Pelestarian Lingkungan Adalah Untuk Diri Sendiri

Jurnalis : Triana putri (He Qi Utara 2), Fotografer : Triana putri, Tjong Dina (He Qi Utara 2)

Relawan Tzu Chi mengajak para Gan En Hu untuk mengikuti memperagakan Bahasa isyarat tangan (shou yu) yang berjudul satu keluarga.

Di acara gathering ini para peserta Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) diajak untuk menyaksikan tayangan video dari Master Cheng Yen yang bertemakan tentang pelestarian lingkungan. Dan pada sesi berikutnya Hendri relawan Tzu Chi bertanya kepada para peserta yang hadir apakah dalam hidup ini kita sudah menghargai berkah.

“Sebenarnya kita melakukan pelestarian lingkungan adalah untuk menilai apakah kita sudah menghargai berkah yang kita dapatkan atau tidak. Karena kita dapat memilah apa yang kita perlukan dan dengan begitu kita menjadi lebih hemat serta lingkungan pun menjadi bersih. Kita harus selalu melihat ke dalam diri kita dan pelestarian lingkungan ini untuk membersihkan diri kita sendiri,” lanjut Hendri.

Relawan Tzu Chi menyapa penerima bantuan khusus bersama pendamping yang hendak pulang. Relawan Tzu Chi berharap para penerima bantuan Tzu Chi mendapat manfaat dari acara gathering pelestarian lingkungan dan dapat menjalankannya di lingkungan rumah mereka masing-masing.

Suasana acara Gathering Gan En Hu yang di kemas dengan penuh kekeluargan oleh 27 orang relawan Tzu Chi yang bertugas. Acara gathering ini berlangsung di basement DAAI TV pada hari Minggu tanggal 5 Juni 2022.

Beni Setiawan relawan Tzu Chi yang konsen pada peestarian lingkungan mengatakan setelah menjalankan pelestarian lingkungan dirinya merasa senang dan selalu punya semangat untuk menjemput barang-barang daur ulang yang telah dikumpulkan oleh tetangganya dan relawan di sekitar Jelambar.

“Mobil menjadi kotor bukanlah suatu masalah karena mobil kan dapat dibersihkan kembali. Saya juga tidak merasa menjadi pemulung karena saya telah menyiapkan tempat untuk barang-barang daur ulang dan saya juga sambil berolahraga dengan adanya pelestarian lingkungan ini,” ungkap Beni Setiawan.

Soetjianto beserta cucu dan cicit datang ke acara gathering. Soetjianto melakukan daur ulang karena merasa cemas terhadap alam dan lingkungan.

Soetjianto salah satu penerima bantuan khusus Tzu Chi mengungkapkan bahwa Soetjianto mengumpulkan barang-barang yang bisa di daur ulang dari keluarganya sendiri dan dari para tetangga di lingkungan rumahnya. ”Ya itu kan dari rumah tetangga, dia mau buang botol-botol dan kardus. Saya bilang kumpulkan saja di rumah saya nanti ada orang Tzu Chi yang menjemput” ungkap Soetjianto.

Saya sih tidak ada paksaan dalam mengumpulkan barang daur ulang ini. Soetjianto datang pada acara gathering ini bersama cucu dan cicit untuk mengambil bantuan biaya hidup atas nama istrinya, Lyly.

Relawan Tzu Chi juga mengajak relawan baru untuk mengikuti kegiatan gathering para penerima bantuan Tzu Chi. Pieter (relawan kembang) turut membantu di meja 5 untuk memberikan barang-barang yang dibutuhkan Gan En Hu setiap bulannya.

Di rumahnya, Soetjianto juga telah mengumpulkan barang-barang daur ulang, Kegiatan pun berlanjut dengan pembagian bantuan kepada masing-masing Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) dengan memanggil nama mereka satu per satu sesuai dengan jenis bantuan yang diterima.

Dengan harapan para Gan En Hu mendapatkan sebuah pengertian dan ilmu tentang betapa pentingnya pelestarian lingkungan terutama untuk diri sendiri. Mengubah sampah menjadi emas, emas menjadi cinta kasih. Cinta kasih mengalir ke seluruh dunia.

David yang membawa acara gathering ini di akhir acara menyimpulkan semoga kegiatan pelestarian lingkungan ini menjadi vitamin untuk diri kita sendiri dan menjadi lebih bahagia.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

 Semangat Pelestarian Lingkungan di Festival Tzu Chi Xie Li Kampar

Semangat Pelestarian Lingkungan di Festival Tzu Chi Xie Li Kampar

14 Agustus 2019

Festival Tzu Chi Xie Li Kampar, merupakan kegiatan perlombaan yang dibalut suasana pameran karya-karya yang terkait dengan pelestarian lingkungan. Antusiasme peserta terlihat dengan hadirnya 16 stan makanan vegetarian dan tanaman obat keluarga serta 18 stan produk daur ulang.

Bersih-bersih Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan

Bersih-bersih Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan

04 Maret 2021

Pagi itu, Minggu 21 Februari 2021, para relawan Tzu Chi Palembang sudah hadir di depo. Dengan Semangat, masing-masing relawan membawa perlengkapan seperti sapu, sekop, steam Jet pump, vacuum cleaner, dan alat kebersihan lainnya.

Tujuh Tahun Konsisten Membangun Tekad Pelestarian Lingkungan

Tujuh Tahun Konsisten Membangun Tekad Pelestarian Lingkungan

10 Agustus 2018
Perlahan namun pasti kegiatan pelestarian lingkungan itu mulai diminati warga. Banyak yang bersumbangsih dan terinspirasi menggalang hati warga untuk turut melakukan prinsip 5R (rethink, reduce, repair, reuse, recycle) dalam mengelola barang-barang.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -