Peduli Pantai dan Laut Biak

Jurnalis : Supriadi Marthaen (Tzu Chi Biak), Fotografer : Nining Tanuria (Tzu Chi Biak), Supriadi Marthaen (Tzu Chi Biak), Marco (Tzu Chi Biak)

Minggu, 22 Juni 2014, Relawan Tzu Chi Biak membersihkan sampah di dasar pantai. Dengan berhati-hati mereka memungut sampah yang menyangkut di terumbu karang agar tidak merusak terumbu karang yang ada. Sampah-sampah yang sudah dikumpulkan kembali dibawa relawan ke atas laut untuk dibuang.

 “Sepasang tangan yang melakukan pelestarian lingkungan adalah sepasang tangan yang indah
– Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Biak pada hari minggu tanggal 22 Juni 2014 mengadakan kegiatan pembersihan pantai dan laut di Pantai Segara Indah di daerah Bosnik Biak Timur. Sebelumnya pada tahun 2012 Tzu Chi Biak pernah mengadakan kegiatan serupa, namun ketika itu perbersihan hanya diadakan terhadap sampah-sampai di tepi pantai saja dan tidak sampai dilakukan di bawah laut.

Pada kesempatan kali ini, Tzu Chi Biak didukung oleh Biak Diving Club (BDC) membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar perairan di Pantai Segara Indah. Total ada 9 relawan penyelam yang ikut berpartisipasi. Diantaranya adalah Nining Tanuria Shijie, relawan Zhen Shan Mei Tzu Chi Biak yang juga merupakan anggota BDC. Nining Shijie ikut dalam penyelaman untuk mengabadikan proses pembersihan. Selain itu juga ada Yuni Shijie yang ikut serta melakukan penyelaman dan pembersihan di bawah laut. Adapun jenis-jenis sampah yang cukup banyak menyangkut di terumbu karang kebanyakan adalah karung-karung. Yudith Tan selaku pimpinan Biak Diving Club (BDC) mengatakan dia bersama anggota-anggota BDC sangat senang bisa berpartisipasi dan membantu kegiatan ini dan akan kembali membantu bila kegiatan serupa kembali diadakan oleh Tzu Chi Biak. Karena menurutnya pembersihan bawah laut dari sampah-sampah serta menjaga kehidupan terumbu karang merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga yang mencintai pantai dan laut Biak.

Relawan membersihkan karung-karung yang menempel pada terumbu karang.

Sementara itu, kegiatan pembersihan tepi pantai yang diadakan juga tidak kurang ramainya. Ada banyak sekali relawan yang bergabung dalam kegiatan ini. Diantaranya dari komunitas Rumah Baca Opiaref dan Rumah Baca Pelangi yang mengikutsertakan 75 orang anak dan pengajar rumah baca mereka. Kemudian juga ada komunitas pramuka, taekwondo, relawan Fajar Nusantara yang merupakan relawan-relawan yang baru bergabung dengan Tzu Chi Biak mulai sejak kegiatan Baksos Tzu Chi Biak bulan Mei lalu. Ada 178 orang relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan pantai dan banyak diantaranya merupakan relawan baru dan merupakan calon relawan Tzu Shao Tzu Chi Biak. Pada kesempatan ini relawan Tzu Chi Biak juga berbagi mengenai pentingnya menjaga pelestarian lingkungan kepada para xiao pu sa dan mempertunjukkan shou yu “Sebuah Dunia yang Bersih” yang liriknya ingin mengajak kita semua menjaga lingkungan kita agar bisa diwariskan kepada anak-anak kita dan shou yu “Laskar Pelangi” yang menceritakan tentang persahabatan abadi yang tidak lekang oleh waktu.  

Kegiatan pembersihan pantai dan laut ini memang juga memiliki tujuan untuk menciptakan suasana kekeluargaan dan kehangatan antara para relawan baru dengan relawan lama sehingga dapat lebih erat lagi dalam bahu-membahu bersumbangsih di Jalan Bodhisatwa membentuk barisan Satu Keluarga yang kompak. Karenanya kegiatan ini direncanakan akan menjadi kegiatan rutin yang diadakan sekali setiap bulannya.

Nining Shijie mempersiapkan peralatan diving untuk ikut bergabung dengan Biak Diving Club yang membantu Tzu Chi membersihkan bagian bawah laut pantai Bosnik dari sampah-sampah.

Pantai-pantai di Biak memang merupakan tempat utama komunitas masyarakat berkumpul bersama. Karenanya menjadi tempat yang ideal untuk menyosialisasikan tentang misi-misi Yayasan Buddha Tzu Chi, terutama misi Pelestarian Lingkungan. Chandra Shixiong dan Desi Shijie relawan Tzu Ching Biak membagi-bagikan brosur daur ulang kepada para pengunjung pantai sambil menyosialisasikan tentang jenis-jenis sampah daur ulang yang diterima di Depo Daur Ulang Tzu Chi dan juga kegiatan gathering mingguan yang diadakan setiap hari sabtu di Kantor Tzu Chi Biak di jalan Sedap Malam. Sementara itu Gatot Shixiong, salah satu relawan senior di Tzu Chi Biak mengatakan, “Kita harus memberi teladan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai. Tadi saya keliling memungut sampah, ada banyak juga warga yang akhirnya menjadi tidak enak membuang sampah di depan kita dan ikut berpartisipasi membuang di karung yang kita bawa dan membantu memungut sampah yang ada.”

Selain di bawah laut, aksi pelestarian lingkungan jugfa dilakukan di sekujur pantai Bosnik. Chandra Shixiong dan Desi Shijie anggota Tzu Ching ikut mendedikasikan diri mereka untuk memungut sampah dan melakukan sosialisasi tentang pentingnya kesadaran membuang sampah pada para pengunjung pantai.

Di akhir kegiatan pantai terlihat lebih bersih dan para relawan pun terlihat gembira. Semoga dengan kegiatan ini relawan Tzu Chi Biak perlahan-lahan bisa menyentuh kesadaran hati para warga Biak untuk ikut serta menjaga keasrian dan kebersihan pantai dan laut Biak yang begitu indah.

Gatot Shixiong memberikan sharing pentingnya menjaga pelestarian lingkungan kepada para xiao pu sa.


Artikel Terkait

Peduli Pantai dan Laut Biak

Peduli Pantai dan Laut Biak

30 Juni 2014
Untuk mewujudkan Biak bersih dari sampah, Tzu Chi Biak melakukan kegiatan pelestarian lingkungan berupa pembersihan lingkungan bawah laut dan juga pantai.
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -