Pemberkahan Akhir Tahun di Tzu Chi Medan

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan, Lukman, Ryanto Budiputra (Tzu Chi Medan)
Peserta komite hadir dalam acara Pemberkahan Akhir tahun di kantor Tzu Chi komplek Cemara Asri Medan.

“Dengan hati penuh syukur menghantarkan masa lalu. Dengan hati penuh ketulusan menyambut masa mendatang”. Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Di dalam setiap penghujung tahun Tzu Chi selalu mengadakan acara Pemberkahan Akhir tahun (PAT) yang merupakan ungkapan rasa syukur dan terima kasih terhadap dukungan yang telah diberikan oleh para donatur, relawan, simpatisan, dan masyarakat kepada Tzu Chi, dalam menjalankan misi kemanusiaan dan menebarkan cinta kasih. PAT tahun ini bertema: Bervegetaris, Melindungi Kehidupan, dan Giat Menciptakan Berkah; Bersama Menebarkan Kebajikan serta Cinta Kasih dengan Keyakinan, Ikrar, dan Praktik.

Pemberkahan Akhir Tahun Tzu Chi Medan diadakan pada tanggal 16 Januari 2022  secara semi online, yaitu untuk relawan yang memegang tanggung jawab (fungsionaris) diharapkan hadir di kantor Tzu Chi Medan – Kompleks Cemara Asri Medan dan relawan lainnya beserta donatur bisa mengikuti secara online yaitu dengan Zoom dan live streaming Facebook Tzu Chi Medan.

Sehari sebelumnya, para panitia telah hadir di Kantor Tzu Chi Medan untuk mempersiapkan acara, dan karena telah di penghujung tahun, dalam menyambut tahun baru Imlek, relawan juga mendekorasi setiap ruangan dengan nuansa Imlek.

Peserta dari TIMA, relawan Abu Putih dan Perkumpulan Muda -Mudi Tzu Ching ikut acara Pemberkahan Akhir Tahun dari lantai 2.

Karena jumlah pengurus yang hadir cukup banyak, dan agar tetap mematuhi protokol Kesehatan maka peserta offline terbagi menjadi tiga ruangan yaitu lantai 1, 2, dan 3 dengan total yang hadir sebanyak 127 orang. Sementara itu peserta yang mengikuti secara online sebanyak 117 orang.

“Setiap tahun di acara Pemberkahan Akhir Tahun, kita akan melaporkan kepada para donatur dan masyarakat tentang apa yang telah relawan sumbangsihkan selama setahun dengan menampilkan kilas balik, baik kilas balik International, kilas balik Indonesia, dan kilas balik Tzu Chi Medan. Selain kilas balik, kami juga menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari para penerima bantuan,” kata Nuraina, koordinator acara.

Berhubung Pemberkahan Akhir Tahun kali ini ada Persamuan Dharma Wu Liang Yi Jing, Juliana, pembawa acara membuka acara Pemberkahan Akhir Tahun dengan Gatha Pembuka. “Dan sebagai persembahan kepada Master Cheng Yen maka relawan seluruh Indonesia membawakan isyarat tangan Shou Zhe Nin (Selalu Mengikutimu), artinya kita para relawan selalu mengikuti jejak Langkah Master di dalam menebarkan cinta kasih,” Nuraina menambahkan.

Kata Sambutan oleh Mujianto, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Sumatera Utara.

Ketua Tzu Chi Sumatera Utara Mujianto dalam kata sambutannya mengutarakan rasa terima kasih kepada para donatur dan semua relawan atas dukungannya dalam setiap visi dan misi Tzu Chi terutama dalam tahun ini para relawan giat membantu pemerintah dalam pengadaan vaksinasi. “Saya selaku ketua Yayasan Tzu Chi Sumatera Utara sangat berterima kasih kepada seluruh relawan yang telah menyumbangkan segenap tenaga untuk menebarkan cinta kasih walaupun dalam situasi pandemic ini,” ungkapnya.

“Kita sangat salut kepada semua relawan yang tetap terjun ke lapangan, mereka siap membantu program vaksinasi pemerintah di dalam mempercepat pelaksanaan dan pencapaian target vaksinasi. Seperti yang kita ketahui dalam setiap kegiatan vaksinasi, para relawan harus melebur di dalam situasi yang dihadiri cukup banyak warga. Namun mereka tidak gentar dan dengan bersemangat membantu agar lebih cepat tercapai target vaksinasi masyarakat,” lanjut Mujianto.

Dalam setiap acara Pemberkahan Akhir Tahun akan dibagikan Angpao Master. Setiap tahun Master Cheng Yen menjadikan royalti yang diterimanya menjadi angpao kemudian membagikannya kepada seluruh insan Tzu Chi saat Pemberkahan Akhir Tahun. “Angpao ini sebagai tanda terima kasih dan doa semoga kebijaksanaan dan berkah setiap orang bisa tumbuh setiap tahun, maka angpao ini disebut angpao berkah dan kebijaksanaan,” jelas Endang Kamal, relawan Tzu Chi.

Foto bersama bagi relawan yang ikut online, nampak relawan dari luar kota (Tebing Tinggi dan Kisaran).

Agar pandemi cepat berlalu dan dunia bisa terbebas dari bencana, maka di akhir acara juga mengajak seluruh peserta baik yang online maupun yang hadir offline untuk doa bersama dengan menggengam pelita teratai agar bisa menerangi seluruh hati para peserta dalam menapaki Jalan Bodhisatwa.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Pemberkahan Akhir Tahun di Tzu Chi Medan

Pemberkahan Akhir Tahun di Tzu Chi Medan

18 Januari 2022

Pemberkahan Akhir Tahun sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih terhadap dukungan yang telah diberikan oleh para donatur, relawan, simpatisan, dan masyarakat diadakan di Tzu Chi Medan.

Mensyukuri dan Berterima Kasih Pada Tahun 2021

Mensyukuri dan Berterima Kasih Pada Tahun 2021

18 Januari 2022

Relawan Tzu Chi Aceh mengadakan kegiatan Pemberkahan Akhir Tahun pada 16 Januari 2022. Kegiatan ini  dihadiri para relawan Tzu Chi dan beberapa tokoh masyarakat yang senantiasa mendukung kegiatan Tzu Chi Aceh.

Jalan Bodhisatwa Membawa Manfaat Bagi Semua Makhluk

Jalan Bodhisatwa Membawa Manfaat Bagi Semua Makhluk

19 Januari 2022

Sebanyak 470 orang yang terdiri dari relawan dan partisipan mengikuti kegiatan Pemberkahan Akhir Tahun 2021 di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun secara daring.

Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -