu sangat tegas demi kesuksesan dalam isyarat tangan. Bagi yang pertama kali ikut isyarat tangan kalau ada kesempatan boleh ikut serta lagi,” lanjut Golianti.

Para relawan dengan kompak memindahkan barang-barang untuk keperluan acara Pemberkahan Akhir Tahun dari kantor penghubung ke dalam truk untuk dibawa ke Hotel Aston Karimun, lokasi diadakannya acara.

Sebanyak 60 relawan dari tiap divisi bergotong-royong seperti barisan semut dalam persiapan acara PAT 2023 yang dilakukan tanggal 20 Januari 2024. Mulai dari memindahkan berbagai keperluan dan peralatan yang amat banyak dari kantor penghubung menuju lokasi acara yaitu Hotel Aston Karimun, mengemas ratusan souvenir untuk tamu acara, merangkai bunga, mendekorasi ruangan, dan sebagainya.

Listania (kiri), yang sebelumnya menjadi siswi Kelas Budi Pekerti Tzu Chi, muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching), kini telah menjadi relawan abu putih dalam rentang waktu 9 tahun. Listania mengemban tanggung jawab sebagai koordinator tim kegiatan Pemberkahan Akhir Tahun 2023.

Tahun ini merupakan pertama kalinya Listania (24) mengemban tanggung jawab sebagai koordinator tim kegiatan PAT. Listania telah menjadi relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun sejak menjadi siswi kelas budi pekerti, kemudian muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching), hingga kini menjadi relawan abu putih, sehingga diberikan kesempatan ini merupakan pengalaman berkesan baginya.

“Dimulai dari rapat, membagikan undangan, mempersiapkan berbagai hal, mengangkut barang dari kantor ke Hotel Aston, terima kasih atas kerjasamanya,” ungkap Listania haru.

Para relawan dengan penuh semangat mengemas suvenir ke dalam kantong-kantong gan en yang akan dibagikan kepada para tamu di acara Pemberkahan Akhir Tahun 2023.

Semua persiapan ini dapat terlaksana dengan baik berkat semangat kebersamaan dan kolaborasi dari seluruh relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Setiap orang memiliki keahliannya masing-masing, namun semuanya bersatu untuk satu tujuan, yakni menyelenggarakan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2023 yang memberikan kebahagiaan dan inspirasi bagi semua yang hadir. Ini menjadi bukti bahwa ketika kita bersatu untuk kebaikan, hasilnya jauh lebih besar daripada yang bisa dicapai secara individu. Tzu Chi Tanjung Balai Karimun tidak hanya menyelenggarakan acara, tetapi juga membangun ikatan yang kuat di antara komunitas relawan, memupuk semangat gotong-royong, dan meneguhkan tekad untuk terus berbuat baik di masa yang akan datang.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Berbagi Sukacita di Pemberkahan Akhir Tahun 2023

Berbagi Sukacita di Pemberkahan Akhir Tahun 2023

02 Februari 2024

Pemberkahan akhir tahun menjadi salah satu kesempatan relawan memperdalam jalinan jodoh dengan para donatur dan masyarakat yang telah mengulurkan tangan dalam mendukung kegiatan kemanusiaan Tzu Chi Singkawang.

PAT 2023: Satukan Langkah untuk Merayakan Kebaikan Bersama

PAT 2023: Satukan Langkah untuk Merayakan Kebaikan Bersama

31 Januari 2024

Sebanyak 52 relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan undangan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2023 di sepanjang jalan Karimun, ditemani dua Dewa Rezeki dan alunan musik Imlek.

PAT 2023: Merenung Kembali dan Memandang ke Depan Bersama

PAT 2023: Merenung Kembali dan Memandang ke Depan Bersama

01 Februari 2024

Minggu 28 Januari 2024, merupakan hari yang istimewa bagi para relawan dan donatur Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar. Di Kantor Tzu Chi Makassar, mereka berkumpul menghadiri Pemberkahan Akhir Tahun 2023. 

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -